Jual Bakso Sony Lampung SON HAJI

Twitter
Facebook
Bakso Sony
Bakso Sony @adie
Kode Produk A68 (bakso kecil)
Harga Bakso Rp 85,000
 Keunggulan
  • Bakso Legendaris di Lampung, dibuat dari Daging Sapi Kualitas Terbaik 
  • Hanya mengunakan daging urat pilihan
  • Memiliki rumah potong sendiri
  • Dijamin higienis tanpa bahan pengawet
  • Label halal dan Izin dari MUI
  • Teruji Rasanya, Cabang ada 17 di Bandar Lampung belum lagi yang diluar Provinsi
Masyarakat Lampung Pasti Tahu yang Namanya "Bakso Sony atau Son Haji Sony"
Produsen Bakso Bakso Sony/Son Haji Sony Asli Bandar Lampung
Berat Paket 1/2 Kg
Stok Bakso Ada
Bakso Sony
Bakso Sony Beku - Siap Kirim
Untuk Memesan Bakso Sony Beku, Silahkan Hubungi admin: 



Bakso Besar Juga Ada (50pcs/1kg)
Tambah Bumbu Bakso: 10,000
Sedia Juga: Pempek Sony, Bakso Ikan, dan Rolade
Pengiriman Keseluruh Indonesia via JNE Yes

Bakso Sony/Son Haji Sony - Asli Bandar Lampung


Bakso adalah makanan yang populer di Indonesia termasuk di provinsi kami “lampung”, dan salah satu bakso paling di kenal di Lampung khususnya Kota Bandar Lampung adalah “ Bakso Sony” yang saat ini memiliki banyak sekali cabang di Kota Tapis Berseri. 
Bakso Sony Beku - doc. pribadi

Jika anda berkunjung ke Bandar Lampung dan bertanya salah satu wisata kuliner, pasti yang kami rekomendasikan adalah bakso sony atau bakso son haji sony ini. Dari segi rasa tentu sudah sangat teruji karena hampir disemua outlet bakso sony selalu penuh setiap harinya baik oleh masyarakat bandar lampung sendiri maupun berbagai wisatawan yang kebetulan singgah di Bandar Lampung. Nah, itulah sedikit informasi tentang “bakso sony lampung” yang menjadi salah satu pilihan wisata kuliner di kota bandar lampung, selanjutnya kita akan bahas secara detail mengenai bakso secara umum dan bakso sony lampung secara khusus. Silahkan Disimak..,
 
Pempek Sony - doc. pribadi

 Sekilas Tentang Asal Muasal “Bakso”

pempek sony lampung - doc. pribadi
Tahukan anda bahwa asal kata “bakso” berasal dari bahasa Tionghoa Hokkien?
Kata “bakso” dalam bahasa indonesia relatif tidak berubah dari asal suku katanya dalam bahasa cina yaitu Bak-So. Dalam bahasa hokkien Bak-So memiliki makna sebagai daging yang digiling, oleh karena itu Bakso adalah makanan yang berasal dari gilingan daging. Bisa dikatakan bahwa makanan bakso sebenarnya asal mulanya berasal dari negara tirai bambu sana, meskipun bakso di negara kita ralatif berbeda dengan bakso asli tiongkok.

bakso sony beku - doc. pribadi
 Bakso di negara kita sudah mengalami perubahan atau modifikasi dimana penggunaan kuah menjadi hal utama dan sangat penting karena selera makan masyarakat kita kebanyakan adalah menyukai kuah, oleh karena itulah kuah bakso dinegara kita jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kuah bakso cina. Selain dalam hal penyajian, penggunaan bahan baku juga berbeda dimana dinegara asalnya bakso biasa dibuat dari daging babi sedangkan di negara kita biasa dibuat dari daging sapi. Ya, tentu saja kita tahu mengapa demikian.. karena penduduk mayoritas kita adalah muslim sehingga perlu adanya penyesuaian dari bahan baku yang digunakan untuk membuat bakso.

paket bakso sony - doc. pribadi
Nah, perbedaan terakhir dan paling mencolok adalah dari segi bentuk dimana bakso yang kita kenal dalah benar-benar bulat, namun dinegara asalanya sana bakso dibuat tidak benar-benar bulat. Saya tidak tahu mengapa demikian, mungkin orang-orang indonesia pertama yang membuat bakso melakukan modifikasi menjadi bentuk bulat sehingga menjadikan tempilan bakso lebih menarik. Ya kalau kita pikir dengan bentuknya yang bulat bakso memang sangat berbeda dan bisa dibilang khas jika dibandingkan dengan jenis kuliner lainnya.

Bakso di Indonesia


Bakso di Indonesia menjadi salah satu kuliner paling memasyarakat dan dikenal luas luas dari sabang sampai merauke, mulai dari pedagang keliling yang menjajakan bakso dengan gerobak dorong, kedai pinggir jalan, hingga diresto-resto mewah. Hal ini memberitahukan kepada kita bahwa bakso sangat kental sekali dengan lidah orang-orang kita, tidak mengenal strata dan tingkat ekonomi semuanya menyukai si Bakso. Nah, meskipun bakso saat ini dapat ditemukan di penjuru negeri apakah anda tahu bahwa sebagian besar bakso dibawa dan dipopulerkan oleh orang-orang Jawa seperti daerah Solo, Wonogiri, Malang serta daerah-daerah lainnya? Bakso kebanyakan memang dipopulerkan oleh orang-orang Jawa dari didaerah-daerah tersebut yang seiring dengan perluasan penduduk seperti transmigrasi.

Warung Makan Bakso Sony (Pusat)
Warung Makan Bakso Sony (Pusat)


Jika kita lihat kebanyakan bakso yang populer di kota-kota besar di Indonesia berasal dari daerah-daerah Jawa seperti Malang atau Solo, termasuk bakso Sony di Lampung yang juga berasal dari Daerah Jawa. Kepopuleran bakso ini bisa dikatakan tidak mengenal usia karena bakso adalah makanan yang dapat dinikmati oleh semua umur mulai anak-anak hingga dewasa. Mungkin hal ini juga yang membuat bakso menjadi sangat populer karena dapat menjangkau semua orang tidak terpaku pada rentang umur tertentu. Saya sendiri dari kecil sudah makan yang namanya bakso, sampai sekarangpun bakso masih menjadi kuliner pilihan dan tidak pernah bosan apalagi dengan bakso yang benar-benar enak seperti bakso sony lampung. Bakso sony masih menjadi bakso pilihan nomor satu saat berada di Kota Bandar Lampung dan tidak bisa berpindah kelain hati. Nah, saat pulang kampung ke lampung timur untuk menyantap bakso saya lebih memilih bakso wonogiri yang notabe rasanya juga enak.

Penyajian Bakso


Secara umum bakso disajikan dengan kuah didalam mangkuk berukuran sedang dengan berbagai campuran tergantung jenis bakso yang dihidangkan. Secara umum campuran utama dalam semangkuk bakso adalah bihun, mie kuning, toge, ditambah dengan irisan daging seledri, kemudian dilengkapi dengah kecap, saus dan juga sambal. Selain itu ada juga bakso lain yang juga ditambah dengan telur bulat matang atau setengah matang, kerupuk atau pangsit goreng, dan juga tahu kemudian dengan pelengkap bawang goreng. Dalam penyajian bisa berbeda-beda namun secara umum campuran utamanya adalah sama tergantung dari resep jenis bakso yang akan disajikan. Bakso selalu disajikan dengan kuah panas dimana kuah selalu dipanaskan dengan api kecil, oleh karena itulah pedagan bakso selalu menjaga nyala api walaupun harus menggunakan gerobak dorong.

Bakso Sony
Bakso Sony - Kentara Teksturnya
  Pembuatan Bakso

Bakso secara umum dibuat dari daging sapi, namun ada juga yang menggunakan berbagai jenis bahan atau daging lainnya seperti daging udang, daging ayam, daging ikan atau perpaduannya dengan daging sapi. Kita tahu bahwa harga daging sapi relatif mahal apalagi untuk bagian-bagian tertentu, oleh karena itulah biasanya disiasati dengan campuran daging-daging lainnya. Untuk pedagang bakso keliling biasanya memang tidak menggunakan 100% daging sapi, ataupun jika menggunakan daging sapi penuh disiasati dengan ukuran yang lebih kecil atau komposisi tapioka lebih banyak karena biasanya dijual dengan harga yang relatif murah.

Lihat Juga:
Pembuatan bakso dilakukan dengan menyiapkan berbagai bahan pembuatan bakso seperti daging sapi halus, tepung tepung tapioka, bawang merah, bawang putih, merica, garam, serta penyedap rasa. Semua bahan tersebut dicampur dijadikan satu dan diuleni hingga halus atau bisa juga menggunakan food processor. Kemudian jika adonan sudah jadi tahap selanjutnya adalah membentuk bakso dimana dalam membentuk bakso menjadi bentuk bulat bisa dilakukan secara manual dengan tangan, bisa juga dengan bantuan mesin pembuat bakso. Cara manual bisa dilakukan dengan menggenggam bakso dengan telapak tangan hingga keluar diantara jari telunjuk dan jempol tangan, sesuaikan ritme agar bentuk dan ukuran yang dihasilkan bisa baik. Bakso yang sudah jadi menjadi bulatan-bulatan dimasak dalam air panas hingga bakso-bakso tersebut mengapung, kemudian ditiriskan. Nah bakso yang sudah jadi dan siap untuk disantap, dihangatkan, atau diawetkan dalam lemari es. Enak tidaknya bakso serta teksturnya sangat ditentukan dari komposisi bahan terutama tepung tapioka dan daging bakso yang digunakan, oleh karena itulah seorang pembuat bakso yang baik sudah sangat mengerti berapa takaran yang pas untuk menghasilkan rasa dan tekstur tertentu.

Bakso Sony
Bakso Sony Siap Santap


Macam-Macam Bakso


Seperti yang kita tahu bahwa selain dengan daging sapi, bakso juga dibuat dari berbagai jenis bahan atau daging lainnya yaitu udang, daging ayam, atau daging ikan serta perpaduan dengan daging sapi. Selain murni untuk bakso kuah, bulatan bakso juga biasa dijadikan sebagai pelengkap berbagai masakan seperti cap cai, nasi goreng,  dan mie goreng, oleh karena itu bakso dari daging ikan, udang, serta ayam memiliki tektur yang lebih lembut sehingga sangat cocok. Selain bakso udang, bakso ikan, dan bakso daging ayam, yang merupakan jenis bakso dari bahan penggunaan pembuatan dikenal juga berbagai jenis bakso lainnya seperti dari ukuran, cara pembuatan, dan asal daerah yaitu:  bakso tenis, nah bakso yang relatif banyak ditemukan diberbagai derah dengan ukurannya yang khas besar menyerupai bola tenis dan biasanya berisi telur ayam rebus.

Selain bakso tenis ada bakso urat yang juga sangat dikenal karena tektur dan rasanya sangat gurih, dimana hanya menggunakan daging urat atau tendon daging sapi sehingga lebih renyah dan terasa gurih. Bakso Bakar,  bakso yang disajikan dengan cara dibakar yang sebelumnya diolesi bumbu seperti halnya ayam bakar atau ikan bakar. Batagor atau bakso tahu goreng, banyak ditemukan di jawa barat dan menyebar keberbagai daerah di Indonesia yang dibuat dengan cara digoreng diris dan dipadukan dengan tahu. Bakso unyil, bakso dengan ciri khas ukurannya yang sangat kecil dan di kota kami bandar lampung juga banyak yang menjual bakso ini. Bakso balungan, bakso yang bahan dasarnya adalah balung atau tulang, biasanya berasal dari sisa pemotongan daging. Bakso keju, yang berisi keju didalam baksonya dan saya sendiri belum pernah mencicinya. Bakso karimun, bakso yang dibuat dari ikan ekor kuning sehingga dikenal juga dengan bakso ekor kuning. Bakso malang, di daerah saya juga banyak sekali penjualnya terutama penjual keliling, bakso yang khas dan berbeda karena disajikan dengan tahu, siomay, dan pangsit goreng, kadang ada telur rebusnya juga. Nah, yang terakhir adalah bakso solo atau wonogiri, jika anda tahu bakso lapangan senayan yang sangat terkenal itulah bakso solo atau wonogiri dengan cita rasa daging sapi yang sangan kental.

Bakso Sony
Warung Makan Bakso Sony (Pusat)

Daging Sapi (Beef)


Didalam pembuatan bakso, “daging sapi” menjadi penentu mutu atau kualitas, serta rasa dari bakso, Oleh karena itulah sedikit kita ulas mengenai daging sapi ini. Daging sapi atau yang dalam bahasa ingris dengan nama beef adalah jenis daging berkualitas yang sangat penting dalam industri kuliner dan menjadi salah satu konsumsi utama masyarakat dunia. Nah, uniknya daging sapi ini memiliki karakteristik yang khas pada setiap bagiannya sehingga di dalam dunia kuliner setiap bagian memiliki nama tersendiri seperti iga luar, has luar, has dalam, has bawah, sengkel, sandung lamur, paha dan lain-lain. Setiap bagian tersebut memiliki kandungan lemak, daging, serta urat atau tendon yang berbeda-beda sehingga untuk membuat makanan tertentu dari bahan daging sapi digunakan juga bagian daging tertentu. Katakanlah dalam pembuatan bakso urat yang hanya menggunakan bagian-bagian yang memiliki urat paling banyak sehingga bakso bisa kres dan enak. Daging sapi banyak dijual belikan dipasar-pasar dengan harga yang relatif tinggi jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Ada pula jenis daging giling yang dijual di berbagai toko modern atau swalayan dengan berbagai harga, nah harga ini ditentukan dari jenis bagian diatas dan kadang ada juga yang dicampur dengan bagian yang nilai kulitas daging yang rendah. Untuk membuat bakso sendiri atau dirumah kita biasanya membeli daging dipasar datau swalayan, oleh karena itu kita harus benar-benar cermat. Tentu dari segi kualitas daging dan tidak mungkin daging sapi tidak sesui dengan harapan karena saat ini marak daging sapi gelonggongan, dioplos dengan daging lain, atau mengandung bahan kimia berbahaya. Pilih daging sapi yang masih benar-benar segar yang ditandai dengan warna merah yang cerah dan kadang ada sisa darah yang masih segar. Perhatikan juga dengan tekstur daging, daging sapi yang baik adalah kencang dengan urat yang terlihat jelas karena urat atau otot sapi sangat besar dan banyak. Daging sapi yang tidak baik bahkan mengandung bahan kimia biasanya cenderung pucat dan bahkan bisa lebih keras dari tekstur daging umumnya, selain itu untuk jenis daging gelonggongan cendrung basah serta mengandung banyak sekali air. Cermati dengan seksama sebelum membeli dan tanyakan kepada penjual mengenai daging tersebut.


Kandungan dan Manfaat Daging Sapi / Bakso


Dalam pembuatan “bakso” yang sebagian besar menggunakan daging sapi tentu bermanfaat dari segi pemenuhan gizi kita. Kita tentu tahu 4 sehat 5 sempurna, dimana daging sangat kita perlukan untuk tubuh kita dan tanpa mengkonsumsi daging pemenuhan gizi kita tidaklah lengkap. Oleh karena itu kita sedikit ulas mengenai kandungan serta manfaat dari daging sapi yang menjadi informasi pending bagi kita semua. Tidak semua kandungan kita bahas, namun hanya beberapa kandungan penting dari daging sapi yang perlu kita tahu. Yang pertama adalah tentu saja adalah protein, dimana daging sapi adalah sumber protein hewani yang sangat baik untuk pemenuhan protein bagi tubuh kita. Saya tidak bisa menemukan berapa persen kandungan protein dalam daging sapi, yang jelas setiap daging memiliki kandungan protein yang tinggi. Perlu kita ketahui bahwa protein didalam tubuh kita berfungsi untuk regenerasi sel dan hampir semua proses metabolisme tubuh membutuhkan protein oleh sebab itu protein sangat penting bagi tubuh kita.

Kandungan penting selanjutnya adalah lemak serta asam lemak seperti omega 3, lemak didalam tubuh juga berfungsi penting didalam proses metabolik tubuh atau pembakaran, lemak berfungsi sebagai sumber energi cadangan saat tubuh memerlukan energi. Asam lemak juga berfungsi penting didalam metabolisme tubuh dalam sistem kerja seperti pada jaringan otak. Nah, daging sapi yang diolah menjadi bakso tentu memiliki kandungan yang berbeda dari kandungan daging awal atau daging segar oleh karena itu saya mencari informasi yang berasal dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). LIPI  dalam sebuah studinya menginformasikan bahwa bakso sapi mengandung protein sebanyak 62,52% karbohidrat yang berasal dari tepung tapioka sebanyak 21,30%, lemak 6,22%, serta NaCl dari garam dapur sebesar 7,41%. Ini adalah beberapa kandungan daging sapi yang telah diolah menjadi hidangan kuliner bakso, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wisata Kuliner Lampung – Bakso Salah Satunya?


Jika anda berkunjung ke Lampung khususnya di kota Bandar Lampung dan ingin mencicipi kuliner khas lampung rasanya lebih sulit jika kita bandingkan dengan daerah lainnya. Jika kita lihat kuliner di Kota Bandar Lampung khususnya masih didominasi oleh kuliner-kuliner dari daerah lainnya atau kuliner modern seperti rumah makan padang, sate padang, sate madura, ketoprak, batagor, pempek, bakso, mie ayam,  dan lain-lain. Namun jika anda ingin mencicipi kuliner masakan lampung seperti seruit dan tempoyak, gulai taboh, pindang patin dan baung, dan lain-lain anda bisa berkunjung di rumah makan Cikwo khas lampung. Anda bisa search via google map, letaknya dipusat kota namun sedikit masuk kedalam. Atau anda bisa mengunjungi beberapa rumah makan palembang seperti rumah makan ria yang terletak disekitar lapangan enggal pahoman yang kulinernya beberapa hampir sama dengan kuliner khas lampung karena memang budaya anatara pelambang dan lampung termasuk budaya kuliner masih serumpun. Nah, itulah beberapa referensi yang bisa menjadi masukan bagi anda jika berkunjung ke Lampung. Untuk urusan kuliner secara umum ternyata masyarakat bandar lampung yang bisa dikatakan memang heterogen maupun luar daerah masih lebih dominan memilih kuliner umum seperti bakso, hal ini dapat kita lihat dari banyaknya penjual bakso serta bakso sony  yang paling dikenal dilampung tidak pernah surut akan pembeli. Bahkan, saat ini rumah makan bakso sony sudah memiliki sedikitnya 17 cabang yang tersebar diberbagai lokasi di Kota Bandar Lampung. Selain itu bakso yang satu ini brand-nya sudah sangat dikenal, bahkan sudah menjadi referensi kuliner bagi banyak orang yang berkunjung ke lampung khususnya kota bandar lampung.


Bakso Sony Lampung / Bakso Son Haji Sony


Bakso Sony yang sangat terkenal dibandar lampung didirikan oleh perantau asal pulau jawa lebih tepatnya nganjuk, jawa timur “Son Haji Sony”. Perantau yang sukses dengan usaha baksonya di Bandar Lampung ini bisa menjadi teladan bagi kita yang ingin menekuni dunia bisnis dari nol terutama bisnis kuliner, karena Bapak Son Haji Sony mengawali usaha benar-benar dari nol. Beliau sebelumnya adalah seorang karyawan bakso yang harus mendorong gerobak bakso seperti halnya dengan para penjual bakso pada umumnya (1978-1979). Kemudian beliau mulai berani membuka usaha bakso setelah memiliki modal, dan membuka didepan masjid Al-Abror. Seiring berjalannya waktu sembari terus mengembangkan resepnya usaha Bakso Sony terus berkembang dan saat ini telah sukses dan menjadi bakso paling dikenal di Lampung. Saat ini dibandar lampung saja sudah ada 17 cabangnya, berikut adalah beberapa cabang bakso sony yang ada dikota bandar lampung:

  • Bakso Sony Jl. Wolter Mongonsidi (Pusat)
  • Bakso Sony Jl. Cut Nyak Dien, Palapa
  • Bakso Sony Jl. Cut Nyak Dien, Kaliawi
  • Bakso Sony Jl. Bambu Kuning, TKP
  • Bakso Sony Jl. Cik Ditiro, Kemiling
  • Bakso Sony Jl. Soemantri Brojonegoro (Jalur 2 Universitas Lampung)
  • Bakso Sony Jl. ZA. Pagar Alam (Disamping Universitas Bandar Lampung)
  • Bakso Sony Jl. Pemuda (Letaknya Didepan Candra Store)
  • Bakso Sony Jl. Gajahmada (Letaknya Didepan RS Graha Husada)
  • Bakso Sony Jl. Jl. Pangeran Antasari (Jalur 2 Arah ke Kali Balau)
  • Bakso Sony Jl. RE Martadinata
  • Bakso Sony Jl. Raden Intan
  • Bakso Sony Jl. Endro Suratmin, Sukarame
  • Bakso Sony Jl. Ratu Dibalau, Way Kandis
  • Bakso Sony Jl. Gunung Rajabaa, Way halim
  • Bakso Sony Jl. Yos Sudarso, Panjang
  • Bakso Sony Jl. Wolter Mongonsidi

Anda bisa mengunjungi salah satu warung makan bakso sony diatas jika anda sedang berada di Kota Bandar Lampung dan anda tidak akan kesulitan jika anda mencarinya, anda sukup bertanya jika tidak menemukannya karena hampir semua orang di Bandar Lampung familiar denga bakso sony. Bahkan diberbagai kota di Indonesia saat ini sudah banyak cabang dari Bakso Sony ini karena saat ini bakso sony telah melebarkan sayapnya ke Pulau Jawa dan Berbagai Kota di Sumatera.

Bakso Sony Memang Beda, Aman dan Rasanya “Kress” Berasa Banget


Bakso sony menggunakan daging sapi pilihan berurat jadi kelihat sekali dari tektsur yang tidak halus malainkan kasar dan sangat “kresss” saat kita gigit. Pengolahan daging juga dilakukan oleh karyawan sendiri karena bakso son haji sony juga memiliki rumah pemotongan sapi sendiri. Semuanya masih sangat fresh hal ini bisa anda lihat di pusat bakso sony Jl. Wolter Mongonsidi yang juga menjual berbagai jenis daging segar. Jadi anda tidak perlu ragu untuk menyantap bakso sony lampung karena bebas bahan pengawet dan jelas bebas bahan kimia berbahaya seperti borak atau formalin. Selain itu anda juga tidak perlu ragu jika saat ini banyak penjual bakso yang mengoplosnya dengan daging lain semisal beberapa bakso babi di Kota Metro yang belum lama ini ditemukan. Bakso sony bersertifikat Halal dari MUI (No. 02160008340415), jadi insyaalloh halal 100%. 

“Sensasi makan bakso sony memang beda” ini beberapa pendapat beberapa pengunjung yang baru pertama kali mencicipi bakso sony. Rasa kress dari daging dengan sensasi kentalnya daging sapi menyeruak saat kita mennggigit bakso sony ini. Kami jamin bakso sony berbeda dan salah satu yang paling enak di Lampung, ya soalnya saya belum banyak mencicipi bakso terkenal di daerah lain. Yang pasti bakso sony terenak yang pernah saya cicip dan insyaalloh diamini oleh banyak orang yang pernah mencicipi bakso sony ini. Bukan hanya dari baksonya saja, kuahnya juga sangat enak lezat sangat padu dengan rasa dari bakso. Rasanya kurang pas deh jika anda berkunjung ke Lampung tapi belum mencicipi kuliner bakso sony ini 


“Jual” Bakso Sony Frozen – Kirim Keseluruh Indonesia


Jika anda berada di Bandar lampung, kami sarankan untuk mencicipi bakso sony dan datang langsung ke warung makannya yang tersebar di Kota Bandar Lampung. Anda bisa melihat daftar lokasi warung makannya diatas, lihat lokasi paling dekat dengan lokasi anda berada atau tanyakan kepada bebetapa orang, insyaalloh banyak yang tahu. Harga perporsi bakso sony biasa adalah 15.000 rupiah, sesuai dengan rasa dan kualitas baksonya. Ada juga menu lainnya seperti Mie ayam dan Mie ayam Bakso serta berbagai menu pendukung seperti Es Dawet dan Es Campur.

Saya sedang tidak berada di Bandar Lampung / Luar Provinsi, Apakah Bisa Dikirim?
Bisa, saat ini tersedia bakso sony beku atau bakso sony frozen yang bisa dikirim keseluruh Indonesia dari Bandar Lampung dengan JNE. Silahkan kontak customer service kami di 08971218773 bisa Whatsapp, SMS, atau Telepon secara langsung untuk melakukan pemesanan Bakso Sony ini.
Terimakasih, Salam Kuliner dari Lampung 

Bakso Sony, Coba Yuk Buat (dtheas)

Siapa yang tidak doyan Bakso Sony Khas Lampung ? Dari balita hingga dewasa, bahkan lansia pun sepertinya tidak bisa menolak pesona kuliner khas Indonesia yang satu ini. Bakso Sony Khas Lampung  umumnya dibuat dari campuran daging sapi dan tepung tapioka, tapi ada juga yang membuatnya dari olahan daging ayam, ikan, udang bahkan daging kerbau. Apapun bahan dasarnya, kenikmatan semangkuk Bakso Sony Khas Lampung  tak bisa begitu saja ditolak oleh penggemarnya.

Di Indonesia, Bakso Sony Khas Lampung  biasanya dihidangkan seporsi lengkap dengan kuah kaldu, mie, beberapa macam sayuran seperti tauge, kubis atau sawi, dan pelengkap lain, seperti bawang goreng dan bawang daun. Ada juga yang menambahkan aneka gorengan, siomay, tetelan daging, tahu dan lontong. Semangkuk Bakso Sony Khas Lampung  hangat mampu mengusir rasa lapar yang mendera baik saat siang atau malam maupun kala cuaca dingin atau panas. 


Selain tak mengenal waktu, Bakso Sony Khas Lampung  juga mudah ditemukan di berbagai tempat. Tak hanya dijual di gerobak-gerobak pinggir jalan, Bakso Sony Khas Lampung  juga bisa dinikmati di rumah makan atau bahkan restoran besar dengan harga relatif lebih mahal. Bakso Sony Khas Lampung  juga mudah ditemukan baik di daerah pedesaan maupun kota-kota besar di Indonesia.
Sebagai penggemar Bakso Sony Khas Lampung , Anda mungkin pernah mencoba membuat Bakso Sony Khas Lampung  sendiri di rumah dengan menjajal berbagai resep yang bertebaran di internet. Tapi sejauh ini Anda belum juga menemukan formula yang pas untuk Bakso Sony Khas Lampung  Anda. Nah, bagi yang masih penasaran bagaimana cara membuat Bakso Sony Khas Lampung  yang enak berikut resep yang dapat Anda coba. Siapa tahu Bakso Sony Khas Lampung  buatan Anda juga bisa laku dijual hingga mendatangkan penghasilan tambahan bagi Anda.

Cara membuat Bakso Sony Khas Lampung  sapi yang enak
Bahan/Bumbu:
100 gram tepung kanji
500 gram daging sapi atau digiling
50 gram es batu
Sebutir telur ayam
250 gram bawang putih, haluskan
1 sendok teh lada bubuk
Langkah-langkah :
1. Langkah pertama campurkan es batu, bumbu Bakso Sony Khas Lampung  dan juga daging sapi yang sudah digiling. Kemudian haluskan ketiga bahan tersebut dengan menggunakan penggiling atau alat lain yang bisa di gunakan untuk menghaluskan.
2. Sembari mencampur adonan, tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata. Setelah selesai, tuangkan adonan ini pada tempat lain untuk proses pencetakan.
3. Cetaklah Bakso Sony Khas Lampung  dengan tangan tangan. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggenggam erat adonan Bakso Sony Khas Lampung  tadi hingga keluar dari sela-sela jari. Kemudian gunakan sendok untuk mengambilnya dan langsung cemplungkan ke dalam air panas atau mendidih. Anda juga bisa menggunakan dua buah sendok untuk membulatkan Bakso Sony Khas Lampung . Pilih cara mana saja yang nyaman untuk Anda.
4. Tunggulah beberapa saat hingga Bakso Sony Khas Lampung  mengambang di permukaan air. Bakso Sony Khas Lampung  yang mengambang berarti sudah siap diangkat karena sudah matang.
Meski bisa dinikmati langsung dengan cara mencocolnya dengan saus dan sambal, menikmati Bakso Sony Khas Lampung  terasa kurang lengkap tanpa kuah kaldu yang gurih menggoda. Nah, ini resep kuah Bakso Sony Khas Lampung  yang bisa Anda contek.

Cara membuat kuah Bakso Sony Khas Lampung  sapi yang enak
Bumbu kuah Bakso Sony Khas Lampung :
10 siung Bawang putih ukuran besar
Setengah sendok teh Merica bubuk
± 2 sendok makan Garam
Secukupnya Penyedap rasa
250 gram tetelan
2 liter Air bersih
1 buah Tulang kaki sapi
3 lembar Daun bawang, potong potong sekitar 1 cm

Langkah-langkah:
1. Rebus air dalam panci. Ukuran panci dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan, usahakan tidak terlalu kecil.
2. Setelah mendidih, masukkan tetelan dan tulang sapi dan rebus lagi hingga mendidih.
3. Uleg atau haluskan 7 siung bawang putih, kemudian masukkan dalam air rebusan.
4. Iris tipis-tipis dan goreng 3 siung bawang putih sisanya.
5. Masukkan merica bubuk, aduk aduk dan cicipi. Untuk menyempurnakan rasa, tambahkan penyedap atau ganti dengan micin secukupnya.  Jangan lupa menambahkan garam.
6. Setelah cita rasa kuah Bakso Sony Khas Lampung  sesuai yang Anda inginkan, tambahkan daun bawang dan tunggulah hingga mendidih beberapa saat. Kemudian masukkan bawang goreng iris sambil diremas.
7. Jika Anda rasa kuah Bakso Sony Khas Lampung  sudah enak, Anda bisa mengkonsumsinya bareng bola Bakso Sony Khas Lampung  yang tadi sudah Anda buat.
Ada kepuasan tersendiri saat melihat keluarga apalagi si kecil dengan lahap memakan Bakso Sony Khas Lampung  buatan Anda. Tapi harga daging sapi yang tinggi terkadang membuat Anda berfikir dua kali untuk sering-sering memasak menu Bakso Sony Khas Lampung  di rumah. Jangan keburu pesimis, Anda dan keluarga tetap bisa mengonsumsi panganan lezat ini dengan lebih ekonomis, yaitu mengganti daging sapi dengan daging ayam. Cara pembuatannya juga tak jauh berbeda dengan Bakso Sony Khas Lampung  sapi. Untuk lebih detailnya, berikut resep membuat Bakso Sony Khas Lampung  ayam enak yang patut Anda coba.
Cara membuat Bakso Sony Khas Lampung  ayam yang enak
Bahan-Bahan:
500 gram daging ayam (sebaiknya menggunakan daging ayam bagian paha atau dada)
125 ml Air es
1 sendok makan kecap ikan
Setengah sendok teh Merica bubuk
2 sendok makan tepung meizena
Secukupnya garam
Setengah sendok makan gula pasir
Secukupnya baking soda (pengembang)
Setengah sendok teh kaldu ayam bubuk
Setengah sendok makan minyak goreng

Langkah-langkah :
1.    Pertamacincang daging ayam atau haluskan dengan blender atau food processor.
2.    Tambahkan kurang lebih 5 sendok makan air es, sedikit demi sedikit hingga dagingnya menggumpal. Kemudian letakkan daging ke wadah lain.
3.    Tambahkan sisa air es, kecap ikan, garam dan gula, kaldu bubuk, baking soda, merica bubuk, tepung meizena, dan minyak goreng kedalam mangkuk daging. Aduk - aduk adonan hingga rata.
4.    Sediakan wadah yang berisi air es yang cukup banyak. Bantingadonan ke dalam wadah tersebut lebih kurang 10 kali atau sampai adonan lembut dan kenyal.
5.    Kemudian siapkanmangkuk yang sudah dilapisi plastik pada alasnya. Letakkan adonan pada mangkuk tersebut dan simpan di dalam kulkas kurang lebih 30 menit.
6.    Rebus air sampai mendidih kemudian kecilkan apinya.
7.    Ambil adonan dan bentuk bulat dengan menggunakan tangan kemudian ambil dengan sendok dan masukkan kedalam air mendidih.
8.    Rebus terus hingga Bakso Sony Khas Lampung  matang dan mengambang. Bakso Sony Khas Lampung  yang sudah matang jika dibelah bagian dalamnya sudah tidak lagi bewarna pink (merah muda).
9.    Angkat dan tiriskan.

Membuat Kuah Bakso Sony Khas Lampung  Ayam yang Enak :
Bahan-Bahan:
2 liter air rebusan kaldu ayam (tambahkan juga tulang – tulang ayamnya)
1 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh kaldu bubuk
Daun bawang secukupnya
2 sendok makan kecap ikan
5 siung bawang putih (haluskan)
Garam secukupnya
Secukupnya bawang merah goreng
Langkah-langkah:
1.    Tumis bawang putih sampai tercium bau harum
2.    Kemudian campurkan air (bisa ditambahkan lemak ayam kedalam air agar lebih kental), tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk, dan kaldu ayam pada wajan sampai mendidih.
3.    Tes rasa.
Selamat mencoba!



KULINER BAKSO DAN PEMPEK SONY LAMPUNG (silvie)
Tanpa perlu dijelaskan secara detail, kamu pasti sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk dan rasa Bakso dan Pempek Sony Lampung yang sungguh luar biasa. Ya, Bakso dan Pempek Sony Lampung sudah menjadi makanan yang cukup populer di Indonesia. Kehadiran Bakso dan Pempek Sony Lampung di Indonesia sendiri tidak terlepas dari sejarah panjang pada masa sebelum penjajahan dulu, dimana Bakso dan Pempek Sony Lampung pertamakali diperkenalkan oleh para pedagang dari thionghoa, cina. Yang pada akhirnya turut mempengaruhi kuliner di Indonesia sampai saat ini. 

Aslinya Bakso dan Pempek Sony Lampung hanya disajikan dengan kuah kaldu bening dan dimakan saat hangat. Tapi kemudian seiring berjalannya waktu pada setiap sajiannya,  Bakso dan Pempek Sony Lampung selalu didampingi dengan beberapa pelengkap seperti, bihun, mie, tahu, tauge dan sawi. Dan dengan selera orang indonesia yang suka pedas tentunya,  banyak orang yang menambahkan sambal, saus, lada atau cuka yang membuat rasa Bakso dan Pempek Sony Lampung semakin berwarna. Tentu setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda dalam menyantap makanan yang satu ini, dan kelebihan lain saat menyantap Bakso dan Pempek Sony Lampung adalah kita bisa memesan Bakso dan Pempek Sony Lampung sesuai dengan selera masing-masing. Bakso dan Pempek Sony Lampung menjadi makanan yang disukai oleh banyak orang bukan hanya karna Bakso dan Pempek Sony Lampung memiliki rasa yang enak, akan tetapi harga Bakso dan Pempek Sony Lampung tergolong cukup terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Karna teksturnya yang kenyal tapi lembut hampir semua orang menyukainya baik orang dewasa maupun anak – anak. Bakso dan Pempek Sony Lampung juga mudah ditemukan disetiap tempat, baik di pinggir jalan dan pedagang keliling,  bahkan Bakso dan Pempek Sony Lampung sudah banyak di sajikan di restoran dan Pusat perbelanjaan. Dengan berkembangnya teknologi dan kuliner saat ini Bakso dan Pempek Sony Lampung juga sudah banyak di jual dengan kemasan instan berbentuk frozen food, yang sangat praktis dan dapat dibuat sendiri dirumah dengan mudah.

Bakso dan Pempek Sony Lampung pada umumnya terbuat dari campuran tepung tapioka dan daging sapi giling yang kemudian dibentuk bulat dan direbus sampai matang. Bakso dan Pempek Sony Lampung yang cukup banyak beredar di masyarakat adalah Bakso dan Pempek Sony Lampung urat dan Bakso dan Pempek Sony Lampung yang berisi telur ayam. Ada juga Bakso dan Pempek Sony Lampung yang terbuat dari daging ayam dan daging ikan sebagai pilihan lain bagi orang yang mungkin tidak menyukai Bakso dan Pempek Sony Lampung daging sapi. Rasanya memang tidak terlalu jauh berbeda antara Bakso dan Pempek Sony Lampung ayam dengan Bakso dan Pempek Sony Lampung daging , hanya saja Bakso dan Pempek Sony Lampung ayam biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut dari pada Bakso dan Pempek Sony Lampung yang terbuat dari daging sapi. Saat ini banyak sekali pedagang dan pengusaha kuliner yang membuat inovasi berbeda dan unik pada varian menu Bakso dan Pempek Sony Lampung. Selain memiliki varian beragam baik dari bahan bakunya, seperti Bakso dan Pempek Sony Lampung daging sapi, daging ayam dan ikan.  Bakso dan Pempek Sony Lampung juga memiliki banyak varian lain menurut cara penyajian dan bentuknya yang sangat unik. Berikut beberapa jenis Bakso dan Pempek Sony Lampung yang beredar dan  cukup banyak diminati oleh masyarakat saat ini, antara lain :

BAKSO DAN PEMPEK SONY LAMPUNG  BAKWAN MALANG
Bakso dan Pempek Sony Lampung yang satu ini memang tidak terlalu jauh berbeda dengan Bakso dan Pempek Sony Lampung lain kebanyakan, hanya saja saat penyajiannya ditambahkan kerupuk pangsit yang renyah berwarna kuning kecoklatan. Beberapa outlet Bakso dan Pempek Sony Lampung bakwan malang juga menambahkan siomay basah dan batagor sebagai pelengkapnya. Sajian Bakso dan Pempek Sony Lampung, mie, tahu,  siomay, batagor dan kerupuk pangsit , menurut saya menjadi paket komplit yang sangat pas saat dilanda kelaparan.

BAKSO DAN PEMPEK SONY LAMPUNG BERANAK
Bakso dan Pempek Sony Lampung Beranak sempat menjadi buah bibir di masyarakat beberapa waktu lalu, berawal dari sebuah kedai Bakso dan Pempek Sony Lampung di kota bogor yang menyajikan Bakso dan Pempek Sony Lampung dengan ukuran yang tidak biasa. Ukuran Bakso dan Pempek Sony Lampung beranak bisa sebesar bola takraw, dan yang membuat Bakso dan Pempek Sony Lampung tersebut dinamakan Bakso dan Pempek Sony Lampung beranak adalah saat Bakso dan Pempek Sony Lampung tersebut dibelah muncul Bakso dan Pempek Sony Lampung lain didalamnya, selain itu ada juga tetelan, sambal, sosis dan telur rebus yang membuat isiannya semakin padat. Viralnya Bakso dan Pempek Sony Lampung Beranak ini latah membuat kota-kota lain mengikuti jejaknya, bahkan di kota Cirebon muncul Bakso dan Pempek Sony Lampung Buaya Beranak. Bakso dan Pempek Sony Lampung berbentuk buaya ini juga sukses menarik perhatian pembeli.

BAKSO DAN PEMPEK SONY LAMPUNG GEPENG
Tidak semua Bakso dan Pempek Sony Lampung berbentuk bulat loh, salah satu outlet Bakso dan Pempek Sony Lampung di jakarta utara menjual Bakso dan Pempek Sony Lampung berbentuk bulat pipih. Bentuknya seperti Bakso dan Pempek Sony Lampung yang gepeng ditindih oleh sesuatu yang berat, makanya disebut Bakso dan Pempek Sony Lampung gepeng. Rasanya sih tidak terlalu jauh berbeda, hanya saja bentuknya yang unik ini membuat Bakso dan Pempek Sony Lampung lebih mudah dikunyah.

BAKSO DAN PEMPEK SONY LAMPUNG KLENGER
Bakso dan Pempek Sony Lampung Klenger ini paling cocok untuk orang yang memiliki porsi makan yang besar . Bahkan belum tentu bisa dihabiskan dalam sekali makan untuk satu orang. Bayangkan saja biasanya Bakso dan Pempek Sony Lampung hanya berukuran 5 sampai 10 cm. Tapi Bakso dan Pempek Sony Lampung  yang satu ini diameternya kurang lebih 40 cm dengan berat 20 kilogram, benar –benar bisa membuat orang klenger untuk menghabiskannya. Salah satu kedai Bakso dan Pempek Sony Lampung di jalan Rembang Raya – Surabaya, menyajikan Bakso dan Pempek Sony Lampung klenger sebagai menu andalannya. Harga yang dibandrol untuk Bakso dan Pempek Sony Lampung ukuran raksasa ini adalah Rp. 300.000,-  per porsinya. Tidak hanya di Surabaya, Bakso dan Pempek Sony Lampung klenger juga dapat di temukan dibeberapa kota lain seperti Jakarta, Bogor, Sidorjo, Semarang dan mungkin akan menyusul kota-kota lain yang mengikuti jejak kepopuleran Bakso dan Pempek Sony Lampung klenger. Bakso dan Pempek Sony Lampung ini memang bukan Bakso dan Pempek Sony Lampung yang dimakan untuk diri sendiri, mungkin kamu bisa mengajak teman atau saudara untuk mencoba menghabiskan Bakso dan Pempek Sony Lampung klenger bersama.

BAKSO DAN PEMPEK SONY LAMPUNG MOZARELA
Bakso dan Pempek Sony Lampung dengan isi telur atau tetelan daging itu sudah biasa, yang luar biasa adalah Bakso dan Pempek Sony Lampung yang berisi keju mozarela yang langsung meleleh dan lumer dimulut saat dimakan. Para pecinta keju mungkin sudah menunggu – nunggu salah satu terobosan makanan yang satu ini, rasa Bakso dan Pempek Sony Lampung yang kenyal di padukan dengan keju yang meleleh membuat sensasi yang berbeda saat memakan Bakso dan Pempek Sony Lampung. Mungkin sebagian orang ada yang kurang suka rasa keju dengan alasan yang beragam, tapi meskipun begitu peminat dari Bakso dan Pempek Sony Lampung mozarela ini  juga  tidak terbilang sedikit. Kebanyakan Bakso dan Pempek Sony Lampung Mozarela disukai oleh kalangan anak muda karena rasanya yang ringan dan lebih girly dengan tema kejunya.

BAKSO DAN PEMPEK SONY LAMPUNG MERCON
Makanan pedas sering dinamakan dengan nama yang ekstream dan menyeramkan, contohnya saja rawon setan yang dibuat dari puluhan kilo cabai rawit merah, atau ceker iblis dan banyak lagi makanan pedas lainnya yang memiliki nama unik. Salah satu makanan pedas yang memiliki nama yang selaras dengan rasanya adalah Bakso dan Pempek Sony Lampung Mercon. Dinamakan Bakso dan Pempek Sony Lampung mercon karena Bakso dan Pempek Sony Lampung ini memiliki  ukuran yang agak besar kemudian  didalamnya berisi daging cincang pedas dan rawit dimana-mana. Dijamin membuat mulut seperti diledakkan oleh mercon saat memakannya, bahkan meskipun tanpa tambahan sambal sekalipun. 

BAKSO DAN PEMPEK SONY LAMPUNG BAKAR 
Dari beberapa jenis Bakso dan Pempek Sony Lampung diatas, Bakso dan Pempek Sony Lampung Bakar lah yang 180 derajat jauh berbeda. Biasanya Bakso dan Pempek Sony Lampung disajikan dengan kuah hangat dan dengan berbagai macam pelengkapnya. Tapi Bakso dan Pempek Sony Lampung Bakar disajikan tanpa kuah, Bakso dan Pempek Sony Lampung akan  di tusuk  bambu dan dibakar dengan bumbu kecap. Setelahnya disajikan dengan banyak pilihan menu saus seperti saus sambal, saus lada hitam, mayonais dan banyak lagi. Bakso dan Pempek Sony Lampung Bakar menjadi pilihan alternatif memakan Bakso dan Pempek Sony Lampung dengan cara yang berbeda.

Sebenarnya ada banyak sekali varian Bakso dan Pempek Sony Lampung lain di Indonesia yang patut dicoba, dan mungkin perkembangan kuliner Bakso dan Pempek Sony Lampung akan semakin beragam nantinya. Mengingat saat ini makanan bukan hanya sekedar kebutuhan perut saja, akan tetapi lebih dari itu, makan menjadi satu gaya hidup bahkan mata pencaharian bagi banyak orang.

Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia