Kerupuk Udang Lampung

Twitter
Facebook
Kerupuk Udang Lampung
Kode Produk A67
Harga Kerupuk Rp 30,000
Jenis Kerupuk Kerupuk Udang Asli - Kualitas Super
Asal Produk Bandar Lampung, Provinsi Lampung
Berat 150 Gram
Stok Barang Ada
Pemesanan Produk Silahkan Hubungi Customer Service Kami 

Kirim Keseluruh Nusantara Via JNE

Kerupuk Udang Lampung - Asli Udangnya Super Rasanya


“Kerupuk” adalah kuliner yang sangat memasyarakat dan dapat ditemukan dengan mudah mulai dari pasar modern hingga warung-warung.  
 
Kerupuk Udang Lampung

Kerupuk memiliki banyak sekali bentuk dan jenisnyapun sangat beragam, ada kerupuk yang terbuat dari ikan, udang, kulit, ceker ayam, atau hanya menggunakan penyedap seperti bumbu bawang saja.

Kerupuk Udang Mekarsari
Bahan utama yang sering digunakan dalam pembuatan kerupuk adalah tepung, dan biasanya tepung yang digunakan adalah tepung aci alias tepung tapioka. Tepung tapioka memiliki karakteristik keras saat digoreng sehingga sangat pas untuk menjadi bahan dasar utama pembuatan kerupuk. 

Kerupuk Udang Lampung
Kerupuk Udang Lampung

Secara umum kerupuk dibuat dengan mencampurkan semua bahan termasuk tepung dan bumbu, dimasak, lalu dipotong tipis-tipis, dijemur sampai kering, dan ditahap akhir adalah digoreng, ada pula yang disangrai menggunakan pasir seperti kerupuk melarat khas jawa barat. Saat ini kerupuk lebih banyak dibuat oleh industri rumahan atau UKM dan dijajakan di warung-warung melalui kanvaser kerupuk. Kerupuk yang dijual dibungkus dalam plastik dengan isi 5 sampai 20 buah kerupuk, dan dijual dengan harga yang sangat murah. Kerupuk yang dijual diwarung-warung biasanya pasti habis karena lidah orang indonesia sudah sangat famuliar dengan yang namanya kerupuk, tidak pas rasanya makan tanpa ditemani sambal atau kerupuk. Ya, bagi sebagian besar orang makan tanpa ditemani kerupuk rasanya kurang pas, bahkan untuk beberapa jenis makanan tertentu kerupuk adalah menu wajib yang harus ada. Katakanlah gado-gado, nasgor, soto, dan beberapa jenis makanan lainnya pasti bersanding dengan yang namanya “kerupuk”.

Kerupuk Yang Ini  Enak Juga Lho: Kerupuk Ikan Tenggiri Asli Lampung

Kerupuk Udang

Kerupuk udang adalah jenis kerupuk yang terbuat dari bahan dasar daging udang dan tepung tapioka, namun ada pula yang dicampur dengan tepung terigu. Kerupuk udang dibuat dengan mencampurkan gilingan daging udang dengan tepung dan bumbu-bumbu lainnya kemudian dimasak, dipotong dan dijemur seperti halnya dengan pembuatan kerupuk jenis lainnya. Letak perbedaan kerupuk udang dengan jenis kerupuk lainnya tentu saja adalah dari bahan dasar yang menggunakan udang atau bisa juga rebon sehingga rasa yang dihasilkan akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan kerupuk-kerupuk lainnya. Kerupuk udang memiliki rasa yang sangat gurih karena daging udang memiliki karakteristik rasa yang sangat kuat dan khas, apabila dijadikan makanan seperti kerupuk rasa daging udang sangat berpengaruh. Karakteristik daging udang tidak jauh berbeda dengan daging ikan tenggiri dimana rasa dan aromanya sangat kuat serta sangat pas untuk dijadikan sebagai kerupuk. 

Kerupuk Udang Lampung
Kerupuk Udang Lampung

Secara umum “kerupuk udang” masih didominasi oleh industri kerupuk yang berada didaerah-daerah pulau jawa bagian utara yang menjadi sentra perikanan termasuk tambak udang. Daerah seperti Sidoarjo masih menjadi sentra industri kerupuk udang di Indonesia yang memasok kerupuk udang keberbagai daerah di Indonesia. Namun, saat ini kerupuk udang tidak hanya diproduksi di pulau Jawa saja karena berbagai daerah sudah memproduksi kerupuk udang berkualitas dan tidak kalah dengan jenis kerupuk udang ada didaerah jawa.

Kerupuk udang adalah kerupuk yang familiar dan sangat umum dijumpai, bahkan kerupuk udang sering ditemukan pada acara-acara penting seperti hajatan. Kerupuk udang yang memiliki rasa super gurih dan nikmat ini memang banyak disukai orang dan menjadi teman makan yang sangat pas. Namun, bisa dipastikan orang yang menyantap kerupuk udang belum tahu apakah itu kerupuk udang atau kerupuk ikan. Untuk yang anda yang biasa memakan kerupuk ikan lalu menyantap kerupuk udang pasti akan langsung tersadar letak perbedaannya karena kerupuk udnag dengan kerupuk ikan memiliki rasa yang kontras berbeda. Dari segi tampilan karakteristik yang paling menonjol adalah dari bentuk dan warna kerupuk, dimana kerupuk udang yang matang tidak putih bersih seperti kerupuk ikan pada umumnya melainkan sedikit kekuningan. Hal ini terjadi karena daging udang akan berwarna kuning saat masak, tentu anda tahu bahwa saat matang daging udang akan berwarna kuning kemerahan kan? Nah, itulah yang menyebabkan kerupuk udang tidak bisa berwarna putih bersih saat matang. Selain itu kerupuk udnag biasanya berukuran sedang tidak besar-besar seperti kerupuk bawang yang dijajakan diwarung-warung, tidak pula kecil-kecil seperti halnya dengan kerupuk palembang. Nah taksturnyapun biasanya seikit kasar, tidak halus seperti kerupuk ikan ataupuk kerupuk-kerupuk lainnya.

Kerupuk Yang Ini  Enak Juga Lho: Kerupuk Cumi-Cumi Asli Lampung

Kerupuk Udang Lampung

Kerupuk udang yang diproduksi di Lampung memiliki rasa yang sangat nikmat dan terjamin kualitasnya karena sudah memiliki izin produksi dari dinas kesehatan (P-IRT: 206187105501). Kerupuk udang lampung memiliki karakteristik seperti kerupuk udang lainnya dimana rasa gurih dari udang menjadi keunggulan kerupuk dan rasa tersebut sangat menonjol dibandingkan dengan jenis kerupuk lainnya. Jenis kerupuk udang lampung yang kami rekomendasikan adalah kerupuk udang mekarsari lampung yang bisa anda dapatkan diberbagai toko seperti toko oleh-oleh makanan khas lampung di kota bandar lampung. Jenis kerupuk udang ini telah dikemas secara modern dan menjadi salah satu oleh-oleh yang terkenal di Lampung, oleh kaena itu banyak wisatawan yang membawanya sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara dirumah. Kerupuk udang lampung mekarsari ini dibuat dari bahan-bahan pilihan berkualitas dan dipastikan aman, antara lain: Tepung tapioka, udang, telur, garam, dan bumbu penyedap.

Ingin membeli “kerupuk udang khas” lampung?

Anda bisa membeli kerupuk udang lampung diberbagai toko oleh-oleh lampung, oleh karena itu jika anda sedang berada di kota bandar lampung kami sarankan untuk datang dan membeli secara langsung. Toko oleh-oleh makanan khas lampung di bandar lampung ada banyak sekali, mulai dari pusat toko oleh-oleh di teluk betung, samping ramayana, depan pkor, dan berbagai toko lainnya yang menjual berbagai jenis makanan khas lampung termasuk “kerupuk udang lampung”. Namun jika anda tidak sempat untuk membelinya kami bisa mengantarkannya delivery free ongkos kirim dalam kota. Jika anda berada diluar daerah, kamipun bisa mengirimkannya dengan jasa pengiriman terpercaya JNE sehingga anda tidak perlu ke Lampung untuk membeli Kerupuk Udang Lampung ini. So, belanja murah, mudah, dan simpel.. Tetap cintai kuliner dalam negeri :)

Lihat Yang Ini Juga Sist: Keripik Jamur Khas Lampung

TIPS DAN CARA MEMBUAT KERUPUK UDANG LAMPUNG YANG ENAK (Auurumi)

Kerupuk Udang Lampung merupakan kerupuk yang berbahan dasar dari Udang, baik Udang air tawar maupun Udang air asin. Kerupuk yang berbahan dasar Udang cenderung memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kerupuk Udang Lampung juga memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan, salah satunya adalah rendah lemak. Dalam hal Kualitas rasa pada Kerupuk Udang Lampung biasanya juga dipengaruhi akan bahan dasar dan cara pembuatan kerupuk itu sendiri. Berikut tips dan cara pembuatan Kerupuk Udang Lampung yang enak :

1.       Cara Membuat Kerupuk Udang Lampung Segar Yang Enak, Gurih, Dan Renyah
Kerupuk yang berbahan dasar Udang Segar memang tidak perlu ditanyakan lagi mengenai rasanya, salah satup roduk dari olahan Udang Segar ialah kemplang. Dalam Pembuatan kerupuk yang salah juga akan mempengaruhi akan rasa kerupuk. Berikut cara pembuatan Kerupuk Udang Lampung Segar yang enak, gurih dan renyah :

a.       Pemilihan bahan baku
Dalam memilih bahan baku utama kerupuk sebaiknya menggunkan Udang yang masih segar. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan :
·         Udang Segar,
·         Tepung tapioka,
·         Garam,
·         Bawang putih,
·         Kerumbar,
·         Soda kue,
·         Gula pasir,
·         Daging ayam,
·         Minyak goreng.

b.      Pembentukan adonan
Setelah menyiapkan bahan-bahan, campur daging Udang yang sudah dibersihkan dengan bumbu-bumbu. Dalam pembuatan kerupuk Segar, pembentukan adonan sangat menentukan akan cita rasa kerupuk yang dihasilkan. Adapun tips untuk membuat adonan agar kalis ialah dengan menambahkan air dingin keadonan. Penambahan air dingin ini akan mempercepat adonan menjadi kalis. 

c.       Pencetakan adonan
Setelah adonan kalis, adonan dibentuk menjadi beberapa potong agar mempermudahdalam proses pengkusan dan proses pemotongan. Sebelum adonan kerupuk dicetak, adonan sebaiknya ditekan-tekan terlebih dahulu. Tindakan ini bertujuan agar kerupuk yang dihasilkan nanti dapat lebih padat. 

d.      Pengukusan
Adonan yang sudah dicetak tadi selanjutnya akan dikukus sekitar 2 jam lamanya. Adapun tips untuk mengetahui apakah adonan yang dikukus sudah masak atau belum dapat dengan menggunakan lidi dan tangan. Cara menggunakan lidi ialah dengan menusukkan lidi ke bagian dalam adonan yang dikukus, jika lidi tidak menempel itu tandanya adonan sudah matang dan siap diangkat. Cara yang berikutnya ialah dengan menekankan jari telunjuk ke adonan yang dikukus. Jika adonan tidak membentuk cekungan atau setelah ditekan adonan kembali kebentuk semula maka ini menunjukkan adonan sudah matang.

e.      Proses pemotongan adonan
Adonan yang sudah matang sebaiknya didiamkan terlebih dahulu. Setelah dingin, adonan kemudian dipotong menjadi kecil-kecil. Dalam proses pemotongan adonan menjadi kerupuk ini dapat menggunakan 2 cara yaitu dengan manual atau dengan tangan dan dengan mesin potong. Pemotongan adonan menggunakan tangan harus menggunakan pisau yang tajam, sebelum pisau digunakan memotong adonan sebaiknya pisau dilumuri dengan minyak goreng terlebih dahulu agar pisau tidak lengket pada adonan saat dipotong dan tidak memperjelek bentuk kerupuk yang dipotong. Sedangkan jika menggunakan mesin, adonan akan terpotong otomatis dengan ukuran yang sama dengan waktu yang lebih singkat.

f.        Pengeringan kerupuk
Adonan yang sudah dipotong kemudian dikeringkan sampai tidak ada kandungan air didalamnya. Pengeringan kerupuk dapat menggunakan sinar matahari dengan dijemur selama 4 jam atau dengan menggunakan oven selama 2 jam. Meskipun lebih cepat menggunakan oven, kualitas rasa yang dihasilkan dengan cara alami lebih sedap dibanding dengan oven. 

g.       Penggorengan
Setelah kering, kerupuk selanjutnya digoreng dan dapat langsung dinikmati. Kerupuk tidak hanya digoreng saja, melainkan dapat di oven maupun dipanggang.

2.       Cara Membuat Kerupuk Udang Lampung Bandeng Yang Enak, Gurih Dan Renyah
Udang bandeng yang berasal sebagian besar dari Daerah Semarang biasanya diolah menjadi bandeng presto. Kali ini bandeng akan diolah menjadi kerupuk. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut ini cara membuat Kerupuk Udang Lampung bandeng yang enak, gurih dan renyah :

a.       Penyiapan Bahan-Bahan
Siapkan bahan-bahan kerupuk terlebih dahulu dan pastUdang bahan-bahan yang digunakan memiliki kualitas yang bagus. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan :
·         Udang bandeng tanpa duri,
·         Tepung sagu,
·         Garam
·         Telur (lebih baik menggunakan telur bebek)
b.      Pengukusan
Dalam pembuatan kerupuk bandeng memang dilakukan pengukusan terlebih dahulu. Agar daging dapat lebih mudah ketika ditumbuk.
c.       Pembuatan Adonan
Daging bandeng yang sudah ditumbuk kemuadian dicampur dengan bumbu-bumbu lalu dibuat adonan. Adonan harus diuleni sampai kalis, tips agar membuat adonan cepat kalis dalam hal ini dengan menggilas beberapa kali adonan.
d.   Pengukusan Ulang
Adonan yang sudah kalis kemudian dikukus ulang agar bumbu-bumbu yang sudah dicampurkan tadi dapat lebih meresap.
e.      Pemotongan Kerupuk
Adonan yang sudah matang kemudian didinginkan selama kurang lebih 24 jam, kemudian di potong kecil-kecil menyerupai kerupuk pada umumnya. Kerupuk yang dipotong kemudian dijemur sampai benar-benar kering.
f.        Penggorengan
Kerupuk yang sudah kering dapat digoreng. Kerupuk yang sudah digoreng dapat langsung dinikmati atau dicampur dengan sambal terasi.

3.       Cara Membuat Kerupuk Udang Lampung Teri Yang Enak, Gurih Dan Renyah
Udang teri yang memiliki ukuran kecil memang sering dijadUdang sebagai Udang asin dari pada dijadUdang Kerupuk Udang Lampung. Namun kerupuk dengan berbahan dasar Udang teri juga memiliki rasa yang tak kalah dibanding dengan Kerupuk Udang Lampung Segar, bandeng dan gabus. Berikut cara membuat Kerupuk Udang Lampung teri yang enak, gurih dan renyah :
a.       Penyiapan Bahan-Bahan
Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu, bahan-bahan yang digunakan harus aman dan memiliki kualitas yang baik. Bahan-bahan yang dibutuhkan ialah:
·         Udang teri,
·         Tepung terigu
·         Garam,
·         Bawang putih,
·         Vetsin,
·         Tepung
·         Minyak goreng.
b.      Penyortiran Dan Pembersihan Udang
Tahap awal dalam pembuatan kerupuk ini adalah penyortiran Udang dan pencucian Udang sampai bersih. Dalam proses ini harus dipastUdang Udang yang akan digunakan harus benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.
c.       Perendaman
Udang yang sudah dibersihkan lalu dicampurkan dengan garam, bawang putih dan vetsin. Lalu didiamkan selama 15 – 20 menit. Tunggu sampai bumbu meresap, karena proses ini nantinya akan mempengaruhi kualitas rasa pada kerupuk nantinya.
d.      Pelumuran
Kira-kira bumbu sudah meresap, lalu Udang teri dimasukkan kedalam tepung terigu. Selimuti seluruh bagian Udang teri, selimut ini nantilah yang akan menjadUdang kerupuk terasa lebih gurih. Jika seluruh bagian sudah terselimuti, kemudian tampi Udang agar tepung yang menempel tidak terlalu banyak.
e.      Penggorengan
Udang teri yang sudah ditampi lalu digoreng pada minyak yang sudah panas. Tiriskan jika sudah matang dan Kerupuk Udang Lampung teri sudah dapat dinikmati. Mungkin Kerupuk Udang Lampung teri ini terlihat seperti Udang asin, namun sebenarnya ini berbeda, Udang asin harus adanya perendaman air garam dan pengeringan telebih dahulu sedangkan Kerupuk Udang Lampung teri ini tidak.

Demikian tips dan cara mengenai pembuatan Kerupuk Udang Lampung yang enak, gurih dan renyah yang dapat kami bagi. Semoga artikel sederhana ini dapat bermaanfaat dan menambah pengetahuan dalam pengolahan kerupuk-Kerupuk Udang Lampung. Terimakasih.

 
Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia