Kue Bangkit Lampung

Twitter
Facebook
Kue Bangkit Anggrek Lampung
Kode Produk A74
Harga Kue Bangkit Rp 25,000
 Tentang Kue Bangkit Kue Bangkit adalah Kue Khas Tanah Melayu
Dibuat secara semi tradisional dan asli sumatera
Produk Kue Bangkit Kue Bangkit Cap Anggrek dan Melati Lampung
Berat 2,5 Ons/Kemasan
Stok Ada
Pemesanan
Pemesanan Kue Bangkit, Silahkan Hubungi
(Pengiriman Keseluruh Indonesia) 

Macam-Macam Kue Bangkit (@detheas)

Macam macam Kue Bangkit – Dilihat dari bahasa, kue bangkit adalah kue dengan memakai adonan campuran. Semisal terigu, mentega, panili, ditambah iris – irisan kenari, kismis, manisan tangkwe dan manisan kulit jeruk. 

Adonan dipulung sebesar kemiri, kemudian dipipihkan, lalu dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven atau di atas kompor. 

Kue Bangkit

Kadang – kadang kue bangkit diberi nama khusus sesuai dengan bahan tambahannya yang digunakan. Juga bahan penghias dan bahan pengisi di dalamnya. 

Lihat Juga:  Stik Pisang Muli/Puteri Asli Lampung

Kue Bangkit Lampung

Sajian khas Lebaran dan oleh – oleh khas Lampung

Camilan berupa kue kering bangkit atau kudapan manis / kue babon merupakan sajian kue kering yang mudah dijumpai di hari raya Idul Fitri di daerah Lampung dan sekitarnya. 

Kue ini juga menjadi oleh – oleh yang paling populer dibawa pulang oleh para pemudik. Tidak hanya karena rasanya yang nikmat, atau harga yang murah, tetapi kue kering bangkit juga tidak mudah basi alias tahan lama hingga kurang lebih 1 – 2 bulan. 

Kue Bangkit Khas Lampung

Sejumlah kalangan mengungkapkan bahwa kue bangkit sejatinya berasal dari daerah Tanjung Pinang. Karena citarasa yang populer kemudian berkembang ke daerah – daerah lain seperti Lampung, kepulauan Riau, Aceh dan sekitarnya. 

Campuran kue bisa berasal dari tepung sagu atau tepung tapioka. Kemudian, diberi campuran lain berupa santan kental yang direbus hingga mendidih, lalu ditambahkan sedikit demi sedikit, seperti susu bubuk, cokelat bubuk, mentega, kelapa, keju, jahe dan gula merah. 

Lihat Produk Lainnya:  Oleh-Oleh Keripik Jamur Lampung

Sebagai bahan alternatif, tepung sagu atau tepung tapioka, bisa diganti dengan tepung kanji. Biasa disajikan dengan secangkir teh atau kopi panas. Kemudian, kue bangkit dicelupkan sehingga ketika dikunyah di dalam mulut, menjadi lembut dan nikmat. 

Kue Bangkit Anggrek


Selain itu, sebagai pelengkap rasa kue bangkit atau kue babon. Masyarakat juga bisa menaburkan beragam topping di atasnya. Seperti keju, selai buah nanas atau stroberi, dan iris – irisan kacang. 

Jadi, jika Anda berkunjung ke pulau Sumatera dan kota – kota besar di dalamnya. Salah satu oleh – oleh khas Lampung dan daerah di Sumatera berupa kue bangkit tak boleh dilewatkan. 

 

Kue Bangkit Anggrek Lampung


Macam macam Kue Bangkit

Bangkit tapioka

Seperti namanya, kue bangkit yang satu ini cukup klasik dan populer untuk hidangan lebaran Idul Fitri di rumah – rumah keluarga yang bertempat tinggal di Palembang atau Sumatera. Terbuat dari tepung tapioka atau tepung kanji. 

Tekstur tepung tapioka yang lembut dan mudah dibentuk dipilih karena terkadang tidak ada ketersediaan bahan tepung sagu. Sehingga tepung tapioka bisa dijadikan alternatif untuk bahan sagu apabila tidak dijumpai di sekitar rumah. 

Lihat Produk Ini Juga:  Banana Foster Hengky Kurniawan Bisa Titip Disini

Tepung tapioka sendiri terbuat dari umbi singkong yang dihaluskan hingga membentuk tekstur halus seperti bedak. Oleh karena itu, tepung tapioka juga tak jarang disebut tepung singkong.

 

Bangkit kacang

Varian kue bangkit yang mudah dijumpai adalah bangkit kacang. Sebagai komoditi yang nikmat, gurih dan sehat, kacang dicampurkan ke dalam adonan bangkit, seperti kue kacang pada umumnya. Agar lebih manis, kemudian iris – irisan kacang atau bisa ditaburkan di atas kue bangkit sebagai topping. 

Jenis kacang yang digunakan juga bermacam – macam sesuai keinginan pembuat kue bangkit. Semisal, kacang walnut, kacang mede, kacang tanah atau jenis kacang – kacangan lainnya.

 

Bangkit kenari

Selanjutnya bahan pembuat kue bangkit terbuat dari kacang kenari. Campuran kacang kenari sengaja dipilih karena selain rasanya yang cukup otentik, kacang kenari juga memberikan rasa renyah dan gurih. 

Kacang kenari sendiri dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu yang penting adalah mengandung anti oksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Selain itu, jika dikonsumsi secara teratur sesuai kebutuhan tubuh, kacang kenari juga bisa membantu penderita jantung menjaga kestabilan kolesterol. Sedangkan, bagi kecantikan, kacang kenari juga bisa mencegah penyakit kulit seperti eksim.

 

Bangkit sagu

Bahan sagu biasanya menjadi bahan utama pada makanan – makanan orang di daerah Timur seperti papua, maluku, dan sekitarnya. Bahan ini mudah dijumpai karena sulit untuk membudidayakan tanaman padi sebagai bahan makanan pokok di tanah air. Tepung sagu kemudian diolah untuk membuat camilan manis berupa kue kering bangkit sagu. 

Tidak jauh berbeda dengan jenis tepung lain seperti tepung singkong atau tepung terigu, untuk membuat kue bangkit sagu. Bahan – bahan seperti sagu, mentega, telur, gula pasir dan vanili dicampur secara merata, lalu dipanggang. Topping bisa menyesuaikan selera pembuat. Bisa diberi tambahan taburan kacang, cokelat atau selai buah – buahan.

Bangkit jahe

Sudah lazim jika tanaman jahe dijadikan salah satu bahan campuran masakan maupun kue – kue tradisional. Ini karena bahan jahe yang mengeluarkan aroma harum dan menggugah selera. Cita rasa jahe yang sedikit pedas namun membuat ketagihan selera, tak ayal menjadikan pembuat kue bangkit sengaja memilih jahe sebagai varian kue bangkit. 

Bangkit jahe juga sudah umum disajikan sebagai macam kue bangkit ketika dijadikan sajian khas Lebaran. Kue kering bangkit jahe juga mudah dijumpai di toko – toko oleh – oleh khas Lampung, dengan berbagai harga dan ukuran.

Bahan – bahan pembuat kue bangkit

Kue bangkit dapat dibuat dengan mudah dan sederhana. Bahkan tidak perlu memakai mixer apabila pembaca di rumah tidak memiliki mixer. 

Karena proses yang sederhana dan praktis inilah, banyak orang yang sering membuat kue bangkit sendiri di rumah sebagai camilan manis. 

Bahan – bahan pembuat kue bangkit sendiri tergolong mudah diperoleh di pasar atau di toko – toko terdekat. Di antaranya, mentega, gula palem, santan, telur, tepung  sagu atau tepung terigu, atau tepung tapioka, dan vanili. 

Selanjutnya pembuatan tidak ada yang berbeda dengan membuat cookies atau kue kering pada umumnya. Yaitu semua bahan dicampur satu per satu hingga kalis, lalu dicetak dalam cetakan kue bangkit. Dan dimasukkan di dalam oven dalam suhu sekitar 160 derajat celcius selama 35 menit atau hingga matang. 

Satu tips tambahan bagi pembaca, agar kue bangkit bisa renyah dan nikmat dalam waktu yang lama alias awet. Dinginkan terlebih dahulu sebelum mengemas di dalam toples. Kemudian, beri plastik di bawah lapisan tutup toples, agar kedap udara.



Kue Bangkit Khas Lampung (arlouch)
 
(apa itu kue bangkit)
Kue salah satu panganan yang biasanya digunakan sebagai hidangan tamu ataupun untuk kudapan pribadi saat santai. Kata kue berasal dari bahasa hokkian yaitu粿koé. Kue banyak ditemukan di wilayah Indonesia, Singapura, dan malaysia. Di malaysia kue lebih dikenal dengan sebutan kuih. Kue memiliki cita rasa yang beragam sesuai dengan jenisnya. Ada yang manis, gurih – gurih asin, dll. Cara pengolahannya pun beragam mulai dari digoreng, hingga di kukus. Ada banyak jenis kue yang ada di nusantaraa, seperti dari klepon, pia, nastar, getas, getuk, bingka, dll.  Di Indonesia kue biasanya digolongkan menjadi dua golongan. Yang pertama adalah Kue basah, dan yang kedua adalah kue kering. Sesuai dengan namanya kue digolongkan berdasarkan kadar airnya. Kue basah biasanya bertekstur sedikit lengket, tidak tahan lama, namun paling nikmat saat dimakan setelah baru dimasak. Seperti kue lapis, dan kue getuk.Untuk kue kering biasanya tidak berair, tekstur sedikit kasar, umumnya dioalah dari hasil pemanggangan, tahan lama hingga dapat disimpan dan cocok untuk kudapan saat santai. Masyarakat biasanya menggunakan kue kering untuk disuguhkan pada tamu. Jadi saat kalian berkunjung ke rumah orang lain umumnya di ruang tamu sudah disediakan berbagai kue kering kan, apalagi saat momen besar seperti hari raya.

Salah satu kue kering yang patut dicoba adalah kue Bangkit. Kue bangkit merupakan kue khas melayu, dan bisa mudah dijumpai di wilayah semenanjung malaysia dan sumatera khususnya Sumatera Utara, Riau dan Jambi. Di Malaysia kue ini dikenal sebagai kuih bangket. Kue Bangkit biasanya menjadi kudapan yang wajib saat momen Hari Raya Idul Fitri. Tak hanya sampai situ, orang Tionghoa di wilayah Riau biasa menggunakan Kue Bangkit sebagai kue khas yang disajikan dalam perayaan Hari Imlek. Masyrakat menyebut kue ini kue bangkit karena pada saat diangkat dari oven, kue ini mengembang dua kali lipat dari ukuran aslinya. 

Kue Bangkit memiliki warna putih kekuning – kuningan biasanya ditambahkan warna titik merah diatasnya untuk mempercantik dan semakin menambah selera untuk melahapnya. Teksturnya sangat halus dan cenderung rapuh, jadi saat anda melahapnya kue ini akan hancur dalam mulut anda dan memberikan sensasi memanjakan dengan rasa manis dan lembutnya. Kue ini digemari banyak khalayak mulai dari orang dewasa hingga anak – anak. Bentukny yang kecil membuat kue ini menjadi kudapan ringan yang habis dalam sekali lahap tapi membuat kita ketagihan. Sekali makan saja pasti ada perasaan ingin lagi dan lagi. 

(macam macam kue bangkit)
Adapun kue bangkit yang biasa menjadi kue khas acara imlek merupakan kue bangkit dalam bentuk yang cukup sederhana. Sebenarnya Kue Bangkit memiliki banyak varian bentuk dan rasa. Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun berbeda – beda, berikut macam macam kue bangkit:

Kue Bangkit Santan Wijen
Sesuai dengan namanya Kue satu ini ditambahkan dengan santan, santan ini akan memberikan rasa gurih ekstra kedalam kue. Santan memang salah satu bahan wajib dalam pembuatan kue bangkit. Bedanya dengan kue bangkit yang lain dalam proses masaknya santan dimasak dengan gula merah dan gula pasir. Biasanya kue bangkit satu ini disajikan dalam bentuk bunga yang ditaburi wijen di atasnya
Kue Bangkit Jeruk nipis
Apabila biasanya kue bangkit dibuat dengan tepung sagu, jenis kue bangkit jeruk nipis ini menggunakan tepung kanji sebagai bahan utama. Tepun kanji disangrai dengan daun pandan untuk menambah aroma yang menggugah selera. Untuk rebusan santan ditambahkan dengan daun dan kulit jeruk, daun pandan, dan garam secukupnya. Kue bangkit jenis ini biasanya berwarna kekuning - kuningan
Kue Bangkit Durian
Jenis kali ini ditambahkan dengan ekstrak sang raja buah, apalagi kalau bukan durian. Proses pembuatannya hampir mirip dengan kue bangkit jeruk nipis. Bedanya, saat proses memasak santan bahan kulit dan daun jeruk diganti dengen ekstrak durian. Kue bangkit jenis ini cenderung berwarna kecoklatan, dan bagi yang tidak suka dengan bau durian jangan khawatir, bau durian dalam kue ini tidak terlalu kuat mungkin karena ternetralisir oleh aroma pandan
Kue BangkitKacang Wijen
Jenis ini memiliki cita rasa manis gurih, kue bangkit yang halus dan rapuh dipadukan dengan crunchy nya kacang cincang, membayangkannya saja sudah membuat produksi air liur meningkat nih food lovers hehehe. Selain kacang cincang, bahan tambahan yang ada dalam kue bangkit jenis ini adalah soda kue dan baking powder.
Kue Bangkit Susu
Bahannya cukup sederhana, kita memerlukan margarin, gula, tepung sagu dan pastinya susu kental manis. Semua bahan dicampur dan diaduk hingga rata. Setelah rata selebihnya tinggal dipanggan seperti membuat kue bangkit pada umumnya. Untuk jenis ini tidak perlu menggunakan santan.
Masih banyak lagi jenis kue bangkit lho seperti kue bangkit penang, kue bangkit jahe kelapa kismis, kue bangkit gula jawa.

(Resep kue bangkit)
Untuk food lovers yang ingin mencoba membuat kue bangkit original . Berikut adalah cara pembuatannya.
bahan yang diperlukan
-          550 gram tepung sagu atau tapioka, sangrai terlebih dahulu. (yang diperlukan untuk adonan hanya 420 gram saja, sisanya untuk ditabur di cetakan agar tidak lengket)
-          8 lembar daun pandan, potong menjadi 3 bagian
-          2 butir kuning telur
-          170 gram gula halus
-          140 – 160 ml santan
-          Pewarna untuk menghias

Proses pembuatan Kue Bangkit :
-          Sangrai tepung bersama dengan potongan-potongan daun pandan dalam wajan selama 75 menit menggunakan api kecil.
-          Dinginkan apabila tepung menjadi sangat ringan dan sedikit menguning serta daun pandan menjadi garing.
-          Alasi loyang dengan margarin. Panaskan oven pada suhu 160°C.
-          Kocok kuning telur hingga mengembang, masukkan gula halus dan tambahkan 70 hingga 80 ml santan. Kocok kembali hingga rata.
-          Ayak tepung ke atas baskom bersih. Masukkan adonan telur dan gula halus.
-          Secara bertahap, masukkan sisa santan, aduk dengan tangan sampai adonan menjadi merata dan cukup kokoh untuk dicetak, tidak terlalu kering ataupun terlalu basah.
-          Giling adonan setebal 1-1,5 cm. Beri sedikit tepung pada cetakan (bisa menggunakan kuas), cetak adonan dengan bentuk bunga atau lainnya sesuai selera kemudian letakkan di atas loyang. Susun dan rapikan. Ulangi sampai semua adonan habis.
-          Panggang dalam oven selamakurang lebih 25 menit pada suhu 160°C
-          Setelah matang, keluarkan dan dinginkan, kemudian beri sedikit pewarna untuk hiasan.
-          Simpan dalam toples agar tahan lama dan tidak mudah melempem.

Sedikit tips agar kue bangkit tidak mudah hancur dalam proses pembuatan atau saat di panggang. Pastikan semua adonan dalam keadaan benar benar dingin saat ingin dicampurkan dengan kocokan telur. Selamat mencoba

Kue Bangkit Lampung Adalah Kue Legendaris (novelitoei)
 Bagi kalian yang sering mengikuti perkembangan kuliner dari jenis kue kering untuk Hari Raya Lebaran, mungkin kalian pernah mendengar atau menjumpai bahkan mencicipi jenis kue kering yang satu ini. Yap, kue bangkit lampung lampung atau biasa kalian menyebutnya kue bangket merupakan kue tradisional khas dari Melayu, Malaysia. Kue bangkit lampung lampung bisa dengan mudah ditemukan di Semenanjung Malaysia. Sementara di Indonesia sendiri, kue bangkit lampung lampung banyak kalian temui di daerah Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Sumatera Barat.


Kue bangkit lampung lampung merupakan sebuah jenis kue yang jika kalian lihat-lihat dengan teliti cukup mirip dengan kue sagu keju. Tekstur dari kue bangkit lampung lampung sendiri pun cukup mirip dengan kue sagu yang renyah dan cukup gurih saat disantap. Kue bangkit lampung lampung ini cukup terkenal menjadi kue kering pilihan di Indonesia, terutama saat Hari Raya Lebaran.

Pada momen-momen tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri, kue bangkit lampung lampung ini menjadi kue khas yang biasa disajikan bahkan orang keturunan Tionghoa yang berada di daerah-daerah tersebut juga menjadikan kue bangkit lampung lampung menjadi salah satu kue khas yang disajikan ketika menjelang perayaan Hari Raya Tahun Baru Imlek sehingga terjadi semacam silang budaya yang erat dan harmonis di antara etnis Melayu dan Tionghoa.

Kenapa dinamakan kue bangkit lampung lampung? Dinamakan kue bangkit lampung lampung karena ukuran dari kue bangkit lampung lampung setelah matang dan dikeluarkan dari oven ukurannya bisa menjadi dua kali lipat dari ukuran adonan semula. Maka dari itu, kue ini dinamai kue bangkit lampung lampung.

                Kue bangkit lampung lampung mempunyai warna yang putih kekuningan dan kadang dipercantik tampilannya dengan diberi noktah berwarna merah di atasnya. Kue bangkit lampung lampung mempunyai tekstur yang sangat halus, mudah rapuh, biasanya mempunyai ukuran kecil, dan gampang untuk diremuk alias sangat renyah. Kue bangkit lampung lampung akan melumer di dalam mulut dan mempunyai tekstur yang renyah saat dikunyah di dalam mulut. Kue bangkit lampung lampung mempunyai rasa yang manis yang menjadi daya tarik untuk anak-anak mau pun orang dewasa.

                Resep kue bangkit lampung lampung ini menggunakan bahan dasar ada yang menggunakan tepung tapioka atau tepung sagu dan campuran beberapa bahan lainnya.

                Tepung tapioka adalah salah satu tepung yang merupakan produk hasil olahan dari ubi kayu atau singkong  yang berbentuk butiran pati. Seperti yang kalian sudah ketahui, tepung tapioka adalah salah satu jenis tepung yang sudah biasa dijadikan bahan dasar olahan masakan khas dari masing-masing daerah di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Hal ini dikarenakan tepung tapioka mempunyai harga jual yang relatif murah dan kualitasnya bagus. Tepung tapioka mempunyai sifat karakteristik fisik yang hampir sama dengan tepung sagu yaitu bewarna putih, mempunyai tekstur yang halus dan licin serta sukar larut dalam air dingin.

                Dalam pembuatan kue bangkit lampung lampung ini, kalian tidak memerlukan bahan tambahan pangan jenis pengembang karenanya dalam pembuatan kue bangkit lampung lampung tepung yang dipakai adalah tepung tapioka/tepung sagu yang sudah pas untuk dijadikan bahan dasar.

Untuk membuat kue bangkit lampung lampung, kalian memerlukan bahan-bahan seperti :
·         Tepung tapioka yang sudah disangrai sebanyak 550 gram. 420 gram untuk membuat adonan kue bangkit lampung lampung dan sisanya untuk menaburi cetakan kue bangkit lampung lampung agar tidak lengket. (Tips : Kalau kalian tidak mempunyai tepung tapioka, kalian bisa menggantinya dengan tepung sagu)
·         Daun pandan sebanyak 8 lembar. Daun pandannya dipotong menjadi 3 bagian
·         Kuning telur sebanyak 2 butir
·         Gula halus sebanyak 170 gram
·         Santan sebanyak 140-160 ml dari ½ buah kelapa. (Tips : Banyaknya santan yang kalian pakai tergantung dari kadar kekeringan tepung)
·         Pewarna

Cara untuk membuat kue bangkit lampung lampung :
1.       Tepung tapioka (kalian boleh memakai tepung sagu) disangrai bersamaan dengan daun pandan yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan selama 75 menit dengan menggunakan api kecil sampai tepung tapioka/tepung sagu menjadi ringan sekali dan warnanya berubah menguning serta daun pandan menjadi garing. Kemudian, didininkan. (Tips : Tepung yang kalian pakai disangrai terlebih dahulu agar hasil jadi dari kue bangkit lampung lampung menjadi gurih)
2.       Loyang di alasi dengan margarin kemudian oven dipanaskan pada suhu 160°C
3.       Kuning telur dikocok sampai mengembang kemudian gula halus dimasukkan dan ditambahkan 70-80 ml santan lalu dikocok sampai rata
4.       Tepung tapioka/tepung sagu diayak ke atas baskom bersih kemudian adonan telur dan gula halus dimasukkan
5.       Sisa santan dimasukkan secara bertahap lalu diaduk dengan tangan hingga adonan bercampur rata dan cukup kokoh untuk dimasukkan cetakan. Adonan tidak terlalu atau pun terlalu basah
6.       Adonan digiling setebal 1-1,5 cm. Tepung sisan tadi diberikan sedikit ke dalam cetakan. (Tips : kalian bisa menggunakan kuas)
7.       Adonan dicetak dengan bentuk bunga atau bisa disesuaikan dengan selera kalian lalu diletakkan di atas loyang. Adonan disusun dan dirapikan. Diulangi sampai semua adonan habis.
8.       Adonan dipanggang di dalam oven selama kurang lebih 25 menit denan suhu 160°C.
9.       Setelah kue bangkit lampung lampung matang, dikeluarkan loyang dari oven dan didinginkan. Proses pendinginan ini berguna agar kue bangkit lampung lampung tidak rusak saat diangkat. Lalu diberi sedikit pewarna untuk mempercantik kue bangkit lampung lampung. (Tips : Kalian bisa memberikan tambahan topping di atas kue bangkit lampung lampung seperti keju, coklat, atau kacang yang sudah dipotong-potong sesuai selera kalian)
10.   Kue bangkit lampung lampung disimpan ke dalam toples yang tertutup rapat agar tetap tekstur renyahnya awet dan tahan lama.

Untuk di daerah Sumatera, kue bangkit lampung lampung lebih dikenal dengan kue bangkit lampung lampung susu bedanya hanya dalam penambahan susu kental manis dalam resepnya. Kalian hanya membutuhkan sekitar 75 gram susu kental manis putih. Susu kental manis dimasukkan ke dalam adonan bersamaan saat kalian menuangkan santan ke dalam adonan. Hasil jadi kue bangkit lampung lampung susu ini lebih terasa rasa susunya dibandingkan kue bangkit lampung lampung biasa.

Nah, seperti itu lah proses pembuatan kue bangkit lampung lampung yang enak ini. Kue bangkit lampung lampung biasanya dinikmati pada saat momen spesial seperti Hari Raya Lebaran.
Resep untuk membuat kue bangkit lampung lampung sebenarnya mempunyai banyak kreasi tapi, bagi kalian yang pemula kalian bisa mencoba resep sederhana ini.
Selamat mencoba dan menikmatinya ya

Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia