Jual Kopi Lampung Barat Asli Paling Enak

Twitter
Facebook


Kode Produk Kopi A51
Harga Kopi Rp 17,000
Macam Kopi Lampung
  • Kopi Cap Bola Dunia (Tertua sejak 1911)
  • Kopi Sinar Dunia
  • Kopi Jempol Lampung
  • Kopi Durian
  • El's Kopi Lampung (hits)
  • Kopi Luwak Lampung
"Semua Kopi Lampung Asli & Terbaik Tersedia"
Range Harga Rp 17,000 - 70,000
Jenis Kopi Robusta Lampung / Asli Lampung Barat dan Tanggamus
Stok Kopi Ada (Kemasan 2,5 Ons, 5 Ons, dan 1 Kg)
Pemesanan 
Hubungi: 

Lihat Semua Jenis Kopi Disini >> Kopi Lampung


Jual Kopi Lampung Barat Online Asli Robusta | Ngupi Pay......  

Tentang Kopi | Sejarah dan Perkembangan Kopi

Salam Ngupi Dari "Lampung Barat"! Sebelum kita beranjak ke Kopi Sumatera dan Lampung Barat secara khusus, kita ulas sedikit yuk mengenai Sejarah Kopi. Bagaimana Kopi ditemukan dan Bagaimana Kopi Bisa Sampai di Tanah Nusantara Kita.. Yuk Mari Simak :)

Kopi adalah minuman yang sangat populer di dunia, bukan hanya di Indonesia hampir disemua negara minuman kopi menjadi minuman kategori favorit, oleh karena itu kopi masih menjadi komoditas utama ekspor bagi negara-negara penghasil kopi seperti Indonesia dan Brazil. Kopi pada saat ini mungkin bisa dikatakan menjadi minuman multilevel dapat dinikmati oleh semua kalangan dan  tidak memandang status sosial karena kopi sudah banyak dibudidayakan serta memiliki levelnya. Hal ini tentu berbanding terbalik jika kita melihat sedikit bagaimana sejarah mencatat bahwa kopi awal mulanya adalah minuman super elit, minuman para raja dan bangsawan Eropa.  

Lampung Coffe


Jika ditarik kebelakang, kopi ternyata pertama kali ditemukan oleh orang-orang di Benua Afrika, lebih tepatnya Ethiopia. Kalangan sejarawan percaya bahwa Abad – 8 lah pertama kali kopi mulai dimanfaatkan sebagai tambahan kedalam minuman, saat itu ada seorang penggembala kambing Abissynia melihat sekumpulan kambingnya yang memakan buah dari sejenis berry  dan ternyata kambingnya tidak bisa tertidur seperti biasanya. Lalu Ia mulai bereksperimen dengan memasak dan memakannya, ternyata memang benar memberikan efek yang luar biasa dapat mencegah kantuk, lalu seiring dengan berjalannya waktu kebiasaan ini menjadi meluas dan lazim di Benua Afrika. Perkembangan penyajiannyapun mulai berkembang yaitu dengan mencampurnya kedalam minuman lainnya seperti anggur atau bahan lain seperti lemak hewan. Namun hal ini masih cukup berbeda dengan penyajian beberapa kopi yang kita kenal pada saat ini, barulah setelah kopi masuk dan di kenal di dataran Arab pemrosesan dan penyajiannya menjadi lebih berkembang. Sebelum kopi diseduh, kopi melalui beberapa tahapan seperti direbus dan pengeringan untuk menghilangkan kadar air, lalu diproses untuk mendapatkan sari patinya sehingga didapatkan minuman kopi yang labih lezat. Kebiasaan Arab dalam mengkonsumsi kopi ini berhubungan dengan ritual keagamaan dimana orang-orang Arab yang ingin beribadah sholat di waktu malam hari dapat tetap terjaga. Kopi menjadi minuman stimulan yang mampu membuat badan tetap terjaga, oleh sebab itulah pada saat itu kopi dianggap sebagai minuman penting sejenis minuman yang memberikan energi. 

Kebiasaan Bangsa Arab mengkonsumsi kopi selanjutnya menyebar luas hingga ke Eropa, namun dalam jumlah yang sangat kecil, kopi hanya diperdagangkan dan dapat dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Pada saat itu pemasok kopi kewalahan kerena kopi begitu sangat diminati oleh orang-orang di Eropa, sehingga pada Abad – 16 bibit kopi secara resmi untuk pertama kalinya dibawa ke Eropa untuk ditanam. Pada saat itulah Bangsa Belanda merupakan salah satu yang berhasil membudidayakannya dan bertepatan dengan hal itu juga Bangsa Belanda berinisiatif membudidayakannya di Nusantara karena iklim yang sesuai dan tanah yang subur. Pada akhir abad 16 Kopi mulai ditanam di Pulau Jawa karena saat itu Indonesia masih dibawah kekuasaan VOC. Itulah awal mulanya bagaimana kopi di Indonesia ini ada.  


Jenis Tanaman Kopi | Kopi Robusta dan Arabika

Kopi adalah biji yang diambil dari tanaman kopi atau yang secara ilmiah saat ini dikenal 2 jenis: Kopi Robusta (Coffea robusta) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Keduanya merupakan sama-sama tanaman kopi namun karena spesiesnya berbeda kopi yang dihasilkannyapun berbeda, perbedaan ini baik dari aroma, kandungan senyawa seperti kafein, maupun rasanya. Kopi robusta adalah jenis kopi yang umum dibudidayakan di beberapa negara beriklim tropik dan subtropik dan lebih mudah tumbuh dibandingkan dengan kopi arabika yang membutuhkan suhu spesifik untuk tumbuh baik. Kopi Robusta sebenarnya adalah jenis kopi Asli dari Negara Kongo, dan bisa dikatakan kopi yang belum lama ditemukan karena baru akhir abad – 19 kopi robusta ini ditemukan. Karena lebih mudah dibudidayakan jika dibandingkan dengan kopi arabika, kopi robusta lebih banyak kita temukan atau mayoritas kopi yang dibudidayakan didunia adalah kopi robusta. Selain itu beberapa ahli kopi berpendapat bahwa kopi robusta masih kalah jika dibandingkan dengan kopi arabika, hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor yang menjadi daya tolak ukur antara lain: Tinggi rendahnya kandungan kafein, Keasaman, dan Rasa. Tentu jika berbicara minuman sangat berhubungan dengan selera, tidak bisa dikatakan secara keseluruhan bagus salah satu karena dari keduanya pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Ternyata banyak orang juga yang lebih memilih kopi robusta karena lebih pahit rasanya yang dalam.


Berbeda dengan kopi robusta, jenis kopi arabika hanya dapat tumbuh pada lingkungan yang spesifik dengan rentang suhu 18 Derajad Celcius sampai dengan 26 Derajat Celcius. Oleh karena itulah jenis kopi Arabika hanya dapat tumbuh pada dataran dengan ketinggian 600 meter hingga ketinggian 200 meter diatas permukaan laut. Perbedaan inilah yang menyebabkan cakupan budiadayanya lebih sedikit jika dibandingkan dengan kopi robusta dan harganya tentu sedikit lebih mahal dari kopi robusta. Kopi Arabika sendiri adalah jenis kopi Asli Afrika yang sangat tua jika dihubungkan dengan sejarah kopi karena kopi inilah jenis kopi yang pertama kali dimanfaatkan di Benua Afrika sebelum masuk ke Arab serta Eropa. 



"Enaknya" Kopi Sumatera | Lampung, Basemah, Sidikalang, Mandailing, Lintong, dan Kopi Gayo

Sebelum masuk ke ulasan “Kopi Lampung / Kopi Lampung Barat” kita harus mengenal beberapa jenis kopi yang ada di Indonesia khususnya Kopi Sumatera. Penggolongan jenis ini bukan secara ilmiah, namun lebih kepada brand daerah asal kopi karena kopi yang dihasilkan dibeberapa daerah di Sumatera dikenal cukup berbeda dan memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Kita tahu bahwa pada abad-16 lah kopi secara resmi di bawa oleh bangsa kolonial ke tanah nusantara kita. Oleh karena itulah bisa dikatakan banyak daerah di Indonesia telah menanam kopi sejak turun-menurun, bahkan hingga beberapa generasi. Beberapa kopi sumatera memiliki sejarah yang sangat panjang hingga menjadi beberapa kopi yang dikenal pada saat ini. 

Pemetik Buah Kopi Lintong Dolok
Kopi Sumatera (coffeshrub)


Kopi Sumatera ada banyak sekali yang telah dikenal hingga mancanegara karena memiliki cita rasa yang sangat khas. Kopi Sumatera ini tersebar dari Aceh hingga Sumatera bagian Selatan seperti Palembang dan Lampung, Oleh karena itu kita akan membahasnya mulai dari Lampung terlebih dahulu. Kopi Lampung khususnya Kopi Lampung Barat adalah salah satu kopi robusta terbaik di Nusantara, bahkan 7 tahun yang lalu kopi lampung yang dibudidayakan di Lampung Barat meraih penghargaan nasional sebagai kopi dengan mutu biji kopi terbaik. "Enak"-nya  Kopi Lampung ini sudah dikenal di Dunia, oleh karena itulah kopi lampung saat ini lebih banyak di ekspor untuk memenuhi pangsa dunia. Kopi tidak bisa serta merta dipisahkan dari sejarah Lampung karena kopi telah banyak mempengaruhi kultur kehidupan masyarakat sejak dahulu.  Setelah kopi lampung, selanjutnya adalah kopi Sumatera Selatan yang terkenal dengan kopi Besamah’nya. Kopi Basemah adalah jenis kopi robusta seperti kopi lampung yang memiliki cita rasa dan aroma yang snagat wangi. Kopi basemah yang konon adalah kopi kesukaan Ratu Yuliana saat masa kolonial ini banyak ditanam di Pegunungan Dempo. Kopi Basemah juga dikenal sebagai Kopi Pagaralam karena dibudidayakan di daerah Pagaralam, Sumatera Selatan. Semakin ke Utara kita mengenal Kopi Sumatera yang terkenal lainnya, yaitu Kopi Sidikalang, Lintongnihuta, dan Mandailing, semuanya merupakan jenis kopi terkenal dari Sumatera Utara. "Enak"-nya Kopi Sumatera Utara sangat terkenal, bahkan kopi Sidikalang merupakan kopi yang memiliki cita rasa tinggi yang dapat bersaing dengan Kopi dari Amerika Selatan, Kopi Brazilia. Kopi Brazilia adalah kopi yang cukup tua dan yang pertama ditanam di Benua Amerika, dibawa oleh agen khusus Letkol Palheta dari perkebunan Perancis pada abad-17. Kopi Brazilia sangat terkenal didunia dan menjadi salah satu kopi terbaik saat ini. Kopi Terakhir yang terkenal di dari Sumatera adalah kopi Gayo yang merupakan jenis kopi Arabika yang memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Kopi Gayo adalah salah satu kopi arabika terbaik yang dicintai oleh penikmat kopi Dunia. Kopi Gayo memiliki pangsa pasar yang sangat luas, sekaligus menjadi perkebunan Kopi Arabika terbesar di Benua Asia. Itulah keunggulan masing-masing jenis kopi Sumatera yang telah terkenal di dunia, semuanya memiliki kekhasan sendiri-sendiri sebagai hasil dari tanah bumi nusantara kita.

 


Tanah Lampung | Surganya Kopi Robusta

Daratan lampung khususnya Lampung Barat adalah tanah yang subur dan terkenal sebagai daerah penghasil komoditi lada, kakao, dan kopi. Kopi yang ditanam di lampung adalah jenis kopi robusta yang berpusat di lampung bagian Barat. Di sebagian Kabupaten Lampung Tengah, Tanggamus, Lampung Barat, dan Lampung Utara memiliki iklim mikro yang sangat tepat untuk pertumbuhan kopi terutama jenis robusta. Kopi robusta Lampung ini telah menjadi salah satu komoditas pertanian sejak dahulu kala semasa kolonial belanda berkuasa. Pada masa dahulu masyarakat Lampung banyak yang hidup dengan bertani Lada, cengkeh, serta kopi sehingga kultur hidup masyarakat Lampung sangat berkaitan dengan Kopi. Bahkan salah satu produsen kopi lampung terbaik yang ada saat ini telah ada sejak awal abad-19, sehingga bisa dikatakan bahwa Kopi sangat melekat erat dengan Provinsi Kami Lampung. *Paling Enak Ngopi Pagi Hari dengan Kopi Lampung :)

Kopi Lampung Robusta Siap Petik
kopi lampung robusta
Kopi Lampung (sayangi)

 
Kopi Lampung barat memilki tampilan dan rasa yang khas, kopi lampung barat dikenal lebih hitam dan saat diseduh sangat pekat, selain itu kopi lampung juga terasa lebih pahit. Ada juga rasa asam yang di hasilkan dari asam kopi, rasa asam ini menurut beberapa ahli kopi adalah kurang baik. Namun bagi sebagian orang justru perpaduan rasa asam dan pahit inilah yang menyebabkan kopi lampung sangat disukai dan banyak yang bilang "paling enak". Bahkan kopi lampung barat sangat terkenal di Jawa dan jika anda tahu seniman campur sari legendari Om Didi Kempot sampai membuat lagu yang berjudul “Kopi Lampung”. 

Sesuai sub-judul diatas, Lampung adalah surganya kopi robusta tidak berlebihan karena Lampung Barat adalah daerah penghasil kopi Robusta Terbesar di Indonesia bersama dengan Malang. Kabupaten Paling Barat dari Lampung ini memiliki iklim yang sejuk dengan topografi berbukit-bukit namun memiliki tanah merah yang sangat gembur sekali. Jika kita berkunjung ke Lampung Barat maka kita akan disuguhi kekayaan bumi pertiwi karena kita menjumpai bagaimana suburnya tanah Lampung Barat. Hampir di setiap tempat di pinggir jalan hingga halaman rumah tumbuh tanaman kopi cebol (hasil okulasi) dengan batang menjuntai ke tanah karena berat menopang buahnya yang besar-besar. Inilah Kopi Robusta Lampung. Bayangkan saja, ekspor kopi Lampung untuk Bulan Februari 2015 saja mencapai 13 ribu ton lebih atau jika dikalkulasikan senilai 28 juta dolar US. Oleh karena itulah komoditi kopi lampung snagat berperan dalam menyumbangkan devisa daerah dan negara. 



Kopi Lampung | Brand Kopi Paling Enak

Kopi Lampung khususnya kopi lampung barat memang sebagian besar diperuntukkan memenuhi pangsa luar negeri atau diekspor. Namun rnaknya kopi lampung juga dapat kita rasakan karena kopi lampung banyak dijual belikan baik yang original kopi robusta lampung, maupun dengan variasi seperti kopi Luwak dan kopi robusta rasa durian. Semuanya adalah kopi Lampung yang dapat anda temukan di pasaran, oleh karena itu sebagai bahan referensi berikut ini kami sajikan beberapa brand atau merk kopi kopi Lampung yang bisa anda temukan:

1.  Kopi Cap Bola Dunia | Kopi Bubuk Tertua di Lampung Sejak 1907

Kopi Cap Bola Dunia atau Sinar Baru Cap Bola dunia adalah kopi bubuk tertua di Provinsi Lampung yang telah berdiri sejak awal abad -19 , tepatnya tahun 1907. Kopi Lampung ini adalah salah satu kopi yang sangat dikenal di Lampung terutama pecinta kopi Lampung. Kopi yang terkenal dengan logo Bola Dunianya ini memiliki rasa gurih yang dalam dari robusta lampung serta memiliki aroma yang wangi. Teknik pengolahan dan pemrosesan yang konsisten membuat kopi bubuk tertua ini masih terus bertahan bahkan saat ini sangat dikenal di Luar Lampung. Cita rasa yang dihasilkan dari proses semi tradisional tetap original tidak berubah menjadi kunci sukses produsen kopi bola dunia ini. Kopi Bola Dunia memiliki beberapa produk yaitu kopi hitam kemasan oleh-oleh yang dibungkus dengan kertas kopi berukuran, 250 Gram, 500 Gram, dan 1 KG. Ada juga yang dubungkus secara modern menggunakan alumunium foil grade untuk menjaga kualitas kopi berukuran 250 gram dan kaleng 1 KG.  Lihat: Kopi Bola Dunia Kemasan 250 Gram

Kopi Lampung Bola DUnia
Kopi Lampung

 2. El’s Coffe | Kopi Lampung Kualitas Premium

El’s Coffe adalah produsen kopi Lampung yang saat ini memproduksi semua kopi terkenal di Indonesia, Mulai Kopi Papua hingga Kopi Aceh. Bukan hanya sebagai produsen kopi bubuk Induk El’s Coffe merupakan perusahaan distributor yang menginport kopi lampung sejak dahulu. Saat ini El’s Coffe memiliki Beberapa Outlet Modern  yang bisa anda kunjungi di Kota Bandar Lampung, Bahkan saat ini El’s Coffe telah membuka Cabangnya di beberapa Kota Besar di Indonesia. Kunci dari produk El’s Coffe adalah kualitas Premium sesusai dengan motonya pure indonesian coffe semua jenis kopi indonesia dengan rasa asli.  Produk El’s Coffe tentu sangat banyak sekali, khusus Kopi Lampung produk El’s adalah El’s Robusta Lampung, El’s Durian Kopi, dan El’s Lampung Gold. Jika anda ingin menikmati kopi premium robusta lampung El’s bisa menjadi referensi bagi anda. Lihat: Macam-macam Produk dari El's Coffe

El's Cofe Lampung
El's Coffe

 

3. Kopi Durian | Variasi Modern dari Kopi Robusta dan Durian Lampung

Kopi durian saat ini sangat digemari karena merupakan sebuah produk baru yang memiliki cita rasa unik dan khas. Kopi Durian di Produksi di Lampung, tepatnya Bandar Jaya Lampung Tengah oleh CV. Asnafala. Kopi Durian dibuat dari Biji Kopi Robusta Pilihan dipadukan dengan rasa durian sehingga menjadi minuman adaptasi tradisional yang lebih modern. Kopi Durian ini bisa anda dapatkan di berbagai Oleh-Oleh Lampung serta Toko Online Kami ini, Untuk 1 Kotaknya terdiri dari 5 Sachet dengan berat bersih 15 Gram yang dapat anda seduh secara instan. Jika anda ingin mencicipi ke"enak"-an kopi dengan cita rasa yang baru, kopi durian original lampung mungkin menjadi pilihan yang pas. Lihat: Durian Coffe Original Lampung

Kopi Durian Lampung
Kopi Durian Lampung

4. Kopi Sinar Dunia

Kopi Bubuk Ini adalah kopi bubuk lampung lainnya yang dibuat oleh perusahaan “Kopi Bubuk Sinar Dunia” yang terletak di Kota Bandar Lampung. Kopi dengan aroma yang wangi ini memilki rasa yang lezat dan merepresentasikan "Enak"-nya rasa asli kopi lampung. Seperti kopi robusta lampung lainnya, kopi Sinar Dunia memiliki warna yang sangat pekat dengan sedikit rasa asam. Untuk kemasannya saat ini tersedia kemasan 250 gram dan 500 gram, kemasan tas cantik yang snagat pas sebagai oleh-oleh. Oleh karena itu jika anda ingin membawa kopi lampung sebagai buah tangan maka kopi sinar dunia ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Lihat: Kopi Lampung Sinar Baru Kemasan 250 Gram

Kopi Lampung Sinar DUnia
Kopi Sinar Dunia

5. Kopi Jempol | Kopi JP, JS, dan Anak Jempol

Kopi Jempol adalah salah satu kopi yang cukup dikenal di Lampung, Kopi Jempol (JP), Jempol Sakti (JS) dan Anak Jempol adalah beberapa kopi yang menggunakan nama jempol dan dapat anda temukan di Lampung. Kopi Jempol (JP) dikenal luas dilampung dalam kemasan yang sangat bervariasi mulai dari 100 gram Sachet, 250 Gram Sachet, 500 Gram, hingga 500 Gram. Kopi ini telah dikenal sejak dahulu karena memiliki rasa yang sesuai dengan selera ngopi masyarakat kebanyakan. Kop Jempol Lampung JP ini di Prduksi di  Urip Sumoharjo, Kota Bandar Lampung. Untuk Jempol Sakti (JS) dan Anak Jempol lebih ditujukan kepada konsumen yang singgah di Lampung dan ingin mencicipi atau membawa pulang Kopi Lampung, oleh karena itu bisa anda temukan di beberapa pusat oleh-oleh lampung. Untuk Kemasannya dan ukurannya yaitu 250, 500 Gram, dan 1 Kilogram. Semuanya memiliki kekhasan dan tergantung dengan selera ngopi kita, yang pasti kopi lampung adalah salah satu kopi terbaik dan ter-"Enak" diIndonesia. Apapun merk atau brand’nya tidak masalah karena kembali lagi kepada selera kita masing-masing. Lihat: Kopi Anak Jempol

Kopi Jempol Asli Lampung
Kopi Jempol Lampung

Penutup
Itulah Referensi Kopi Indonesia khususnya Kopi Lampung, Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa jika anda ingin memesan salah satu produk kopi diatas kami menyediakannya. Anda bisa mengubungi Nomor Kami di 08971218773, silahkan telepon, SMS, Watsapp, bisa juga Line, kami akan respon secepatnya. Tetap Cintai Produk Indonesia Ya,! Salam Ngupi dari Lampung!


Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia