Jual Sambal Terasi Lampung

Twitter
Facebook

Kode Produk A61
Harga Sambal Rp 36,000
Pruduksi Sambal Terasi Cap Udang 88 Yen-Yen, Bandar Lampung
Kemasan Sambal Botol - Quality Food Grade
Berat Sambal 250 Gram
Stok Barang Ada
Pemesanan  


Deskripsi "Sambal Terasi Khas Lampung"

Sambal

Sambal adalah makanan pelengkap yang dibuat dari cabe yang dihaluskan untuk mendapatkan sari cabe sehingga rasa pedas dari cabe keluar.

Sambal Terasi Lampung

Kemudian cabe yang haluskan ditambah bahan-bahan pelengkap lainnya seperti bawang, garam, serta berbagai bahan lain tergantung jenis sambal yang akan dibuat.

sambal lampung
Sambal Terasi Lampung
Sambal adalah makanan khas nusantara, melayu, hingga beberapa negara di benua Asia, ya sambal dapat ditemukan sebagai hidangan pelengkap diberbagai jenis masakan di dunia.

sambal terasi lampung
Sambal Terasi Lampung Yenyen


Link Sambal Lampung Terlengkap: Semua Jenis Sambal Lampung Paling Terkenal

Sambal adalah karakteristik hidangan yang telah memasyarakat dibanyak negara termasuk Indonesia. Siapa yang tidak mengenal sambal? Sepertinya bukan orang Indonesia namanya. Mungkin lebih dari 99% orang Indonesia pernah makan menggunakan sambal, bahkan saya sangat yakin bahwa lidah orang indonesia sangat-sangat akrab dengan “sambal”. Hal ini dapat kita lihat hampir disemua makanan daerah maupun warung makan pasti tidak pernah melupakan yang namanya sambal. Coba saja intip beberapa makanan paling familiar berikut ini: Soto, Bakso, Mie Ayam, Nasi Uduk, Nasi Padang, dll.. Semuanya dihidangkan dengan sambal yang berbeda-beda. Nah, jika tidak pakai sambal itu tergantung minat masing-masing orang, yang jelas sambal telah mewarnai hampir semua jenis masakan Indonesia.

Dibeberapa keluarga “sambal” menjadi menu wajib yang harus ada di meja makan, Bagaimana dengan anda? Kalau saya jelas demikian, sambal adalah menu tambahan yang harus ada saat menyantap hidangan - hidangan tertentu. Namun memang bisa saya katakan juga ada orang yang tidak suka sambal sama sekali, menurut pengalaman saya dari seorang teman yang tidak suka” makan sambal” karena ia tidak suka yang namanya pedas.. sebagian orang memang tidak suka pedas meskipun kadang masih juga mau menyantap beberapa jenis sambal yang berkarakter tidak pedas alias low level.


Jenis-Jenis Sambal

Sambal ada banyak sekali jenisnya karena biasanya dikhususkan untuk hidangan tertentu dengan karakteristik hidangan dan sambal yang harus pas. Meskipun semuanya dibuat dari bahan utama cabe, bahan tambahan dalam pembuatan sambal dapat membuat perbedaan yang besar serta mengjasilkan jenis sambal yang berbeda. Ada beberapa jenis sambal di Indonesia yang cukup terkenal diantara addalah: Sambal terasi yang dibuat dengan menambahkan terasi atau belacan, Sambal tomat, tentu saja dengan menambahkan bah tomat yang tilumat kedalam sambal, Sambal asam dengan menambahkan jenis asam seperti asam jawa, Sambal bajak dengan menggoreng cabe dan bahan-bahan lainnya seperti bawang ada juga yang memakai terasi kemudian dilumatkan, Sambal lado sambal khas dari Sumatera Barat yang memiliki rasa extra pedas dibuat dari berbagai bahan tambahan seperti bawang merah, bawang bombai, serta jeruk nipis. Selain itu ada sambal yang cukup berbeda dari jenis sambal lainnya yaitu Sambal tempoyak sambal khas dari provinsi kami Lampung dan beberapa daerah lainnya disumatera bagian selatan yang terbuat dari bahan tambahan durian hasil fermentasi. Itulah beberapa jenis sambal yang ada di Indonesia yang menunjukkan bahwa dari “sambal” saja kita sudah bisa tahu bahwa kuliner indonesia begitu kaya dan beragam. Tentu masih ada ratusan jenis sambal lagi di tanah nusantara ini yang memiliki cita raa yang khas.

Sambal Ini Pernah Coba: Sambal Udang Ebi Lampung

Sambal Terasi

Sambal Terasi adalah salah satu jenis sambal yang paling familiar di Indonesia yang terbuat dari terasi atau belacan, kata orang. Terasi sendiri adalah bahan masakan khas nusantara yang terbuat dari Udang rebon (jenis udang yang sangat kecil dan lembut) yang difermentasikan. Sambal terasi dibuat dengan mencampurkan terasi ini kedalam sambal, biasaya dalam membuat sambal terasi minimal dibutuhkan cabe, bawang putih, garam, dan terasi. Yang paling umum bahan-bahan tersebut digoreng dalam minyak nabati, namun untuk terasinya sendiri selain dengan cara digoreng ada juga cara lainnya yaitu dengan cara dipanggang atau dibakar. Dengan cara dibakar atau dipanggang terasi akan lebih beraroma dan lebih gurih sehingga menghasilkan sambal terasi yang lebih lezat. Apakah anda termasuk orang yang suka sambal terasi? Jika ya anda harus mencicipi “sambal terasi khas lampung Yen-Yen” dibawah ini :)

Sambal Lainnya: Sambal Ikan Peda Asli Lampung

Sambal Terasi Lampung Yen-Yen

Sambal terasi lampung? Lampung adalah salah satu provinsi yang memiliki kekayaan alam termasuk kekayaan laut yang cukup melimpah. Meskipun bukan sebagai daerah utama penghasil bahan baku terasi atau menjadi sentra penghasil terasi, Lampung dikenal sebagai daerah yang menghasilkan sambal terasi yang khas. Salah satu sambal terasi dari Lampung yang telah dikemas secara modern dan bisa anda beli sebagai oleh-oleh keluarga adalah : “ Sambal Terasi Lampung Cap Udang 88 Yenyen”, sambal dengan rasa yang sangat lezat untuk menjadi menu pelengkap anda. Sambal terasi lampung cap udang yenyen ini adalah sambal terasi terkenal yang diproduksi oleh Oleh-Oleh Yen-Yen produsen oleh-oleh paling dikenal di Lampung. Rasa terasi yang kuat didalam sambal pedas ini kami jamin akan menjadi pelengkap yang pas untuk ditambahkan kedalam berbagai jenis makanan favorit anda. Jika anda pernah berkunjung ke Lampung dan mencicipi sambal terasi cap udang 88 ini pasti anda tahu bagaimana enak dan lezatnya sambal khas terasi lampung ini.


Bagaimana untuk membeli "sambal terasi lampung" ini?

Anda bisa langsung membelinya di toko oleh-oleh yenyen secara langsung di Bandar Lampung, tepatnya di jalan ikan kakap teluk betung, bandar lampung. Jika anda berada diluar kota dan tidak sedang berada di kota Bandar Lampung anda bisa memesannya disini dengan pengiriman via JNE. Silahkan hubungi kontak customer service Makanan Lampung berikut ini: 08971218773 bisa telepon, SMS, Whatsapp, ataupun via Line. 

Terimakasih, harus tetap cintai produk negeri sendiri ya! Salam Kuliner Lampung :)



Sambal Terasi, Sambal Yang Mantab (@silvie)


Para pecinta sambal terasi tentu tau makanan yang satu ini, sambal terasi memang salah satu sambal yang cukup populer di Indonesia. Sambal terasi bisa ditemukan di pinggir-pinggir jalan sebagai pelengkap makanan seperti ayam bakar, ikan bakar, bebek goreng dan banyak makanan lain yang menjadikan sambal terasi sebagai menu pelengkapnya. Terasi juga digunakan sebagai pelengkap makanan kemplang khas lampung.

Tidak hanya di kuliner jalanan,  sambal terasi banyak disajikan direstoran dan hotel-hotel yang masih mengusung kuliner indonesia dalam sajiannya. Sambal terasi memiliki cita rasa yang pedas, gurih dan rasa khas terasi. Meskipun memiliki aroma yang cukup tajam dan rasa yang kuat, tapi tidak menyurutkan para pecintanya untuk menikmati sambal terasi.

Racikan sambal terasi sendiri sangat bervariasi di indonesia, dari mulai Sambal terasi mentah, sambal terasi tomat, sambal terasi khas sunda dan banyak lagi versi sambal terasi yang beredar di masyarakat. Jangan tanya mana yang paling enak, karena tentu setiap orang memiliki selera yang berbeda.

Sedikit membahas tentang terasi. Terasi merupakan salah satu bumbu masakan yang cukup terkenal di indonesia, meskipun penggunaannya tidak terbilang banyak. Terasi biasanya hanya di jadikan bahan tambahan untuk bumbu sambal, sayur dan masakan lainnya. Ada beberapa jenis terasi yang beredar di pasaran diantaranya terasi udang, terasi ikan bahkan ada terasi dari hasil campuran keduanya. Terasi ikan biasanya berwarna lebih kehitaman sedangkan terasi udang berwarna coklat gelap kemerahan. Harga terasi udang sendiri biasanya lebih mahal daripada terasi ikan, karena harga bahan pokoknya yaitu udang memang cukup tinggi dipasaran. Akan tetapi udang yang dipakai untuk membuat terasi biasanya berukuran kecil-kecil atau biasa disebut rebon.

Cara pembuatan terasi tradional umumya cukup sederhana, ikan kecil atau udang rebon akan dimasak terlebih dahulu , kemudian dicampur dengan garam dan ditumbuk halus. Setelah halus terasi kemudian akan dijemur sampai benar-benar kering. Prosesnya tak berhenti sampai disitu, terasi yang telah kering akan kembali ditumbuk kemudian ditambahkan air sampai membentuk pasta, ada juga sebagian pembuat terasi yang menambahkan tepung agar terasi mudah dibentuk. Baru setelah menjadi pasta terasi dibentuk, ada yang berbentuk bulat memanjang dan ada yang berbentuk setengah lingkaran besar. Kemudian difermentasikan beberapa hari agar mengeluarkan aroma yang tajam dan rasa yang kuat. Fermentasi terasi juga bertujuan agar terasi dapat bertahan lama. Soal harga terasi tergolong cukup terjangkau, terasi dengan ukuran kecil dibandrol dengan harga Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 8.000 / buah. Sedangkan untuk terasi ukuran besar dibandrol dengan harga Rp. 25.000 / buah. Bahkan dipasaran ada juga yang menjual terasi sebesar ibu jari orang dewasa dengan harga Rp. 1.000/ buah. 

Di indonesia banyak daerah penghasil terasi seperti diantaranya Cirebon, Bangka dan Toboali. Bahkan di Cirebon sendiri terasi sudah menjadi icon  oleh-oleh khas cirebon khususnya untuk daerah kanci yang merupakan daerah penghasil terasi yang cukup terkenal. Nama cirebon berasal dari suku kata “Cai” yang berarti air dan “Rebon”, yang berarti udang kecil. Dalam sejarahnya pada masa penjajahan, jauh sebelum keselutanan cirebon lahir, terasi menjadi salah satu upeti atau harta persembahan untuk para penguasa. Bisa dibayangkan bahwa saat itu terasi memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Meskipun sekarang keberadaanya hanya sebagai pelengkap masakan, tapi pernah ada masa dimana terasi itu begitu bernilai.

Daerah penghasil terasi biasanya terletak dipesisir pantai, hal ini dikarenakan mudahnya bahan baku yang di dapat dan dengan harga yang cukup murah. Selain itu bahkan beberapa pembuatnya juga berprofesi sebagai nelayan.  Selain di produksi secara tradisional dirumah-rumah, saat ini terasi juga banyak dikembangkan oleh perusahaan pangan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan di setiap pelosok daerah.

Nah, buat kamu yang mau mencoba membuat sambal terasi sendiri dirumah, berikut Salah satu resep sambal terasi yang banyak digemari dan mudah dibuat.
Bahan yang diperlukan :
10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
5 buah cabai merah
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
3 cm terasi
1 buah tomat
1 sdm perasan jeruk limau
Gula, garam
Minyak goreng

Cara membuat :
Pertama-tama goreng cabai merah, cabai rawit, bawang merah , bawang putih, tomat dan terasi sampai matang, angkat dan sisihkan. Setelah itu ulek semua bahan menggunakan ulekan sampai halus, jangan lupa tambahkan gula, garam dan perasan air jeruk nipis. Cicipi , jika rasanya sudah pas sambal terasi siap dinikmat.
Wah ternyata mudah ya dalam pembuatannya. Tapi buat yang kamu malas atau tidak bisa membuat sambal terasi sendiri, saat ini juga sudah banyak sambal terasi instant yang dijual di toko dan minimarket. 

Sambal terasi dikembangkan oleh perusahaan pangan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dan selera masyarakat luas. Sambal Terasi buatan pabrik  ini  memang sangat praktis dan bisa langsung dikonsumsi, selain itu juga sudah tersebar hampir diseluruh daerah di  Indonesia. Jadi memudahkan konsumen untuk menikmati sambal terasi dimanapun. Sambal terasi ini juga dijual dengan kemasan yang cukup ekonomis, cukup merogoh kocek Rp. 2.000 per sachetnya , kita sudah bisa menikmati sambal terasi. Selain itu juga bisa menyiasati makan sambal disaat harga cabai sedang tinggi. Meskipun praktis dan murah untuk sebagian orang lebih suka sambal terasi yang dibuat sendiri karena lebih fresh dan enak. 

Mungkin pilihan yang sesuai untuk orang yang tidak bisa membuat sambal terasi atau ingin sambal terasi yang praktis dan enak adalah sambal terasi rumahan. Racikan bumbu sambal terasi rumahan memang sama dengan sambal  dengan lidah kita. Tapi biasanya sambal terasi rumahan ini hanya di jual secara online atau ditempat-tempat tertentu mengingat memang kuantitas dan distribusi produk rumahan memang terbatas. Untuk harganya rata-rata sambal terasi berbentuk botol kecil kecil dijual dari mulai harga Rp. 20.000 sampai Rp. 35.000 per – botol dengan isian kurang lebih 250 ml.

Tentu dari masing – masing produk baik sambal terasi buatan pabrik dan rumahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Atau malah kamu lebih suka membuatnya sendiri dirumah.  Jadi mana sambal terasi pilihan favoritmu ? Selamat mencoba!
  
Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia