Pempek 123 Lampung - Online

Twitter
Facebook
pempek 123 khas bandar lampung
Pempek 123 Lampung
Kode Produk A56
Harga Pempek Rp 260,000
Paket Isi  40 Pcs
(Ada'an, Kulit, Telor, Keriting dan Lenjer)
Pempek Lainnya Jenis lainnya: Pempek Kapal Selam dan Lenjer Besar (pemesanan hub. admin)
Berat Pempek 2 Kg
Stok Produk dan Pengiriman Ada, pempek bisa dikirim keseluruh Indonesia menggunakan JNE-Yes (1 Hari Sampai)
Catatan
  Pemesanan 
  • Sedia Paket hemat 20pcs Rp 135.000
  • Semua Paket sudah dilengkapi Cuka

Tentang Pempek | Pempek 123 Online

Pempek adalah makanan khas Palembang yang dimakan menggunakan kuah terbuat dari asam atau cuka (cuko). 

Pempek 123
Pempek 123 Beku (Doc. Makanan Lampung)
Makanan ini terbilang khas dan cukup berbeda dari jenis makanan lainnya, jika makanan kadang memiliki kemiripan dengan jenis makanan lainnya maka bisa dikatakan bahwa pempek adalah makanan yang sangat khas dan berbeda. 

Pempek 123 - Siap Kirim
Selain itu makanan ini cukup ramah dilidah masyarakat indonesia, oleh karena itu makanan ini menjadi ciri khas kuliner Provinsi Sumatera Selatan.  

pempek 123 khas bandar lampung
Pempek 123 Bandar Lampung

Menurut sejarah pempek telah dikenal lama di palembang sekitar abad 16, dimana pempek sendiri diambil dari nama sebutan lelaki tua keturunan tionghoa yaitu 'apek' yang mana pada saat itu ada seorang apek menjajakan makanan berupa ikan yang diolah menggunakan tepung pati lalu dijajakan di sekitar sungai Musi. Seiring berjalannya waktu nama apek ini berubah menjadi Pempek / Empek-empek. 

Pempek 123 - Lenjer Potong

Lihat Juga: Kue Bolu Tape Selera Rasa Bandar Lampung 

Pempek pada saat ini dapat dijumpai hampir disemua daerah di Indonesia, ya seiring berjalannya waktu keistimewaan pempek telah menyebar ke semua daerah. Pempek saat ini telah dikenal oleh semua orang dan sangat banyak sekali penggemarnya. Namun...  Ada 1 pertanyaan negatif yang banyak ditanyakan,  Apakah makan pempek dapat merusak gigi? Apakah terus-terusan makan pempek dapat membuat gigi kita keropos?
Jawabannya adalah Ya! jika cuka yang digunakan menggunakan bahan dasar Asam Cuka bukan buah asam. Asam cuka memiliki sifat yang dapat mendegradasi mineral oleh karena itu dapat merusak email gigi. Selain itu ini hanya akan terjadi jika anda mengkonsumsunya rajin-rajin dan tidak sikat gigi sehabis makan. Semuanya balik kepada anda masing-masing, pilihlah pempek dengan kuah yan baik, jangan makan berlebihan setiap hari, dan tetap jaga kesehatan gigi anda. 


Pempek 123 Khas Lampung | Online
Pempek 123 merupakan pempek asal lampung tepatnya kota bandar lampung yang sudah terkenal karena kelezatannya. Pempek 123 dibuat dari bahan dasar sagu dan berbagai bahan seperti garam dan penyedap. Letak perbedaan jenis pempek terletak pada bahan tambahan yang menjadi pelengkap bahan dasar, ada pempek yang terbuat dari telur ayam, kulit pepaya/pistel, serta daging atau kulit ikan dll. Pembuatan pempek berkualitas terbilang sulit, karena sulitnya proses pembuatannya inilah pempek 123 menjadi makanan yang benar-benar enak dan populer

Pempek 123 termasuk produsen pempek yang menjaga kualitas, meskipun harganya relatif lebih mahal namun pempek ini tetap dicari orang-orang karena kelazatannya. Pempek 123 menjadi salah satu pempek yang paling dikenal di Bandar Lampung dan saat ini memiliki dua outlet yang terletak di Jalan Ikan Belanak (Teluk Betung) dan Jalan Jenderal Sudirman (Tanjung Karang Pusat). Jika anda ingin mencicipi kuliner pempek ini anda bisa mengunjungi salah satu outletnya dan kami jamin tidak akan mengecewakan selera anda. 


Jika anda ingin memesan pempek 123 anda bisa memesannya disini, silahkan hubungi customer service kami (08971218773) bisa telepon, sms, WA, atau Line. Untuk pemesanan kami sediakan berbagai peket diantaranya:
  1. Paket A Pempek 123 (40 pcs Campur)  - Rp. 260.000,00
    P
    empek bulat atau ada'an, pempek lenjer, pempek kerting, dan pempek telor (Campur)
  2. Paket B Pempek 123 (20 pcs)  - Rp. 135.000,00
    Pempek bulat atau ada'an, pempek lenjer, pempek kerting, dan pempek telor (Campur)
Untuk pengiriman dilakukan dengan JNE Yes (Yakin Esok Sampai) karena ini termasuk paket makanan untuk menghindari kerusakan/basi saat pengiriman, sehingga paket bisa diterima dalam kondisi baik.

pempek 123
Beragam Pempek (lenjer, kerting, telor, dll)
 
Terimakasih, Ayo Pesan atau Kunjungi Outlet Pempek 123 Langsung :)

Salam Kuliner Nusantara!


Pempek, Kuliner Khas Indonesia (by: Arlouch)

Sejarah Pempek

Pempek, siapa yang tidak kenal dengan kuliner asal Palembang satu ini. Apalagi saat ini pempek memiliki banyak variasi rasa seperti pempek kapal selam (pempek yang diisi telur ayam), pempek tahu, pempek keriting dan lain lain. Pempek juga sudah tersebar luas di wilayah Nusantara, saya rasa kalian juga tidak kesulitan untuk menemukannya kan?. Tapi apa kalian tahu asal mula pempek?, siapa sih yang berhasil menemukan formula makanan palembang yang lezat ini?
Untuk menambah wawasan, ternyata pempek sudah ada sekitar abad ke-16. Saat itu seorang perantau asal cina tiba di kawasan perakitan (tepi sungai musi), beliau melihat keadaan pengolahan saat itu dan merasa pengolahan ikan di kawasan tersebut masih kurang maksimal. Hingga beliau membuat olahan ikan baru dengan mencampurkan gilingan ikan dengan tepung tapioka. 

Namun sampai sini istilah pempek yang kita kenal masih belum muncul. Hasil olahan baru ini disebut oleh orang palembang sebagai kelesan. Menurut pengamat sejarah Palembang KMS H Andi Syarifuddin, dinamakan kelesan karena makanan ini dikeles atau tahan disimpan lama. 
Pada saat itu Orang Cina terkenal dengan ahli dagangnya mereka mulai menjajah kelesan ke beberapa kampung dan uniknya saat warga sekitar hendak ingin membeli kelesan mereka tidak berkata seperti “saya ingin beli kelesannya” melainkan warga saat itu lebih memilih untuk memanggil penjualnya (Orang Cina) dengan sebutan “apek saya mau beli / pek empek, Sini”. Apek / pek pek ini sendiri adalah sebutan untuk Orang cina yang menjajahkan kelesan. Ini sama halnya dengan di Jawa dengan istilah “Paman” pada setiap penjual jajanan / lek dalam bahasa Madura.  Tahun 1916 kebiasaan menyebut pempek terus dilakukan hingga saat ini istilah empek empek ini lebih populer dari kelesan. 

Cuka/Cuko Pempek

Selain adonan kenyal yang khas, ada lagi hal yang tak dapat dipisahkan dengan sosok pempek, apalagi kalau bukan saus pendamping setianya Cuko. Cuko ini sendiri terbuat dari campuran ebi halus, cabe rawit, dan gula merah. Dulu orang asli Palembang sangat senang membuat cuko dengan rasa pedas dan tekstur yang kental, namun seiring banyaknya pendatang ke wilayah Palembang dan terdapat orang yang tidak suka dengan rasa pedas, sebagian orang juga membuat cuko yang manis dengan menambahkan kuantitas gula merahnya / menggunakan cabe rawit sedikit.

Cita rasa pempek yang khas, teksturnya yang kenyal dapat memanjakan indera pengecap kita. Tak heran kuliner ini menjadi favorit warga nusantara, pempek juga memiliki berbagai varian jadi kalian tidak akan pernah bosan mengkonsumsi pempek ini. berikut beberapa varian pempek yang banyak digemari

Pempek lenjer, mungkin bisa disebut pempek original pempek ini dibuat dengan mengguling gulingkan bahan adonannya sampai membentuk silinder. Dari bentuk dasar silinder ini bisa kita potong lagi sesuai permintaan. Teksturnya yang kenyal tanpa penambahan banyak bahan membuat rasa ikan dalam pempek menjadi sangat kuat, jadi berasa seperti mengonsumsi ikan tanpa tulang tulang kecilnya. Hayo, nikmat tuhan mana yang kalian dustakan? Hehe
Pempek kapal selam, mungkin ini menjadi primadona dari segala variasi pempek yang ada. Pempek yang dibuat perpaduan pempek lenjer ditambahi dengan telur dan dibentuk besar. Namun untuk mempertahankan bentuk pempek agar tetap bulat ternyata lumayan susah lho, biasanya pembuat merebus telurnya terlebih dahulu, baru selanjutnya dicampurkan ke dalam pempek lenjer tadi.  Istilah kapal selam sendiri muncul karena bentuknya yang besar ditambahlagi pada saat pempek ini dimasukkan kedalam minyak panas byurr, melunjur layaknya kapal selam. 
Pempek telur kecil, bentuknya hampir sama dengan pempek kapal selam. Namun pempek ini lebih kecil dan terbuat dari telur yang dikocok terlebih dahulu seperti saat kita membuat telur dadar. Telur yang sudah dikocok langsung ditambahkan ke pempek.
Pempek pastel, pempek ini dibuat dari adonan pempek lenjer yang dibentuk seperti kue pastel, untuk bahan isi digunakan parutan kecil pepaya yang dimasak dengan menggunakan bumbu santan. Karena orang Palembang menyebut pepaya dengan istilah kates, pempek ini pun sering dikenal dengan pempek kates.
Pempek keriting atau yang biasa dikenal dengan pempek kerupuk, pempek ini mengubah adonan pempek lenjer menjadi bentuk keriting layaknya adonan kerupuk, orang palembang sendiri memiliki alat khusus untuk membuat pempek keriting ini yaitu pirikan. Namun karena untuk membuat adonan keriting itu tidaklah mudah, maka sebagian orang menggunakan alat penggiling daging.
Pempek adaan, berbentuk seperti tahu bulat bedanya pempek tidak digoreng dadakan. Pempek satu ini berbeda dengan pempek yang lain. Karena pempek ini tidak terbuat dari pempek lenjer melainkan menggunakan jenis adonan yang berbeda, cara pembuatannya pun berbeda. Apabila pempek yang menggunakan olahan pempek lenjer melalui proses rebus terlebih dahulu, pempek adaan ini dibuat dengan cara menggorengnya saja.
Dengan banyaknya penggemar pempek dan saat bahan pangan dari dalam maupun luar negeri gampang di dapat muncullah ide ide kreatif untuk memvariasikan pempek, mulai pempek isi keju dan sosis, pempek panggang dan lain lain. Mungkin next akan muncul hamberger pempek / sushi pempek.

Perbedaan Pempek Palembang dengan Bangka

Pempek memang tersebar di berbagai wilayah nusantara, namun pasti kalian ingin mencicipi rasa pempek yang asli dari Palembang kan. Seperti kutipan dari iklan di televisi, “belum puas kalau belum merasakan yang aslinya”. Namun bukan berarti yang tidak asli itu tidak enak ya, setiap daerah yang menjual pempek juga pasti menyesuaikan dengan selera rasa daerah tersebut. Seperti nasi goreng, bila di Jawa Timur cenderung gurih, asin dan pedas berbeda dengan nasi goreng wilayah Jawa Tengah rasanya cenderung manis. Pempek juga memiliki perbedaan demikian, kesempatan kali ini saya ingin membandingkan pempek asli Palembang dengan pempek bangka menurut beberapa sumber. 
Menurut pemilik resto kampung bangka M. Fitno Salah satu perbedaannya terletak pada cukonya. Cuko Palembang lebih terasa manis dan tidak terlalu pedas, Sedangkan Cuko Bangka dibuat dengan rasa asam dan pedas yang kuat. Selain itu cuko Bangka dibuat dengan tambahan tauco, terasi dan cabai yang cukup banyak sehingga membuat warnanya kemerahan berbeda dengan cuko Palembang yang berwarna cokelat. 
Perbedaan yang lain terdapat pada bahan pembuatan pempek itu sendiri. Apabila pempek Palembang umumnya menggunakan hasil olahan ikan air tawar, Pempek Bangka menggunakan hasil olahan ikan laut. Mungkin sama halnya dengan wilayah Jawa yang mengonsumsi air laut lebih banyak dari air tawar.
Pempek memang tidak dapat ditemukan tanpa adanya bantuan para pedagang asal Cina. Tapi marilah kita menjaga kelestarian budaya pangan Nusantara ini, terus mengembangkan dan berinovasi agar pempek dikenal di mata dunia.

Jenis-Jenis Pempek Asli Palembang, Apa Saja? (by: Afriani)

Pempek sebagaikuliner khas Kota Palembang kini telah menasional hingga penjualnya ada di mana-mana bahkan hingga level kaki lima. Namun ternyata tak banyak yang diketahui dari ragam pempek kecuali dua jenis saja, yakni lenjer dan kapal selam. 
Padahal, ada belasan jenis pempek Palembang yang setiap jenisnya dibuat dengan bahan ataupun cara yang berbeda. Berikut ini 12 jenis pempek yang akan membuatmu takjub dengan kuliner ibu kota Sumatera Selatan tersebut. Bersiaplah menelan liur saat mengetahuinya. 

Pempek Kapal Selam

Jenis pempek ini bisa dianggap sebagai primadona, karena selalu menjadi favorit banyak orang. Warga Palembang sendiri menyebutnya pempek telor besar karena memang isinya berisi satu butir telur ayam ataupun telur bebek utuh. Penyebutan kapal selam baru terdengar belakangan karena diambil dari proses pembuatannya.
“Saat proses merebus, pempek ini jatuh ke dalam (air rebusan). Bentuknya juga lebih besar. Pempek ini tenggelam, makanya disebut kapal selam. Padahal tidak ada hubungan apa-apa dengan besi,” terang koki Hotel Aryaduta Palembang, M Arifin Lubis, dikutip dari tribunnews.com.
Dibanding jenis pempek lain, kapal selam lah yang ukurannya terbesar dan harganya termahal, serta yang tersulit dalam proses pembuatannya. Menggunakan adonan lenjer, pempek kapal selam dibentuk kantung dan dimasukkan sebutir telur yang masih mentah. Karena itulah harus sangat berhati-hati saat membuatnya agar adonan tak pecah ataupun berlubang saat dimasukkan telur kedalamnya. Bagaimana dengan rasanya? Tentu sangat lezat hingga menjadi favorit para penikmat kuliner.

Pempek Lenjer

Dengan adonan yang sama seperti kapal selam, pempek lenjer lebih simpel karena tak perlu memasukkan telur ke dalamnya. Ukuran lenjer sangat beragam, namun bentuknya selalu sama, yakni tabung panjang layaknya guling. Inilah jenis pempek yang disebut-sebut sebagai pempek paling dasar hingga adonannya dapat menjadi jenis pempek lain. 

Dalam Kompas Travel disebutkan, pempek lenjer tak hanya nikmat disantap dengan kuah cuko, namun juga digunakan dalam menu laksa, yakni kuliner peranakan pempek yang tak kalah lezat. Laksan memiliki kuah berwarna kuning dan berbahan santan. Sepintas, kuliner tersebut sangat menyerupai lontong sayur.

Pempek Adaan atau Pempek Bulat

Sebagaimana pempek lenjer, pempek adaan juga menjadi adonan dasar pempek. Namun adaan memiliki keunikan yang tak dimiliki jenis pempek lain dalam hal proses pembuatannya. Jika pempek pada umumnya dimasak melalui proses perebusan dan penggorengan, pempek adaan justru langsung digoreng dalam kondisi mentah. Pempek adaan tak perlu melalui proses perebusan.

Proses pembuatan pempek adaan sering dilakukan secara salah oleh beberapa orang dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Padahal orang Palembang asli tak pernah melakukannya. “Beberapa orang membuat adaan direbus terlebih dahulu baru digoreng, namun ini adalah praktek yang kurang tepat dan akan mengurangi cita rasa adaan asli Palembang,” dikutip dari lamanpempekyoss
Keunikan lain dari pempek adaan ialah aroma yang lebih sedap dibanding jenis pempek lain. Pasalnya, adonan adaan diberi tambahan santan dan potongan bawang. Karena itulah rasanya juga jauh lebih gurih. Bentuk pempek adaan yang bulat pula membuat jenis pempek ini juga disebut dengan pempek bulat. 

Pempek Keriting


Bentuknya keriting seperti kerupuk, jenis pempek ini dibuat dari adonan lenjer. Namun untuk menghasilkan adonan keriting diperlukan alat khusus yang disebut pirikan. Karena itulah tak mudah membuat pempek ini jika tak memiliki alat yang biasanya dimiliki oleh orang Palembang tersebut.

Perbedaan pempek keriting dibanding jenis lain bukan hanya terletak pada bentuknya saja. Cara memakan pempek keriting ini pun sedikit berbeda, yakni langsung disajikan setelah perebusan dan tak perlu digoreng sebagaimana pempek lain. Meski demikian, beberapa orang, yang biasanya tak berdarah Sumatera, lebih suka menyantapnya dalam kondisi garing setelah digoreng.
“Ketika pempek keriting ini digoreng, ampuuun rasanya gurih sekali. Ya, menilik bentuknya bisa dibayangkan, setiap seluk beluk yang garing. Nyaaam lezat sekali,” dikutip dari Kompas Travel.

Pempek Kulit


Adonan dasar pempek sejatinya ada tiga. Selain lenjer dan adaaan, adonan kulit pun masuk dalam hitungan. Sebagaimana namanya, adonan kulit dibuat dari kulit ikan dan bukan dagingnya seperti adonan lain. Karena itulah adonan ini tak bisa dibuat untuk jenis pempek lain kecuali pempek kulit. 

Untuk membuatnya, adonan pempek kulit dibentuk bulat namun pipih. Seperti adaan, pempek kulit juga tak melalui proses perebusan melainkan langsung digoreng saat mentah. Hasilnya, pempek kulit terasa sangat krispi karena dominasi kulit ikan sebagai bahan dasarnya. “Buat kamu yang suka makanan yang garing dan renyah, maka jenis pempek satu ini pilihan yang tepat,” dari laman food.idntimes.com.

Pempek Telur


Meski berisi telur, pempek ini tidak bisa disebut sebagai pempek kapal selam. Pasalnya, isian pempek telur tidaklah sebutir utuh telur melainkan hanya sebagian saja. Sebelum diisi ke adonan, telur pun dikocok terlebih dahulu sehingga menghasilkan warna kuning saat matang. Selain itu, ukuran pempek telur juga jauh lebih kecil dibanding pempek kapal selam. Perbandingan ukuran pempek telur mungkin hanya seperempat saja dari ukuran pempek kapal selam.

Pempek Pistel atau Pastel


Dibuat dari adonan lenjer, pempek pistel berbentuk seperti pempek telur. Namun isiannya bukan telur melainkan tumisan pepaya muda yang lezat.  Kates atau buah pepaya yang masih muda diparut kemudian ditumis dengan aneka bumbu dan ebi. Santan kemudian ditambahkan dalam tumisan tersebut. Isinya saja sudah lezat, apalagi jika dimasukkan ke dalam adonan pempek, pastilah sangat spesial. Rasanya sangat menakjubkan dengan paduan gurih di dalam dan empuk diluar.

Pempek Tunu


Unik, jenis pempek yang satu ini tidak dimasak dengan cara direbus ataupun digoreng. Pempek Tunu yang juga disebut Pempek Panggang ini melalui proses pemanggangan dengan bahan dasar adonan lenjer. Berbentuk bulat lagi pipih, pempek tunu dimasak di atas bara api. Saat matang, pempek tunu dibelah kemudian diisi dengan beragam varian, seperti ebi ataupun ikan kering yang diberi kecap dan cabai hijau. Karena dipanggang, tekstur pempek tunu cukup keras dan garing di bagian luarnya.

Pempek Tahu


Adonan pempek dicampur dengan tahu cina, jadilah pempek tahu dengan rasa yang fantastis. Menggunakan adonan dasar pempek adaan, pempek tahu berisi tahu yang lembut lalu dibalut dengan pempek yang empuk. Saat digoreng, tekstur garing dan lembutnya menyatu hingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dari jenis pempek lain.

Pempek Model


Pempek model disebut-sebut sebagai saudara kembar pempek tahu. Dibuat dengan adonan pempek adaan, pempek model juga menggunakan tahu sebagai campuran. Hanya saja, pempek model hanya sedikit menggunakan tahu dan lebih banyak menonjolkan rasa adonan pempek. 

Cara menyantap pempek model juga berbeda dengan pempek tahu. Jika pempek tahu lebih enak jika digoreng terlebih dahulu, pempek model justru lebih enak disantap basah. “Kalau pempek tahu, isinya mayoritas tahu yang kemudian diselimuti tipis adonan pempek, pempek ini lebih enak jika dimakan dengan cara digoreng. Sedangkan Pempek Model lebih banyak adonan pempek dibanding tahunya. Model ini lebih enak dimasak sup daripada digoreng,” dikutip dari Kompas.com.

Pempek Lenggang


Seperti pempek tunu, pempek lenggang juga dimasak melalui proses pemanggangan. Bedanya, pempek lenggang menggunakan cetakan berbentuk mangkuk yang dibuat dari daun pisang. Cara membuatnya, adonan pempek lenjer dipotong kecil-kecil, lalu dimasukkan ke dalam cetakan yang sudah diisi telur kocok sebelumnya. Setelah itu, barulah pempek lenggang memasuki tahap pemanggangan. 

Rasanya pastilah sangat gurih karena dominasi telur.

Jika tak ingin ribet saat mencetak danmemanggangnya, pempek lenggang juga bisa dimasak langsung di atas pan sebagaimana membuat telur dadar. Namun tentu diperlukan minyak saat memasaknya. Proses ini menyebabkan pempek lenggang disebut dengan lenggang goreng. “Meski sama sama enak, namun pempek lenggang panggang lebih populer dibanding lenggang goreng,” dari Kompas Travel.

Pempek Dos


Pempek dos bisa dibentuk menjadi jenis pempek apa saja, baik kapal selam, lenjer, pistel dan lain sebagainya. Perbedaan pempek dos ini justru pada adonan yang tak menggunakan ikan sedikit pun. Bahan utama pempek dos adalah tepung kanji sehingga menghasilkan cita rasa yang kenyal dan garing. 

Pempek Belah


Varian pempek terakhir yakni pempek belah. Jenis ini tak bayak berbeda dengan pempek lenjer. Namun sebagaimana namanya, pempek ini dibelah lalu diisi dengan ebi, kecap dan cabe sebagaimana pempek panggang. 

Selain 12 jenis pempek di atas, banyak pula inovasi rasa yang dilakukan para pelaku usaha pempek. Dari inovasi tersebut lahirlah banyak ragam pempek lain seperti pempek sosis, yakni pempek lenjer yang diisi dengan sosis. Ada pula pempek keju yang saat digigit akan terasa lumeran keju yang lezat.Ada pula varian lain sesuai kreativitas koki. Jadi, di antara semua jenis pempek, mana yang jadi favoritmu?

Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia