Keripik Singkong Balado Cap Salam

Twitter
Facebook
Keripik Salam Lampung
Keripik Salam Lampung
Kode Produk A64
Harga Produk Rp 26,000
Produksi Salam - Kota Bandar Lampung
Jenis & Rasa Keripik Singkong - Rasa Balado (Sambal Merah)
Tersedia Juga Keripik Salam Rasa Cabe Hijau
Berat Keripik 250 Gram dan 425 Gram
Stok Barang Ada
Pemesanan Produk Silahkan Hubungi
 


Pengiriman Keseluruh Indonesia

Keripik Singkong Balado Lampung - "Cap Salam"


Keripik Singkong

Keripik terutama “Keripik Singkong” adalah makanan ringan yang cukup merakyat di Indonesia dan dapat kita temui mulai dari keripik singkong yang dikemas bagus secara modern serta dipajang di etalase supermarket atau swalayan hingga keripik singkong tradisional yang dijajakan diwarung-warung.

Keripik Cap Salam - Keripik Balado Terlaris di Lampung
Keripik Salam
Keripik Salam Cabe Ijo @Efya

Ya, asalkan namanya “keripik singkong” mereka tetap 1 marga dari nenek moyang yang sama yaitu si Singkong :)

Keripik Singkong Cap Salam
Keripik singkong adalah jajanan yang terjangkau kantong karena bahan bakunya “singkong” termasuk bahan makanan yang sangat mudah untuk ditemukan serta harganya sangat murah-meriah.

Keripik Singkong Balado Cap Salam
Oleh karena itulah panganan yang berbahan dasar singkong biasanya harganya sangat-sangat bersahabat. Singkong sendiri adalah jenis umbi akar dari tanaman singkong atau ketela pohon atau ubi kayu, ya manalah terserah yang pasti itulah namanya.

Keripik Cap Salam
Keripik Cap Salam
Karena umbi akar singkong dibudidayakan secara stek batang dan sangat mudah sekali untuk tumbuh pada berbagai jenis lahan. Di provinsi kami “lampung”, yang memiliki tanah subur dengan tekstur tanah merah gembur sangat baik untuk tanaman singkong.

Keripik Cap Salam
Oleh karena itulah jika anda sampai di provinsi kami lampung melalui gerbang sumatera pelabuhan bakauheni yang akan anda jumpai sepanjang jalan salah satu diantaranya adalah tanaman singkong alias ketela pohon. Olahakan singkong ada banyak sekali jenisnya dan salah satu yang paling dikenal di lampung sebagai oleh-oleh adalah keripik singkong balado cap salam keripik singkong dengan sambal khas balado dengan rasa yang super enak. Dijamin:)

Keripik Singkong yang ini Mak Nyos: Keripik Sanjai Dewi - Produk Asli Lampung


Pada umunya keripik singkong adalah olahan yang tidak memiliki harga jual tinggi, namun karena memiliki rasa yang nikmat olahan keripik singkong seperti keripik singkong cap salam ini bisa menjadi makanan yang khas dengan harga yang bersaing. Keripik singkong dibuat dengan mengiris tipis singkong kearah membujur sehingga didapatkan bentuk bulat, menggorengnya kedalam minyak, dan membumbuinya dengan berbagai bumbu yang dikehendaki termasuk sambal balado yang khas.

Lihat Juga Yang Ini: Keripik Pisang Suseno Asli Lampung | Dijamin Enaknya

Keripik Singkong Balado

“Keripik balado” tentu sangat berhubungan dengan sambal balado yang menjadi bahan utama pelengkap keripik singkong balado. Keripik balado sendiri sebenarnya alah keripik olahan yang terkenal si minangkabau dan bagian dari keripik sanjai. Keripik singkong balado adalah salah satu keripik sanjai yang terkenal dan saat ini banyak sekali penyukanya karena rasanya yang pedas manis dari sambal balado serta sangat cocok di lidah kebanyakan orang. Balado sendiri sebenarnya adalah teknik memasak bumbu/sambal khas minang dan saat ini sudah dipakai sebagai sebutan untuk sambal pedas termasuk keripik singkong balado ini.
Keripik Salam
Keripik Salam Cabe Ijo @Efya


Keripik Balado Lampung “ Cap Salam”

Keripik singkong balado cap salam adalah jenis keripik singkong balado yang di produksi di Lampung, dan saat ini menjadi salah satu keripik singkong paling dikenal di Lampung. Keripik singkong ekstra pedas dengan rasa lezat nan gurih ini banyak sekali penikmat setianya, bahkan tidak sedikit yang membawanya sebagai oleh-oleh khas dari Lampung. Selain itu keripik singkong cap salam juga sudah mulai dijual di luar lampung karena namanya yang sudah dikenal dengan produk yang cukup berkualitas. Khusus Keripik Singkong Balado Cap Salam ini memiliki Sensasi rasa pedas dan manis menjadikan kombinasi yang pas bagi anda semua pencinta makanan pedas, khususnya keripik singkong. Selain itu sambal balado dari keripik singkong cap salam ini dapat dinikmati semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa.

Lah yang Ini BelumKeripik Aneka Yen-Yen - Pernah Coba Belum?

Komposisi pembuatan “Keripik Singkong Balado Cap Salam” adalah: Singkong Pilihan, Minyak Goreng, Garam, Cabai, Berbagai Bumbu Balado. Serta dijamin aman karena telah terverifikasi oleh dinas kesehatan karena sudah memiliki izin pangan industri rumah tangga (P.IRT No.215187106350). Jadi jangan ragu untuk mencicipi keripik singkong balado cap salam khas dari lampung ya :)
Sambalnya sendiri ada 2 jenis yaitu sambal cap salam hijau, dan sambal merah, sedangkan untuk kemasan seperti halnya keripik singkong pada umumnya dengan plastik foodgrade. Kemasan keripik singkong salam adalah 250 gram dan 425 gram, silahkan sesuaikan dengan keingingan anda sebelum membeli.

Beli Oleh-Oleh Keripik Singkong “Cap Salam”

Keripik Singkong Cap Salam banyak dijajakan di toko oleh-oleh makanan khas lampung di kota bandar lampung, oleh karena itu jika anda ingin membeli keripik singkong cap salam ini anda bisa langsung mendatangi berbagai toko oleh-oleh lampung. Jika anda ingin membelinya secara online karena tidak berada di Bandar Lampung, anda bisa membelinya di website toko online kami ini. Silahkan hubungi kontak person kami di 08971218773, fast respon call. Bisa juga via Wa, Line, atau SMS, beritahukan banyak pesanan, serta nama dan alamat lengkap kami akan segera memproses pesanan “keripik singkong balado cap salam” anda.
Terimakasih Salam Kuliner Indonesia, Salam Kuliner Lampung “Keripik Cap Salam” ! 

Pembahasan Lengkap Mengenai ”Sambal  Balado” (donysetya)
Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam, makanan ini pasti banyak yang mengenal dan menyukai. Makanan yang di penuhi dengan cita rasa pedas yang sangat tajam. Meskipun makanan yang satu ini memiliki rasa yang sangat pedas namun tidak mengurangi banyaknya orang yang sangat menyukai masakan yang satu ini. Masakan ini sendiri pada dasarnya berasal dari Pulau Sumatra. Kata Balado sendiri disini merujuk pada tekhnik memasak yang khas dari Minangkabau. Dengan perkembangannya yang semakin besar, maka banyak sekali macam dan jenis dari Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam. Hampir bisa dibilang setiap hari akan ada jenis masakan dari Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam yang baru dan menambah banyaknya jenis Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam. Tekhnik pemasakan sambel ini berbeda dengan tekhnik pemasakan sambal yang lain. Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam ini mengalami proses pemasakan sebanyak dua kali. Proses yang pertama ada pemasakan sambal itu sendiri, sedang yang kedua adalah proses pemasakan kembali sambal tersebut dengan bahan-bahan tertentu. Nah itu tadi klise mengenai Balado. 

1. Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam dan Sambal Biasa
Mari kita menilik beberapa perbedaan mengenai Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam dengan beberapa sambal yang lain yang sudah umum kita kenal. Sambal biasa yang kita kenal biasanya hanya diperuntukan sebagai pelengkap, yang mana hanya pas atau sesuai dengan masakan atau makanan tertentu. Misal sambel trasi, sambel matah, sambel bawang dan sambel semacamnya. Namun, disinilah perbedaannyasambel balado sendiri tidak ditujukan untuk menjadi pelengkap. Sambel yang satu ini ditujukan untuk menjadi masakan itu sendiri, walaupun sambel ini akan berdiri sendiri namun ia tak akan berkurang bobotnya. Selain fungsinya yang sebagai pelengkap sambel biasa tak memiliki banyak fungsi seperti Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam. Fungsi yang dimiliki Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam cukup beragam ia bisa menjadi sebuah kuah dari masakan apabila jumlah sambelnya lebih banyak. Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam juga bisa menjadi tambahan dalam masakan, dengan tujuan untuk menambah cita rasa pedas saja.

Keripik Balado Lampung
   
2. Bumbu dan Pembuatan
Satu hal yang tak jauh beda antara Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam dan sambal biasa, yaitu penggunaan cabai dan tomat. Meskipun jenis yang digunakan merupakan sebuah jenis yang berbeda. Pada sambel biasa akan lebih banyak kita temukan penggunaan cabe kriting uuntuk mendapatkan cita rasa pedasnya. Sedangkan pada Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam kita cenderung menggunakkan cabe dengan ukuran yang lebih besar. Selebihnya dalam hal cara pembuatan juga tak jauh beda, kita bisa mengulek di cobek atau menggunakan blender. Tapi jika memiliki tenaga yang berlebih sebaiknya gunakan cobek untuk mengulek. Sebenarnya hanya sugesti aja, namun dengan mengulek citarasa akan sedikit berbeda dengan menggunakan blender. Selain itu juga tekstur yang akan kita dapat juga berbeda. Pada blender kita akan mendapatkan tekstur yang lebih halus dengan sedikit berair, sedangkan menggunakan ulekan kita akan mendapatkan tekstur yang lebih kasar namun lebih kesat karena tak membutuhkan air. Untuk mengurangi rasa pedas pada Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam sendiri kita tak perlu mengurangi jumlah cabai yang akan kita gunakan. Namun, kita bisa membuang biji cabai tersebut dan menambahkan gula. Satu hal lagi yang sangat membedakan Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam dengan sambal lain adalah penggunaan air perasan jeruk nipis. Penggunaan air ini sendiri bertujuan untuk memberikan rasa masam dan segar pada sambal. Gunakan air perasan jeruk nipis jangan gunakan air cuka karena keasaman dan kesegarannya akan sangat berbeda jauh. Proses selanjutnya adalah setelah bumbu sambel mentah dihaluskan kemudian di goreng hingga matang. Pada proses ini bisa dibilang Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam telah matang, namun jika akan dibuat menjadi masakan yang lain maka proses ini baru setengahnya saja. Pembuatan Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam kini tak hanya terbatas pada penggunaan cabai merah saja, banyak sekarang kita temukan balado yang mengunakan cabai ijo. Penggunaan cabai ijo ini sendiri tak mengurang rasa pedasnya yang khas dan cara pemasakannya yang juga khusus. Proses pemasakan Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam baik cabai ijo maupun merah masih sama saja.

3. Jenis-jenis Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam
Jika kita berbicara mengenai jenis-jenis Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam maka tak bisa dipungkiri bahwa dari banyaknya jenis, Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam masih kalah dengan macam-macam sambal yang lain. Hal ini dikarenakan sebenarnya yang bermacam-macam jenis bukanlah Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salamnya, tetapi yang memiliki banyak jenis adalah hasil dari pengolahan Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam. Kata balado yang sering dipakai pada suatu masakan itu bertujuan untuk menunjukan bahwa masakan tersebut dimasakan dengan cara balado. Sebenarnya dengan ini semakin menunjukan bahwa Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam adalah sambal yang multi purpose atau memiliki banya kegunaan. Kita bisa mencampur Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam dengan berbagai macam jenis bahan makanan. Mulai dari ayam, daging, telur, jengkol, tahu, kentang dan masih banyak lagi. Jadi jika kita menyebutnya sebagai jenis Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam mungkin agak kurang tepat, karena itu tadi hal tersebut hanya pelebaran dari penggunaan Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam sendiri.

Selain digunakan menjadi bentuk masakan maka penggunaan Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam ini juga merambah ke jenis bahan lain. Hal pertama yang dapat kita liat adalah penggunaan Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam sebagai bahan pelengkap untuk pembuatan keripik singkong. Kita semua pasti tau akan hal ini keripik singkong sambel balado yang terkenal. 

4. Penyebaran
Pada awalnya memang Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam hanya dimiliki oleh masyarakat di Pulau Sumatra khususnya masyarakat adat Minangkabau. Namun, seirn perkembangan yang semakin maju makan samabal ini pun telah menyebar keluar daerah Sumatra. Sekarang Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam dapat kita temui di berbagai daerah dan berbagai kota. Meskipun tekhnik pengolahan dan bahan yang digunakan mengalami banyak perubahan dan penyesuaian dengan selera masyarakat sekitar. Namun, secara garis besar perubahan ini tak merubah cara pemasakan sambel balado itu sendiri. Kalau dipertanyakan siapa yang membawa dan menyebarkan Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam keluar daerah Sumatra maka akan susah unuk menjabarkannya. Bisa saja persebaran ini dimulai dari penduduk asli Sumatra yang pergi ke luar Pulau Sumatra, atau para pendatang yang kembali dari merantau di Pulau Sumatra. Semua alasan penyebaran adalah sah, karena kini Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam bukan hanya milik penduduk Sumatra secara khusus.

Itu tadi beberapa hal mengenai Sambal Sambal Keripik Balado Cap Salam yang mungkin perlu untuk diketahui, sekdar menambah informasi kita aja. Semoga bermanfaat

Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia