Jual Keripik Jamur Lampung

Twitter
Facebook
Keripik Jamur Lampung
Kode Produk A72
Harga Keripik Jamur Rp 26,000
 Keterangan Produk Keripik jamur tiram dibuat dari bahan alami, Original, Dijamin Enak, Asli Lampung
Produksi Keripik Anekasarirasa - Asli Bandar Lampung
Berat Keripik Jamur 2 Ons
Stok Keripik Jamur Ada
Pemesanan
Pemesanan Keripik Jamur, Hubungi

Macam-Macam Keripik Jamur (@detheas)


Keripik Jamur – Masyarakat di Indonesia tentu sudah sangat mengenal dengan camilan atau oleh – oleh khas Lampung berupa Keripik Jamur. Keripik Jamur merupakan salah satu olahan tanaman jamur yang dibudidayakan di kota Lampung dan sekitarnya.

Hasil produksi tanaman budidaya jamur yang berlimpah, membuat usaha industri Keripik Jamur aneka rasa semakin berkembang pesat. 

Keripik Jamur Lampung @anekasarirasa

Jamur – jamur yang sudah dibersihkan dan ditiriskan, kemudian diberi sedikit adonan. Adonan ini terdiri dari tepung beras, tepung terigu, bumbu – bumbu seperti bawang putih, lada, garam dan sedikit penyedap rasa.

Kemudian jamur digoreng hingga mengering atau tekstur menjadi renyah dan garing. Aneka macam Keripik Jamur kini sudah tersedia di pasaran. Biasanya, memakai jenis jamur tertentu. Misalnya jamur tiram yang sudah sangat populer. Selain itu ada juga jamur merang maupun jamur kancing.

Kerenyahan Keripik Jamur sangat menggoda selera. Sesuai untuk pendamping lauk ataupun camilan dan sebagai oleh – oleh atau buah tangan ketika datang ke kota Lampung.

Nutrisi pada jamur


Jamur merupakan salah satu tanaman yang sangat bergizi tinggi. Jika sang buah hati kurang suka dengan sumber protein seperti ikan atau daging ayam dan daging sapi, ibu – ibu dapat mencoba alternatif jamur agar asupan kebutuhan protein si kecil dapat terpenuhi.

Lagipula, cita rasa jamur juga sangat lezat. Dijamin anak – anak tidak akan menolak dan malah merasa ketagihan. 

Lihat Produk Keripik Khas Lampung -----> Keripik Pisang Aneka

Kandungan nutrisi pada jamur juga cukup lengkap, antara lain sembilan jenis asam amino, vitamin C, vitamin D, vitamin B serta mineral. Sementara itu, kandungan mineral yaitu kalium, fosfor, kalsium, natrium serta rendah lemak dan non kolesterol.

Bahkan, beberapa penelitian di luar negeri menyebutkan jika jamur juga menjadi obat untuk mengurangi risiko anemia, diabetes, lever dan anti kanker.

Macam – macam Keripik Jamur


Keripik Jamur tiram

Keripik Jamur tiram dibuat dengan adonan tepung yang sudah diberi bumbu seperti garam, merica, dan bawang putih. Rasa renyah berpadu gurih, sangat cocok untuk pelengkap lauk ataupun camilan oleh – oleh.

Jamur tiram adalah salah satu jamur yang paling banyak dibudidayakan. Selain mudah dari segi perawatan, hasil panen pun cukup berlimpah. Yaitu sekitar 2- 3 kali setiap bulan.

Berbentuk mirip tiram yaitu berwarna putih mutiara, seperti tudung di bagian puncaknya, lalu terdapat batang yang menyatu di akar. Jamur tirm yang hidup di daerah dengan kadar air di bawah 60% akan sulit menyerap sari makanan. Sehingga pertumbuhannya bakal terganggu. Sebaliknya, jamur tiram yang tumbuh di lingkungan dengan kadar air berlebih malah mudah terserang penyakit seperti busuk akar.

Dalam pertumbuhannya, jamur tiram harus dipertahankan kadar suhu antara 22 – 28 derajat celcius. Kelembapan ideal antara 60 – 80 %. Akan tetapi, pada fase pembentukan tubuh buah, suhu harus mencapai 16 – 22 derajat celcius dengan kelembapan mencapai 80 – 80 %. Pada saat perawatan, jamur tiram juga membutuhkan sinar matahari dan oksigen rata – rata 10%.

Keripik Jamur merang

Jamur merang merupakan jamur yang hanya dibudidayakan pada media merang atau tangkai padi yang sudah tidak dipakai atau usai panen.

Dalam perkembangannnya, jamur kemudian dibudidayakan dalam media alternatif yaitu limbah biji kopi, ampas batang aren, ampas sagu, sisa kapas, kulit pala, bahkan limbah kelapa sawit dan limbah pabrik kertas.

Tubuh buah jamur merang yang muda memiliki bentuk bulat telur, berwarna cokelat gelap keabu – abuan, dan akan ditutupi selubung. Nantinya, selubung akan sobek dan terangkat ke atas, sisa selubung kemudian akan menjadi cawan berwarna cokelat muda. Cawan yang telah terbuka akan membentuk bilah. Bilah ini yang akan tumbuh menjadi buah stadia. Pada masa stadia, jamur merang akan siap untuk dipanen.

Syarat lingkungan suhu yang dibutuhkan jamur merang, antara 30 35 %. Sementara suhu berkisar 27 – 30 derajat celcius. Agar tumbuh dengan baik, jamur merang juga butuh asupan cahaya matahari yang teduh alias tidak boleh terkena paparan secara langsung.

Keripik Jamur kuping

Tak kalah renyah dan gurih, jamur kuping juga bisa menjadi bahan untuk pembuatan Keripik Jamur. Biasanya jenis jamur kuping ada 2 varian. Yaitu, jamur kuping tikus dan jamur kuping gajah.

Jamur kuping tikus berdaging lebih tipis dengan warna yang terang, sementara jamur kuping gajah warnanya cenderung gelap, dan memiliki daging tebal serta alot.

Untuk membudidayakan jamur kuping, diperlukan lingkungan yang kondisinya sejuk seperti dataran tinggi atau pegunungan. Jamur kuping bisa tumbuh pada media kayu yang lapuk, terutama kayu pinus. Dengan kisaran suhu 16 – 36 derajat celcius. 

Daya tahan Keripik Jamur

Setelah mengalami proses pengolahan. Keripik Jamur juga bisa diberi inovasi dengan aneka varian rasa, seperti balado, pedas manis, atau rasa – rasa yang manis. Tentu saja inovasi ini mengikuti dengan selera pasar yang terkadang lebih senang rasa original. 

Agar Keripik Jamur bisa tahan lama hingga 1 – 2 bulan selama pengemasan dan bisa dibawa ke luar kota bahkan manca negara, keripik harus benar – benar diperhatikan packagingnya. 

Kunci agar Keripik Jamur bisa bertahan lama adalah menggoreng hingga kering. Potongan jamur pun harus memakai alat khusus agar bisa tipis dan seragam. Semakin tipis maka akan lebih renyah dan kadar minyak yang meresap tidak terlalu banyak sehingga rasanya bisa krispy nan garing.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi kadar minyak pada hasil penggorengan Keripik Jamur adalah memakai alat pemeras minyak atau mesin pengering. Dengan alat ini maka kadar minyak pada produk Keripik Jamur akan lebih sedikit dan menjadi lebih kering.

Setelah itu, produk Keripik Jamur dapat dikemas dalam plastik atau wadah yang disediakan serta diberi label produksi serta tanggal kadaluwarsa.

Pemasaran Keripik Jamur

Usai proses pengeringan dan pengemasan, Keripik Jamur dapat dipasarkan ke beberapa tempat di wilayah Lampung. Namun, tidak menutup kemungkinan oleh – oleh khas Lampung ini juga tinggi peminat di sekitar wilayah kepulauan Riau, Palembang, Aceh, hingga Sumatera Barat dan Sumatera Utara. 

Jangkauan bisa lebih luas lagi, apabila produsen mau sedikit berusaha memasarkan melalui media online seperti situs jual beli online, media sosial ataupun website resmi.


Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia