Kerupuk Ikan Tenggiri Lampung

Twitter
Facebook
Kerupuk Ikan Tenggiri
Kode Produk A63
Harga Kerupuk Rp 25,000
Jenis Kerupuk Kerupuk Ikan terbuat dari Ikan Tenggiri Asli
Produsen Mekarsari Bandar Lampung
Berat Kerupuk 2 Ons
Stok Barang Ada
Pemesanan dan Pengiriman
Via JNE dan Jasa Pengiriman Lainnya

Kerupuk Ikan Tenggiri Asli Lampung

Kerupuk

Siapa yang tidak tahu yang namanya “kerupuk”, jajanan yang sangat khas dan bisa dikatakan salah satu yang paling familiar dan paling merakyat ditanah nusantara. Kerupuk adalah makanan yang tidak mengenal gender, usia, ras, suku, tingkat ekonomi, semuanya pasti tahu dan pernah mencicipi yang namaya kerupuk. 

Keripik Ikan Tenggiri
Kerupuk Ikan Tenggiri
Salah satu kuliner yang paling mudah kita temui di Indonesia ini adalah kuliner wajib bagi sebagian orang dan harus ada dimeja makan, ya bagi sebagian orang kerupuk memang menjadi menu wajib. 

Kerupuk Ikan Tenggiri Lampung
Kerupuk Ikan Tenggiri Lampung
Pastinya, beberapa makanan membutuhkan kerupuk sebagai pelengkap. 
Tidak lengkap rasanya menyantap soto dan nasi goreng tanpa adanya “kerupuk”.

Tengok Yang Ini Loh: Kerupuk Cumi Lampung - Udah Pernah Coba Belum?

Kerupuk Ikan Mekarsari Lampung
Kerupuk dapat kita jumpai dalam berbagai bentuk dan bebeda-beda tergantung jenis, bahan baku, serta asal pembuatan, ada kerupuk bulat kecil seperti kerupuk palembang, kerupuk bulat kembang seperti kerupuk ikan dan kerupuk bawang yang banyak dijajakan diwarung-warung, kerupuk bentuk kotak juga ada seperti kerupuk tradisional yang berbahan nasi, kerupuk bentuk oval seperti kerupuk tapioka dan lain-lain. Sedangkan untuk Jenisnya kerupuk ada lebih banyak lagi dan disetiap daerah memiliki perbedaan tergantung budaya kuliner dan kebiasaan masyarakat. Beberapa kerupuk seperti kerupuk berbentuk kembang bulat adalah kerupuk yang paling banyak dijajakan dan merata diberbagai daerah sebagai teman makan. Kerupuk ini biasanya selalu ada di warung-warung makan dan dijajakan didalam toples atau plastik.

Secara umum kerupuk dibuat dari tepung tapioka meskipun ada juga yang menggunakan tepung lainnya seperti tepung sagu, bahan utama ini menjadi penentu kualitas dari kerupuk yang akan dihasilkan nanti. Tepung tapioka adalah tepung yang paling mudah dijumpai dinegara kita karena tepung ini dibuat dari singkong yang merupakan komoditi yang cukup mudah dijumpai. Selain itu tepung tapioka atau lebih familiar dengan nama tepung aci ini memiliki harga yang relatif murah dan mudah didapat sehingga memudahkan para pengrajin kerupuk di Indonesia. Selain tepung bahan yang tidak kalah pentingnya adalah bahan tambahan yang menjadi penentu jenis kerupuk yang akan dihasilkan. Bahan tambahan ini banyak sekali jenisnya tergantung jenis kerupuk apa yang akan dibuat, jika kerupuk ikan maka digunakanlah bahan dasar ikan dan jenis ikan yang digunakanpun bervariatif, ada ikan tenggiri, ikan bawal, ikan sarden, dan banyak sekali jenis ikan lainnya. Jenis lain yang digunakan adalah udang untuk membuat kerupuk udang, cumi-cumi untuk membuat kerupuk cumi, Kerupuk bawang untuk membuat kerupuk gurih khas bawang, dan berbagai bahan lainnya. 

Lirik Yang Ini: Kemplang Ango Super | Paling Laris Lho di Lampung

Seorang pengerajin kerupuk biasanya sudah mengetahui komposisi bahan-bahan yang akan digunakan dengan takaran yang pas untuk mengahasilkan kerupuk yang baik sesuai dengan harapan. Dalam pembuatan kerupuk efesiensi dan ketepatan komposisi bahan sangat penting karena sangat berhubungan dengan cost atau biaya yang dikeluarkan disesuaikan dengan tujuan pembuatan. Jika untuk dikonsumsi pribadi mungkin tidak menjadi masalah, namun jika untuk dijual maka harus diperhitungkan secara detil takaran dan harga dalam memproduksi kerupuk. Oleh karena itulah didaerah saya “lampung” untuk kerupuk biasa yang banyak dijual diwarung-warung saat ini mulai berubah ukurannya, harga untuk 10pcs/bungkus adalah seribu rupiah relatif tidak berubah sejak beberapa tahun yang lalu, namun untuk ukurannya tentu jauh berbeda. Saat ini bentuk kerupuknya kecil-kecil tidak sampai 1/3 dari bentuk kerupuk seperti beberapa tahun yang lalu, inilah strategi para pengrajin untuk memperhitungkan untung dan ruginya.

Kerupuk Ikan

Kerupuk Ikan” adalah salah satu jenis kerupuk yang paling dikenal, karena jenis kerupuk inilah yang paling banyak dibuat untuk dijual-belikan. Kerupuk ikan adalah jenis kerupuk yang banyak sekali penyukanya, oleh karena itulah peminatnya tidak pernah surut dan saat ini masih tidak tergusur oleh kuliner-kuliner kering lainnya.

Kerupuk ikan secara umum dibuat dari beberapa jenis ikan yang memiliki rasa yang kontras dan khas seperti ikan tenggiri dimana daging ikan tenggiri memang dikenal memiliki rasa yang dalam dan sangat enak. Oleh karena itulah banyak kuliner nusantara seperti pempek menggunakan jenis ikan tenggiri ini. Kerupuk ikan dibuat dengan menghaluskan bahan tambahan ikan, tentu selain bahan dasar utama tepung tapioka. Daging ikan yang dipilih haruslah dari ikan yang benar-benar segar tanpa cacat dan dengan bentuk tubuh sempurna agar bahan daging ikan benar-benar berkualitas baik.

Ikan Tenggiri

Dalam pembuatan kerupuk ikan tenggiri adalah menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utama. Ikan tenggiri adalah jenis ikan berkualitas dan harganya cukup mahal dibandingkan dengan jenis ikan laut lainnya. Tenggiri sebenarnya adalah sebutan untuk kelompok ikan dari marga Scomberomorus yang merupakan suku dari kelompok ikan scombridae. Kelompok ikan ini dikenal memiliki daging yang sangat enak sekali, beberapa kerabat dekat dari ikan tenggiri sangat terkenal sebagai jenis-jenis ikan terbaik dan paling banyak disukai diberbagai negara didunia. Jenis-jenis ikan seperti makarel, madidihang, tongkol, dan tuna adalah jenis-jenis ikan yang berkerabat dekat dengan ikan tenggiri serta dikenal sebagai ikan dengan daging paling enak. Tidak heran jika harganya adalah sangat mahal dan menjadi menu mahal diberbagai restoran kelas dunia.

PembuatanKerupuk Ikan Tenggiri”

Pembuatan kerupuk ikan tenggiri dimulai dengan mencampurkan tapung tapioka dengan daging ikan tenggiri yang sudah halus, semuanya diaduk rata lalu barulah di tambahkan beberapa bahan tambahan lainnya seperti bawang, suda kue, gula pasir, telur, dan ketumbar. Adonan yang sudah terbentuk kita aduk terus atau dalam bahasa kami kita uleni sampai adonan benar-benar bagus dan tidak lengket ditangan atau dalam istilah umumnya adonan kalis. Selanjutnya adonan ini kita kukus 120-180 menit, dan kita pastikan bahwa adonan yang kita kukus benar-benar telah matang. Adonan yang telah masak kia angkat lalu kita dinginkan, setalah dingin kita buat bentuk yang akan kita sesuaikan dengan irisan keripik. Kita iris adonan sesuai dengan keinginan kita dan kita jemur di sinar matahari yang kering. Penjemuran membutuhkan waktu yang relatif tergantung cuaca, yang jelas pastikan keurpuk benar-benar kering. Nah, kerupuk tenggiri siap kita goreng.

Yang Ini Lagi: Kerupuk Ikan Belida 21

Kerupuk Ikan Tenggiri Lampung

Kerupuk Ikan tenggiri produksi provinsi lampung ada beberapa jenis dan rata-rata adalah kerupuk ikan tenggiri bulat namun ada juga yang berbentuk bulat kecil seperti pilus. Untuk harganya setiap kemasan seberat 200 gram dijual dengan harga 20,000 sampai 30,000 rupiah sebagai oleh-oleh khas lampung. Jika anda ingin membeli kerupuk ikan tenggiri lampung anda bisa mengunjungi beberapa toko oleh-oleh khas lampung yang ada kota bandar lampung. Salah satu produsen yang memproduksi kerupuk ikan tenggiri adalah mekarsari bandar lampung yang poduknya bisa dengan mudah anda temui di beberapa toko di bandar lampung.

Order Online Kerupuk Ikan tenggiri lampung

Jika anda ingin membeli Kerupuk Ikan Tenggiri Lampung anda bisa memesannya disini 08971218773 kami akan melayani pembelian online dengan pengiriman via kurir seperti JNE yang menjangkau kesemua daerah di Indonesia. Selain kerupuk ikan tenggiri kami juga menjual berbagai macam kerupuk lainnya seperti kerupuk udang dan kerupuk cumi asli khas lampung.

Terimakasih, Selamat Berbelanja dan Tetap Cintai Produk Negeri Sendiri :)


Kerupuk Ikan Tenggiri Asli (@silvie)

Membahas soal kerupuk, siapa yang tidak kenal kerupuk ? kerupuk adalah makanan yang bisa menjangkau semua kalangan baik dari segi usia maupun faktor ekonomi. Bahkan menurut saya pribadi, rasanya tidak ada orang diindonesia yang belum pernah makan kerupuk. Meskipun  kerupuk yang  mereka makan belum tentu sama. Karena  setiap daerah di indonesia memiliki rasa dan ciri khas tersendiri.

Contohnya saja kerupuk ikan, kemplang khas Palembang, kerupuk udang dan kerupuk mlarat khas Cirebon, kerupuk tempe, kerupuk kuning, kerupuk mie, kerupuk pedas, kerupuk bawang, kerupuk muling khas Aceh, kerupuk jengkol dan banyak jenis kerupuk lainnya yang tersebar di Indonesia.

Di indonesia kerupuk mudah sekali ditemukan, bahkan di pelosok – pelosok daerah sekalipun. Kerupuk menjadi makanan yang merakyat, tersedia baik di warung kelontong, supermarket dan pasar-pasar tradisional. Kebiasaan makan kerupuk ini bahkan sudah ada sejak jaman dulu kala. Memang ada yang menyebutkan bahwa sejarah kerupuk awalnya adalah makanan orang miskin pengganti nasi, karna waktu itu mereka tidak bisa membeli beras. Akhirnya mereka membuat campuran makanan dari tepung dan air yang dikeringkan dan dimasak dengan cara disangrai dengan pasir halus. Tapi zaman sekarang kerupuk tidak lagi indetik dengan makanan orang miskin. Buktinya orang kaya pun banyak yang makan kerupuk.

Dan uniknya selain sebagai camilan, masyarakat indonesia juga menjadikan kerupuk sebagai makanan pendamping. Makan mie pakai kerupuk, makan lontong sayur ada kerupuk, makan nasi uduk ditambah kerupuk, makan nasi goreng kerupuk ngikut, sampai yang terakhir dan olahan kerupuk paling populer saat ini adalah seblak. Makanan seblak ini pertama kali populer di kota bandung, berbahan dasar kerupuk basah yang dimasak dengan bakso, sayuran dengan tambahan bumbu kencur. Meskipun bukan makanan utama, tapi sudah terbukti krupuk menjadi primadona di kuliner nusantara kita, karena banyak sekali menu kuliner yang dipadukan dengan kerupuk.

Mungkin dari puluhan atau bahkan ratusan jenis kerupuk tidak semua bahan dan rasanya sama, tergantung dari adat atau sejarah suatu daerah. Jadi kalau ditanya asal usul kerupuk pada awalnya, mungkin akan berbeda cerita disetiap tempat. Tapi yang perlu kita fahami bahwa semua keanekaragaman kuliner nusantara kita wajib kita tau dan lestarikan.

Dari rentetan beberapa nama kerupuk diatas, yang menjadi favorit saya adalah kerupuk ikan tenggiri. Awalnya saya bertanya-tanya kenapa ikan tenggiri yang digunakan untuk campuran bahan empek-empek, kerupuk, dan somay ? kenapa tidak ikan gurame, tongkol atau ikan bawal ?. Padahal harga ikan tenggiri jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan tersebut. Dan setelah bertanya dan mencari tahu kesana kemari di mbah Google dan para pembuat makanannya, Ternyata ikan tenggiri memiliki daging yang lembut dan tebal, ikan tenggiri juga memiliki tulang besar di tengah sehingga mudah memisahkan antara daging dan tulangnya. Masuk akal sih, karna saya pernah  mengolah daging ikan bandeng untuk memisahkan duri dan dagingnya saja butuh waktu seharian.

Kerupuk Ikan tenggiri
Ikan tenggiri juga merupakan kerabat dekat ikan makarel atau di indonesia biasa disebut ikan kembung, badannya tidak bersisik dan memiliki warna kulit yang ke abu-abuan dengan garis biru kehijauan di bagian atasnya. Tapi perbedaan mencolok antara ikan tenggiri dan ikan kembung terdapat pada moncongnya, ikan tenggiri yang merupakan ikan karnivora memiliki mulut yang lebih menonjol dengan gigi yang runcing. Selain itu biasanya ukuran ikan tenggiri lebih besar, warna kulitnya hitam keabu-abuan sedangkan ikan kembung memiliki kulit abu-abu yang lebih terang. Indonesia memiliki iklim tropis yang sangat disukai oleh ikan tenggiri, tak heran penyebaran ikan tenggiri hampir di seluruh kepulauan indonesia dari sabang sampai merauke. Selain itu karena populasinya yang banyak dan hampir merata, ikan tenggiri juga menjadi komoditas ekspor yang berpeluang tinggi untuk mensejahterakan para nelayan indonesia. 

Ikan tenggiri banyak mengandung gizi yang baik bagi tubuh seperti lemak, protein, omega 3, kolestrol dan zat besi. Akan tetapi pada proses pembuatan kerupuk , dari mulai membuat adonan, mengukus sampai menjemurnya terjadi banyak sekali pengurangan kandungan gizi akibat lama dan panjangnya proses pengolahan. Jadi mungkin yang tersisa hanya tinggal beberapa persen saja. Tapi setidaknya lebih baik daripada cuma makan lemak minyak goreng.

Ikan tenggiri juga memiliki aroma yang khas saat diolah sehingga membuat rasa dari kerupuk ikan tenggiri lebih pekat daripada kerupuk ikan lainnya. Meskipun memiliki nama yang sama, di pasaran ada beragam macam kerupuk ikan tenggiri, ada kerupuk ikan tenggiri yang berbentuk bulat, ada yang berbentuk bulat panjang dan  ada juga yang berbentuk lingkaran pipih. Semua tergantung pada produsen tempat pembuatannya. Ada banyak daerah yang penghasil kerupuk ikan tenggiri  seperti cilacap , palembang, mojokerto dan bangka. Kerupuk ikan tenggiri dari cilacap biasanya berbentuk bulat atau ada juga yang lonjong, warnanya putih kecoklatan. Sedangkan  Kerupuk ikan tenggiri yang paling terkenal berasal dari bangka dan palembang berbentuk bulat pipih dengan warna lebih terang.

Sebenarnya bahan – bahan untuk membuat kerupuk ikan tenggiri cukup sederhana, hanya dibutuhkan daging ikan tenggiri yang sudah dipisahkan dari tulangnya dan dihaluskan, tepung tapioka, bawang putih dan air. Ada juga yang menambahkan soda kue agar kerupuk lebih renyah saat digoreng. Campurkan semua bahan jadi satu dan uleni sampai kalis, bentuk adonan memanjang atau bulat sesuai selera, kemudian kukus sampai matang. Setelah matang iris  adonan yang berbentuk panjang dan jemur dibawah terik sinar matahari sampai kering. Setelah kering , goreng kerupuk ikan tenggiri dengan minyak panas dan banyak agar mengembang sempurna. 

Tapi kalau malas membuatnya sendiri,  kamu bisa membeli kerupuk ikan tenggiri di toko oleh-oleh khas palembang, atau toko kue kering yang menjual kerupuk ikan tenggiri yang berbentuk bulat. Untuk harga kerupuk ikan tenggiri khas bangka biasanya lebih mahal daripada kerupuk ikan tenggiri lainnya, atau dibandingkan dengan kerupuk ikan tenggiri yang dijual kiloan di toko-toko. Menurut saya pribadi , kerupuk ikan tenggiri khas bangka atau palembang memiliki tekstrur yang renyah tapi padat. Rasanya pun gurih dan fresh. Sedangkan kerupuk ikan tenggiri yang berbentuk bulat, teksturunya lebih garing tapi tidak padat, rasanya pun agak sedikit pahit. Mungkin ada sedikit perbedaan dalam bumbu dan cara memasaknya.  Tapi  bagaimanapun bentuknya kerupuk ikan tenggiri selalu digemari para pecinta kerupuk.

Macam-macam Kerupuk Ikan yang Recommended (donysetya)
 Kerupuk merupakan salah satu makanan yang tak bisa lepas dari masyarakat kita. Kerupuk bisa dibilang meurpakan pelengkap makanan. Kedudukannya bisa menjadi lauk namun bisa juga menjadi sebuah cemilan yang tak kalah nikmatnya. Kalo ditanya kapan kerupuk mulai tersebar maka akan susah menjelaskannya. Namun, yang pasti kerupuk sendiri telah melekat terhadap kebiasaan masyarakat. Bisa dibilang kerupuk telah menjadi bagian dari kehidupan dan kebudayaan masyarakat indonesia. Meskipun tak semua masyarakat menyukai kerupuk, namun sebagian besar sangat gemar dengan makanan ini.

Kerupuk Kemplang Ikan tenggiri
  Persebaran kerupuk sendiri bisa dibilang sangat luas, hampir tiap daerah ada kerupuk. Macam dan jenis kerupuk pun semkin banyak bermunculan. Setiap daerah juga mempunyai ciri khas kerupuknya masing-masing. Serta dengan bahan-bahan yang berbeda pula. Salah satu bahan yng terkenal adala ikan. Kita bahas beberapa kerupuk ikan yang harus kalian coba


1. Kerupuk Ikan Tengiri
Siapa yang tak kenal dengan nama ikan yang satu ini. ikan ini memang banyak digunakan sebagai bahan campuran berbagai masakan. Kita lebih menenak tengiri sebagai bahan utama untuk pembuatan pempek. Makanan yang terkenal di Palembang, namun kerupuk tengiri ini sendiri banyak yang bersal dari daerah palembang. Mungkin dikarenakan adonan dari kerupuk tengiri ini hampir mendekati adonan untuk pembuatan empek-empek. Sehingga cita rasa kerupuk dari ikan tengiri sangat enak. Bentuknya pun tidak pipih tipis, tapi lebih cinderung pipih tebal, dan terkadang juga berbentuk bulat. Banyak ragam yang bisa kita ketemukan dari krupuk ikan tengiri ini, namun soal rasa jangan diragukan lagi dijamin enak. Tapi pastikan dulu bahwa yang kalian beli benar-benar krupuk ikan tengiri. Terkadang ada penjual yang jahil dengan mengurangi jumlah ikan tengiri yang digunakan, jadi rasa ikan tengirinya hampir tak ada. Paling aman kalian bisa beli di sentra-sentra pembuatan kerupuk tengiri seperti di daerah Palembang, atau di daerah-daerah lain yang biasanya berdekatan dengan pesisir.

2. Kerupuk Ikan Gabus
Ikan gabus, ikan jenis ini jarang dimasak oleh masyarakat biasanya. Hanya daerah tertentu saja yang manjadikannya sebagai masakan khas seperti daerah Jakarta dengan gabus pocungnya. Salah satu hal yang menjadi kendala adalah banyaknya duri yang dimiliki oleh ikan yang satu ini, duri-duri kecil yang terkadang cukup mengganggu. Namun kini ada inovasi baru untuk hasil olahan ikan gabus yaitu kerupuk ikan gabus. Kerupuk ini masih jarang dikenal oleh masyarakat umum, dan industri pembuatannya pun asih jarang ditemui. Namun ada beberapa produsen krupuk ikan gabus yaang telah menjual hasil olahan mereja baik sejara offline melalui toko oleh-oleh, maupun melalui penjualan online. Banyak penjual yang biasanya berasal dari luar pulau jawa, seperti Kalimantan. Hal ini memng karena sumber ikan gabus masih banyak di derah Kalimantan.

3. Kerupuk Ikan Lele
Kerupuk ikan yang satu ini bisa dibilang merupakan kerupuk ikan jenis baru. Beberapa tahun terakhir para produsen kerupuk mulai melirik untuk menggunakan ikan lele sebagai salah satu bahan kerupuk. Soal rasa tak perlu dikhawatirkan lagi kita masih bisa menikmati cita rasa dari lele yang khas. Selain itu juga lele banyak mengandung kegunaan yang bagus buat kita. Jadi, bisa dibilang ini adalah sebuah cemilan yang menyehatkan. Pada awalnya kerupuk lele ini banyak di awali dari para peternak lele yang memiliki kelebihan stok ikan lele. Krupuk lele ini sendiri merupakan cara untuk mengurangi stok lele, selain itu juga sebagai sarana untuk menambah keanekaragaman jenis olahan dari ikan lele. Tak ada sentra pasti tentang penjualan krupuk lele ini karena memang tak terlalu banyak produsennya. Kebanyakan proses penjualan melalui jalan online.

4. Kerupuk Ikan Patin
Ikan patin banyak sekali dijadikan menu makanan yang sudah sering kita kenal. Selain itu ikan ini juga merupakan salah satu bahan utama untuk membuat masakan khas Palembang. Meskipun banyak yang menyenangi menu masakan olahan dari ikan patin, namun banyak juga masyarakah yang enggan untuk mengkonsumsi langsung ikan patin ini sendiri. Hal ini dikarenakan tekstur dari daging ikan patin yang terkesan lembek ketika dimasak baik direbus maupun di goreng. Sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengolah ikan patin mejadi sebuah kerupuk, dengan begini maka kita tidah perlu merasakan tekstur ikan patin yang lembek namun kita tetap dapat merasakan ikan patin itu sendiri. Sentra produsen pembuata kerupuk ikan patin ini pun juga banyak. Sebagian besar terdapat di kota palembang yang notabene adalah salah satu kota yang memanfaatkan ikan patin untuk mengolah beberapa menu masakan khas mereka.

5. Kerupuk Ikan Nila
Ikan nila goreng garing sudah biasa, bahkan terlalu biasa. Namun kali ini ada satu lagi olahan ikan nila yang pastinya akan menambah keanekaragaman hasil lahan ikan nila. Seperti diawal yng saya bilang bahwa ikan nila goreng sudah biasa, namun kalo kerupuk ikan nila tentunya belum terpikirkan. Tapi, peluang ini lah yng dilihat oleh beberapa produsen yang berhasil membuat kerupuk ikan nila ini sebaga salah satu produk olahan ikan nila. Kerupuk yang satu ini tak jauh beda dengan krupuk yang lain yang membedakan hanyalah rasa ikan nila yang dimiliki oleh kerupuk ini. Persebaran pembuatan ikan nila ini sudah banyak di berbagai daerah. Kelebihan kerupuk ini adalah warna putih yang di dapat adalah warna putih alami dari ikan nila itu sendiri, selain itu juga kerupuk ini tak memiliki bau amis seperti beberapa kerupuk yang lain. Selain dari warna dan bau kerupuk ikan nila ini juga memiliki kelebihan pada tahan keawetanya yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan kerupuuk yang lain.

6. Kerupuk Ikan Tongkol
Ikan yang satu ini memang bisa dibilang merupakan ikan yang istimewa. Kita sudah banyak mengenal olahan ikan yang satu ini. namun sapa sangka bahwa ikan tongkol pun bisa dijadikan sebuah kerupuk dan tak kalah nikmatnya jika dibaningkan dengan menu olahan yang lain. Tekstur dan warna yang dhasilkan akan terlihat keabu-abuan karena terpengaruh oleh warna daging ikan tongkol sendiri. namun soal rasa kita tak perlu untuk meragukannya sudah pasti juara

Itu tadi beberapa rekomendasi kerupuk ikan yang harus kalian coba dan tak boleh terlewat. Semoga bermanfaat
 

Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia