Harga Keripik Pisang Yen Yen Lampung

Twitter
Facebook
Keripik Yenyen Khas Lampung
Kode Produk A50
Harga Rp 14,000 - 60,000
Jenis Keripik
  • Keripik Aneka Kembang (Rp 14,000)
  • Keripik Aneka Tas (Rp 15,500)
  • Keripik Aneka Kotak (Rp 30,000 60,000)
Pemesanan
Berat 130 gram, 250, 450, dan 900 Gram
Stok Barang Selalu Ready Stock
Rasa Coklat (Best Seller), Moka, Keju, Susu, Strawbery, Melon, Durian, Manis, Asin, BBQ, Sapi Panggang, Jagung Bakar, dll.


Ulasan Lengkap Keripik Yen-Yen "Keripik Pisang Aneka Rasa" | Keripik Lampung

Keripik adalah salah satu jajanan paling dikenal di Indonesia, mulai dari keripik konvensional yang dibuat dirumah-rumah hingga keripik yang diproses dan dikemas secara modern serta dijual di toko. 


Kata keripik sebenarnya mengacu pada jenis makanan yang dipotong tipis lalu di masak dengan minyak nabati alias minyak goreng sehingga memiliki tekstur yang renyah. Semua bahan bisa menjadi keripik, tidak hanya bahan-bahan umum seperti singkong atau pisang karena pada saat ini ada banyak sekali variasi jenis keripik.

Keripik Aneka Yenyen
Jenis-jenis keripik ini ada yang terbuat dari buah-buahan seperti keripik mangga, apel, salak, buah naga, hingga keripik semangka. Selain buah-buahan ada juga jenis keripik yang dibuat dari sayur mayur, seperti keripik bayam, keripik daun singkong, keripik daun salam, hingga keripik daun kemangi. Bahkan ada juga keripik yang dibuat dari berbagai bahan hewani seperti keripik kulit ayam, keripik ikan, dan keripik belut. 

Keripik Aneka Lampung
Keripik Aneka Lampung

Keripik memang masih menjadi salah satu jajanan paling di gemari, hal ini tentu berhubungan dengan lidah orang Indonesia yang cukup akrab dengan rasa keripik. 


Selain itu keripik adalah jajanan multilvel, mengapa bisa disebut demikian? Tentu karena semua kalangan mulai dari masyarakat ekonomi bawah hingga yang sangat mampu pasti doyan atau paling enggak pernah mencicipi yang namanya keripik. 


Selain harganya sangat terjangkau proses pembuatannyapun sangat mudah sekali, bahan-bahan yang digunakan untuk proses pembuatannya sangat sederhana dan dapat ditemukan dengan mudah.

Lihat: Macam - Macam Keripik Pisang Khas Lampung | Berbagai Merk

Proses Pembuatan Keripik

Keripik dibuat dengan memotong bahan utama yang hendak dijadikan sebagai keripik, misalnya singkong atau pisang. Singkong atau Pisang dipotong setipis mungkin agar nanti bisa didapatkan tekstur keripik yang renyah tidak keras saat dimakan. 

keripik yenyen lampung
Keripik Yenyen

Perlakuan selanjutnya bisa berbeda-beda tergantung dari bahan yang digunakan, ada yang direndam dalam air, ada yang direndam dalam larutan garam, ada juga yang direndam didalam larutan kapur, sekali lagi tergantung jenis bahan yang digunakan dan tujuan dari perlakuan. Setelah irisan bahan keripik telah siap, maka tahap slanjutnya adalah penggorengan dimana bahan dimasukkan dalam minyak nabati yang panas. 

Yang perlu diperhatikan adalah keripik harus benar-benar terendam seluruhnya didalam minyak, selain itu hal penting lainnya adalah nyala api yang besar harus konsisten oleh karena itu sebaiknya gunakan kompor besar. Setelah keripik matang tahap selanjutnya adalah pengangkatan, pengangkatan dilakukan saat keripik benar-benar matang yang ditandai dengan warna kuning (pisang atau singkong) serta keripik terapung keatas karena kandungan air pada bahan tadi telah menguap seluruhnya. 

Keripik yang telah diangkat dapat ditiriskan agar minyak yang ada pada keripik berkurang karena keripik yang memiliki kandungan minyak akan cepat rusak atau bisa dikatakan minyak akan merubah tekstur dari keripik sehingga tidak renyah lagi. Setalah proses penirisan selesai, tahap berikutnya adalah balurisasi *istilah sendiri*, atau pemberian taburan seperti garam halus, bumbu, atau berbagai powder instan yang memiliki rasa khusus. 

Ada pula keripik polos tidak diberikan perlakuan tambahan, sehingga memiliki rasa original dari keripik. Rasa adalah salah satu faktor penting yang menentukan enak atau tidaknya keripik, hal ini juga yang menjadikan keripik yenyen lampung dalam bahasan ini bisa eksis dan menjadi salah satu keripik dari Lampung paling digemari. 



Sebelum melangkah ke pembahasan selanjutnya, perlu diketahui bahwa seiring dengan perkembangan peralatan modern pembuatan keripik tidak hanya terbatas pada proses penggorengan saja. Pada saat ini peralatan seperti oven dapat digunakan untuk membuat keripik, yaitu dengan cara menghilangkan kadar air bahan pada presentase yang sesuai, sehingga bisa renyah seperti halnya digoreng. 

Beberapa bahan seperi buah adalah bahan dengan kadar air tinggi dan memiliki tekstur yang tidak memungkinkan untuk digoreng, oleh karena itu dengan menghilangkan kadar air sampai pada presentase minimum maka bisa didapatkan tekstur yang renyah. Pengovenan adalah proses yang sangat membantu industri keripik modern, selain mudah juga sangat fesien karena dengan menguapkan bahan, maka kandungan gula pada bahan tidak ikut menguap sehingga keripik tidak kehilangan rasa manis atau rasa khas dari bahan yang digunakan. Teknik inilah yang paling banyak dipakai oleh pembuat keripik buah di kota Malang. 

Foto Dibawah ini Adalah Proses Penggorengan Keripik Pisang Konvensional



Keripik Pisang | Keripik Paling Familiar di Indonesia

Keripik pisang adalah keripik paling familiar di Indonesia bersama dengan keripik singkong, tentu saja karena kedua bahan paling mudah untuk didapatkan. Tidak dimanapun tempatnya pasti ada singkong dan pohon pisang yang tumbuh, kedua tanaman ini sangat mudah untuk hidup di tanah tropis kita. Selain cukup mudah beradaptasi terhadap lingkungan, kedua tanaman termasuk jenis tanaman yang sangat cepat tumbuh dan berkembang biak sehingga cukup mendominasi diberbagai tempat. Kedua tanaman ini juga banyak ditanam oleh petani karena cukup mudah dibudidayakan serta tidak sulit pemeliharaannya.

Pisang adalah buah tropik yang sangat kental dengan kuliner nusantara, banyak sekali makanan yang menggunakan buah pisang sebagai bahan utama pembuatannya. Tak terkecuali keripik, keripik pisang banyak dibuat dikampung-kampung sebagai cemilan, bahkan pada acara-acara besar keripik pisangpun kadang masih menjadi salah satu makanan yang ikut meramaikan. Kebiasaan ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti yang telah disebutkan diatas yaitu karena buah pisang sangat mudah untuk didapatkan. 


Selain itu proses pembuatan keripik pisang juga sangat mudah sekali dengan bahan-bahan sederhana, sehingga dengan sedikit tenaga bisa dihasilkan banyak keripik. Keripik pisang juga menjadi makanan yang cukup merakyat dan diterima oleh banyak orang oleh karena itu banyak yang membuatnya. Pada saat ini keripik pisang tidak terbatas hanya pada jajanan yang dibuat saat ada hajat atau sekedar ingin membuatnya saja, saat ini keripik pisang telah menjadi jenis keripik yang memiliki nilai jual. 

Memang keripik pisang konvensional yang banyak dijual diwarung-warung masih memiliki nilai ekonomi yang rendah, jika kita lihat mayoritas warung pasti menujualnya dengan beberapa ribu rupiah. Namun karena banyak persaingan di industri kuliner rumah tangga, ternyata banyak yang berinovasi sehingga keripik pisang tidak hanya sebatas jajanan yang memiliki nilai jual rendah. Saat ini banyak keripik pisang yang menjelma menjadi kuliner dengan harga puluhan kali lipat lebih mahal. Keripik pisang menjadi jajanan yang lebih elit, memiliki singgasananya sendiri, namun tetap memiliki konsumen setia. Ya, keripik pisang sepertinya masih akan terus eksis seiring dengan konsistensinya selera kuliner orang Indonesia.

Yen-yen Lampung | Brand Oleh-Oleh Paling Eksis

Sebelum kita membahas mengenai Keripik’nya Yenyen Ayo dijawab dulu Pertanyaan ini :) : apakah anda pernah mengunjungi Lampung? Dan Apakah anda membeli oleh-oleh makanan atau buah tangan? Apa yang anda beli? Keripik, Lempok, Sambal, ataukah Kopi?

Jika anda pernah mengunjungi Lampung anda wajib untuk membawa buah tangan terutama oleh-oleh makanan khas Lampung. Oleh-oleh yang tidak boleh anda tinggalkan saat brkunjung k Lampung adalah Keripik Pisang, Lempok, Sambal Lampung, dan tentu saja Kopi Lampung, bisa kopi robusta biasa, kopi durian original lampung, atau bahkan kopi luwak dari Lampung Barat. 

Semuanya adalah oleh-oleh khas lampung yang harus anda bagikan cita rasanya kepada keluarga, teman, serta kerabat untuk mengenalkan kekhasan kuliner Lampung. Semua produkan kuliner khas lampung tersebut bisa dikatakan sangat kental dengan Yenyen. Yenyen adalah brand yang sudah sangat terkenal sejak dahulu sebagai produsen sekaligus menjual berbagai oleh-oleh khas lampung. Yenyen yang terkenal dengan logo ayamnya ini memiliki banyak produk unggulan seperti: Keripik Aneka Rasa Yenyen, Lempok Yenyen 88, Sambal Lampung Yenyen, Kopi Lampung Yenyen, Kopi Luwak yenyen, dan Lain-lain. Semuanya adalah kuliner kering utama yang harus anda cicipi dan bawa saat singgah di tanah bumi ruwai jurai. 

Foto Toko Oleh-Oleh Manisan Yenyen Lampung
Toko Oleh-Oleh Manisan Yenyen Lampung (tripadvisor)

Produk Yenyen menjadi oleh-oleh makanan lampung yang paling banyak diburu oleh pecinta kuliner lampung sejak dahulu. Yenyen memiliki outlet oleh-oleh khas lampung di teluk betung yang saat ini menjadi salah satu pusat oleh-oleh terbesar di lampung. 

Jika anda ingin mampir atau mengunjungi pusat oleh-oleh lampung anda bisa berkunjung di Pusat Manisan Yenyen di Jl. Ikan Kakap No. 86, TBS (Teluk Betung Selatan), Kota Bandar Lampung. Selain produk terkenal dari yenyen disini juga terdapat banyak sekali produk makanan khas lampung yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Atau jika anda ingin memesan produk yenyen ini anda bisa menghubungi customer service kami di (08971218773), bisa call atau sms.


Produk Keripik Yen-Yen Khas Lampung | Aneka Rasa Polos dan Aneka Rasa Kembang

Selain Lempok dan Sambal, produk yenyen yang paling banyak diminati adalah keripik pisangnya. Keripik yenyen sendiri adalah salah satu keripik pisang paling dikenal di Lampung selain brand-brand terkenal lainnya. Berikut ini adalah Deskripsi Produk “Keripik Pisang Yenyen Lampung”:  

      1. Keripik Aneka | Keripik Yenyen Kemasan Tas Oleh-oleh

Inilah produk keripik yenyen yang paling banyak diminati oleh konsumen, karena pada saat ini produk keripik pisang aneka rasa tas ini sangat dikenal bahkan diluar Lampung sendiri. Jika kita sudah pernah ke Lampung pasti tahu produk keripik pisang yenyen yang satu ini, bahkan brand  keripik pisang aneka rasa yenyen ini bisa dikatakan sudah begitu melekat pada oleh-oleh lampung. Saat pertama kali kita menginjakkan kaki si Pulau Sumatera kita pasti akan disambut oleh wajah keripik pisang  keripik pisang aneka rasa ini karena disepanjang jalan di Pelabuhan Bakauheni dan beberapa lokasi di Lampung Selatan banyak dijual  keripik pisang aneka rasa.

Mengapa keripik pisang aneka rasa Yen Yen  begitu dikenal? Apa yang istimewa dari keripik pisang ini?

Jika kita pernah melihat dan mencicipinya pasti kita akan langsung tahu ada banyak sekali kunggulan keripik pisang aneka jika dibandungkan dengan jenis keripik pisang biasa. Yang pertama adalah tekstur,  keripik pisang aneka rasa YEN YEN memiliki ukuran yang cukup besar dengan bentuk yang sangat tebal, mungkin ketebalannya 2-3 kali lipat dari keripik biasa. Meskipun tebal, keripik pisang aneka rasa Yen Yen memiliki tekstur yang begitu renyah, disinilah faktor pembeda yang sangat kontras dari jenis keripik pisang lain. Yang kedua adalah dari variasi rasa, keripik pisang aneka rasa Yen Yen sudah terkenal lezat dan pasti akrab dengan lidah siapapun, namun hal ini tidak terbatas pada kedalaman rasa melainkan keripik pisang aneka menawarkan banyak sekali varian rasa sesuai dengan selera. Ada rasa buah seperti melon, strawbery, dan durian (rasa baru), rasa dasar seperti manis dan asin, serta rasa lainnya yaitu: susu, keju, moka, balado, dan tentu saja rasa coklat yang paling banyak diminati dan menjadi best seller

Faktor unggul yang terakhir adalah dari segi tampilan yang sangat pas sebagai buah tangan, dimana keripik pisnag lampung memang sebagian besar dijual sebagai oleh-oleh khas lampung. Oleh karena itulah tampilan yang menarik serta kemasan tas dengan netto 250 gram atau 2,5 Ons sangat pas sekali menjadi oleh-oleh. Untuk lebih detilnya silahkan klik: Keripik Aneka Lampung Kemasan Tas | 250Gram 

 2.  Keripik Aneka Rasa Kemasan Kotak | Yen Yen Kemasan Kardus 450 & 900 gram

Sebenarnya keripik pisang ini adalah keripik pisang aneka rasa Yen Yen polos variasi rasa seperti halnya dengan keripik pisang aneka rasa Yen Yen kemasan tas diatas. Ini kami bedakan karena dari segi tampilan kemasan dan tujuan cukup berbeda, selain itu banyak dari konsumen mengenal salah satu saja. Keripik pisang aneka ini juga tersedia banyak varian rasa antara lain: Coklat, Keju, Moka, Durian, Strawbery, Susu, dan lain-lain.  

Keripik Pisang Aneka Yenyen Asli Lampung

keripik pisang aneka rasa Yen Yen ini telah dikemas dalam kardus cantik dengan label khasnya Aneka Yenyen, ada 2 jenis ukuran yakni netto 450gram dan netto 900gram. Kemasan ini lebih cocok untuk anda yang ingin memberikan oleh-oleh dengan ukuran yang lebih besar, so disesuaikan dengan tujuan dan keinginan anda. Selain itu kemasan kotak lebih aman dari guncangan dibandingkan dengan kemasan tas yang lebih rentan dan harus melakukan packing lagi. Kemasan kotak menjadi kurang efesien jika kita membeli dalam jumlah banyak lebih dari 5Kg, karena dibandingkan kemasan tas bisa dimampatkan saat packing. Selain itu Kemasan kotak membutuhkan ruang yang lebih besar daripada kemasan tas. Untuk lebih detilnya silahkan klik: Keripik Aneka Yenyen Kemasan Kotak | Berat Bersih 450 dan 900 Gram


      3. Keripik Aneka Kembang | Alumuniom Foil Food Grade 130 Gram


Berbeda dengan kedua produk keripik pisang aneka rasa Yen Yen diatas, baik dari segi bentuk, tampilan, maupun kemasannya keripik pisang aneka kembang jauh berbeda. Jika kedua produk diatas ditujukan sebagai keripik khusus oleh-oleh, keripik aneka kembang sedikit berbeda karena dari segi kemasan jauh lebih kecil dan terbuat dari plastik bin alumunium foil. Kemasan ini jauh lebih modern seperti halnya jenis snack pada saat ini, yaitu kemasannya berbahan plastik atau alumunium foil.

Untuk ukurannya termasuk ukuran sedang dengan berat bersih keripik 130 gram. Untuk keripiknya sendiri memiliki bentuk bulat karena pisang dipotong membujur, bukan melintang seperti keripik pisang pada umumnya, sehingga pisang memiliki ukuran bulat kecil. Ukuran ini sangat pas untuk dinikmati oleh semua umur, karena anak-anak lebih mudah untuk memakannya. Selain itu dari segi bentuk keripik pisang aneka rasa Yen Yen kembang ini tidak polos, melainkan memiliki corak melintang dan membujur karena pada saat proses pemotongan dipotong menggunakan pisau potong garis. Oleh karena itulah dinamakan keripik pisang kembang. Keripik pisang kembang sangat pas sebagai snack untuk bepergian, nonton televisi, berkumpul bersama keluarga, atau sekedar menjadi teman minum teh dan kopi.

Penutup

Itulah beberapa produk keripik pisang khas Yenyen Lampung, Untuk pemesanan anda bisa menghubungi [08971218773].  Kami beralamat di Kedaton, Bandar Lampung, oleh karena itu keripik langsung kami ambil dari produsennya dan kami kirim dari kota Bandar Lampung. Untuk pengiriman bisa menggunakan berbagai kurir seperti JNE, POS, WAHANA, DACOTA, ESL LORENA, atau kurir yang anda kehendaki dan tersedia di Kota kami Bandar Lampung.


Keripik Yenyen adalah produk asli daerah lampung yang menjadi ciri khas, identitas, sekaligus kebanggaan Lampung. Mari tetap cintai produk dalam negeri Kita! Salam @Makanan Lampung


 "Keripik Pisang Yen-Yen Aneka Rasa" (by: novelitoei)

Keripik pisang merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis lalu digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui dan dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diizinkan. Biasanya keripik pisang rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Keripik pisang ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa.

Keripik pisang merupakan salah satu jajanan ringan yang biasanya disajikan ketika santai di rumah.
Tujuan pengolahan buah pisang menjadi keripik pisang adalah untuk memberikan nilai tambah, meningkatkan atau memperpanjang umur simpan buah pisang, serta menambah varian produk baru dari buah pisang itu sendiri. Syarat mutu keripik pisang dapat dilihat pada SNI 01-4315-1996, Kripik Pisang.

Prosedur operasional mengolah keripik pisang terdiri dari beberapa teknik mencakup menyiapkan bahan baku keripik pisang, menyiapkan peralatan keripik pisang, menyiapkan kemasan keripik pisang, menyiapkan alat kupas keripik pisang, menyiapkan alat iris keripik pisang, menyiapkan alat pencucian keripik pisang, menyiapkan perendaman keripik pisang, menyiapkan alat penggorengan keripik pisang, menyiapkan alat penirisan minyak keripik pisang, menyiapkan pemberian bumbu pada keripik pisang, menyiapkan alat pengemasan keripik pisang, menyiapkan pelabelan kripik pisang (jika kalian ingin menjual keripik pisang), dan menyiapkan penyimpanan keripik pisang.

Varian Rasa Keripik Aneka

Untuk saat ini, keripik pisang sudah memiliki variasi rasa. Variasi rasa dari keripik pisang yang terkenal adalah keripik pisang coklat khas daerah Lampung. Keripik pisang ini pembuatannya melalui proses oven dan bukan digoreng sehingga umur simpannya bisa lebih tahan lama dan juga sudah memiliki berbagai varian rasa. Variasi rasa keripik pisang yang paling terkenal lainnya adalah rasa asin, rasa manis, rasa coklat, rasa keju, rasa mocca, rasa susu, rasa barbekyu, rasa balado, rasa sapi panggang, dan rasa strawbery.

Olahan keripik pisang sangat menjanjikan untuk dijadikan usaha karena buah pisang di Indonesia sangatlah banyak, sehingga potensi menjadikan keripik pisang sebagai usaha sangatlah besar. 

Bahan-bahan yang ada pada saat membuat keripik pisang adalah sebagai berikut:
·         Pisang
Adalah bahan baku dalam pembuatan keripik pisang. Pisang yang dipilih adalah pisang yang sudah tua dan masih mentah sehingga mudah diiris-iris tipis- tipis dan dibentuk sesuai dengan selera konsumen. Syarat mutu buah pisang kepok dapat mengacu pada SNI 01 – 4481 – 1998.
·         Air Bersih
Air dalam pembuatan keripik pisang digunakan untuk mencuci buah pisang. Air yang digunakan harus memenuhi persyaratan air minum dan air bersih sesuai standar yang diberikan oleh Permenkes RI No. 416/MENKES/PERK/IX/90. Air yang dimaksud adalah air yang tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, dan tidak mengandung zat yang membahayakan.
·         Minyak goreng
Minyak goreng yang digunakan pada pembuatan keripik pisang adalah minyak kelapa yang bermutu baik yakni jernih dan tidak tengik yang sesuai dengan SNI 01 – 3741 – 2002. Menggunakan minyak goreng dengan kualitas rendah pada proses penggorengan keripik pisang akan menghasilkan kripik yang tidak tahan lama alias cepat tengik.
·         Bahan tambahan pangan
Dalam pembuatan keripik pisang dapat ditambahkan bahan tambahan pangan. Tujuan penambahan bahan tambahan pangan adalah untuk memperbaiki tekstur, rasa, dan penampakan. Penggunaan bahan tambahan pangan baik jenis mau pun jumlahnya harus memenuhi persyaratan yang dianjurkan oleh SNI 01-0222-1995.

Untuk membuat keripik pisang prosesnya sangatlah mudah sekali, berikut ini adalah resep cara membuat keripik pisang :
Bahan-bahan yang kalian perlukan untuk membuat keripik pisang sebagai berikut :
·         Pisang kepok yang masih berwarna hijau sebanyak 1 sisir
·         Kapur sebanyak 1 sendok teh yang direndam bersamaan dengan air bersih sebanyak 1 liter
·         Minyak goreng secukupnya
·         Bumbu tabur sesuai selera kalian
Cara membuat keripik pisang :
1.     Buah pisang dikupas semua kemudian buah pisang yang sudah dikupas diiris tipis-tipis sesuai selera kalian
2.     Setelah buah pisang diiris tipis, irisan buah pisang direndam ke dalam air kapur selama 1 jam
3.     Setelah irisan buah pisang direndam ke dalam air kapur, irisan buah pisang diangkat lalu dicuci sampai bersih dengan menggunakan air bersih
4.     Minyak dipanaskan
5.     Irisan buah pisang digoreng dengan minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan garing
6.     Keripik pisang yang sudah matang ditiriskan minyaknya kemudian didinginkan
7.     Keripik pisang siap ditaburi dengan bumbu rasa-rasa sesuai selera kalian
8.     Setelah keripik pisang ditaburi bumbu rasa-rasa, keripik pisang siap dikemas

Untuk masalah mengenai pengemasan, sebaiknya kalian mengemasnya dengan dibungkus plastik aluminium foil supaya keripik pisang umur simpannya lebih tahan lama dan lebih higenis.
 
Jika kalian ingin membuat keripik pisang dalam skala besar, kalian tinggal perlu mengkalikan jumlah bahan-bahannya yang diperlukan. Dan apabila kalian ingin membuat usaha keripik pisang berkapasitas yang besar, disarankan kalian untuk menggunakan mesin perajang buah pisang agar proses pengerjaannya efisien. Untuk harga mesin perajang buah pisangnya itu sendiri sekita Rp 4 juta. Sekiranya menurut kalian terlalu mahal dan belum mempunyai uang untuk membeli mesin perajang, kalian bisa membuat keripik pisang secara manual saja.

Untuk masalah mengenai pemasaran, kalian bisa menggunakan sistem offline atau dengan sistem online ini bebas terserah kalian maunya bagaimana bisa dipakai kedua-duanya sistem tersebut atau hanya salah satu sistem saja yang kalian pakai. Untuk sistem offline, kalian bisa memajang keripik pisang kalian ditoko-toko di daerah kalian tapi, sistem pembayarannya bisa sistem kredit atau sistem bayar belakangan setelah dagangan keripik pisang laku habis terjual atau bisa juga kalian membuat halaman rumah kalian untuk memajang dagangan keripik pisang kalian. 

Untuk sistem online, kalian bisa memasarkannya melalui jejaring media sosial yang kalian punya bisa menggunakan facebook, twitter, whatsapp, bbm, instagram, dan line. Jika kalian ingin terlihat profesional, kalian bisa menggunakan website. Untuk penggunaan website pribadi kalian hanya mengeluarkan uang sebanyak Rp 60 ribu dan kalian bisa memasarkan dagangan keripik pisang kalian. Keuntungan dari sistem online ini adalah uang yang kalian terima cash dan biasanya biaya pengirimannya ditanggung oleh pembeli.
Cukup sampai di sini saja mengenai pembahasan lengkap tentang keripik pisang.


Macam Macam Keripik Pisang (By: Silviee) 

Inovasi kuliner akhir-akhir ini memang patut diapresiasi, kreatifitas dalam mengolah dan menyajikan makanan ke konsumen menjadi satu kebutuhan tersendiri saat ini. 
Inovasi kuliner bukan hanya membuat produk atau makanan baru yang sedang banyak di gandrungi di pasaran. Akan tetapi mengolah makanan yang sudah ada dengan variasi baru yang membuat konsumen tidak bosan dan ingin mencobanya.
Salah satu makanan yang juga diinovasikan oleh para pengusaha pangan di indonesia adalah keripik pisang. Keripik pisang memang bukan makanan baru di jagat kuliner saat ini, keberadaannya mungkin sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, meskipun tidak ditemukan jelas darimana awal mula keripik pisang ini berasal. 
Keripik pisang sendiri banyak tersebar dan cukup terkenal di berbagai provinsi di Indonesia. Hal itu karena pohon pisang tumbuh subur di Indonesia yang beriklim tropis. Pohon pisang biasanya tumbuh di daratan rendah sampai dengan ketinggian 1.000 mdpl, bahkan beberapa jenis pisang bisa tumbuh sampai pada ketinggian 2.000  mdpl. Belum ada budidaya pisang dalam skala besar di Indonesia, biasanya para petani hanya menanam pisang dipekarangan , pematang sawah atau kebun – kebun kecil. 
Akan tetapi meskipun belum ada budidaya pisang dalam skala besar,  kebutuhan pisang dalam negeri sudah tercukupi dan bahkan beberapa diantara petaninya sudah mampu mengekspor ke luar negeri.  Tercatat pada tahun 2016 indonesia mengekpor pisang sebanyak 17,4 juta ton ke berbagai negara.

Beragam Jenis Keripik Pisang


Jenis pisang yang tersebar di Indonesia pun cukup banyak antara lain, pisang raja, pisang ambon, pisang barangan, pisang mas, pisang giant cavendish,  pisang nangka, pisang tanduk, pisang ambon, pisang kidang dan banyak jenis pisang lainnya. Untuk membuat keripik pisang yang berkualitas pisang harus memiliki kandungan pati yang tinggi antara 16,5 sampai 19,5 persen. Pati sendiri adalah semacam karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air.
Selain itu pisang yang dijadikan kripik juga bukan pisang yang sudah matang sempurna, tapi pisang tua yang siap panen. Karena jika pisang terlalu matang maka akan membuat kripik sulit kering dan gosong sedangkan jika terlalu muda pisang mengandung ngetah dan rasanya pun akan sepah. Dan satu lagi, tidak semua pisang tersebut dapat dijadikan keripik pisang. Dari banyak pisang, hanya ada beberapa yang dapat dijadikan keripik antara lain ; Pisang Raja , Pisang Kepok, Pisang Nangka dan Pisang Tanduk. 
Keripik pisang pada umumnya memiliki rasa yang guring dan terkstur yang garing dan renyah. Tapi saat ini banyak varian rasa pisang yang banyak beredar di indonesia antara lain: 
  • KERIPIK PISANG ASIN / ORIGINAL
    Keripik pisang dengan rasa asin memang merupakan rasa asli dari keripik pisang pada awalnya. Dimana pada saat pembuatan kripik pisang ini hanya ditambahkan sedikit garam untuk mengurangi kadar getah dalam pisang dan memperkuat rasa asli pisang itu sendiri. Saya pribadi lebih suka dengan rasa original dari keripik pisang ini, karna jika memakan dalam jumlah banyak tidak membuat enek.

    Tapi tentunya setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Keripik pisang rasa original ini banyak dijual ditoko kueh kering dengan kisaran harga Rp. 33.000 sampai dengan Rp. 35.000 / 500 gram. Akan tetapi banyak juga produsen makanan ringan yang mengolanya dengan packing yang lebih kecil dengan label produksi mereka sendiri dengan harga yang sangat bervariasi dari mulai Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 25.000 /pack.

  • KERIPIK PISANG MANIS 
    keripik pisang manis memang tidak terlalu berbeda rasanya dengan keripik pisang dengan rasa asin atau original. Karna keripik pisang yang telah di goreng hanya dilumuri dengan   gula pasir yang sudah direbus dengan air dan daun pandan. Sehingga  memiliki rasa manis dan lebih  harum.
  • KERIPIK PISANG COKELAT 
    Keripik pisang cokelat merupakan inovasi dari keripik pisang sebelumnya, keripik pisang cokelat yang paling terkenal berasal dari provinsi Lampung. Bahkan disana keripik pisang coklat sudah menjadi icon oleh-oleh khas Lampung yang banyak diburu. Hal itu karena di Lampung pisang sudah menjadi komoditi utama, bahkan Lampung menyumbang 26% pasokan pisang di Sumatra atau sekitar 6-7% pasokan skala Nasional. Dan karena melimpahnya bahan baku kripik pisang, akhirnya banyak warga lokal yang membuat makanan dari pisang dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi yaitu keripik.

    Keripik pisang coklat memiliki rasa yang gurih dan manis ditambah wangi khas coklat . Selain itu coklat merupakan salah satu rasa favorit yang banyak di sukai oleh banyak orang. Tak heran coklat banyak ditambahkan ke dalam menu kue atau makanan sebagai perasa.

    Salah satu Kriping pisang coklat khas lampung yang terkenal adalah keripik pisang suseno dan keripik pisang aneka yen yen. Keripik pisang  khas lampung ini banyak ditemukan di toko kue dan toko khas oleh – oleh disana.
  • KERIPIK PISANG KEJU 
    Pengembangan rasa lainnya dari keripik pisang adalah rasa keju yang identik dengan rasa asin dan gurih yang khas. Biasanya keju yang digunakan memang bukan keju asli tapi seasoning food atau bumbu bubuk dengan rasa keju.
  • KERIPIK PISANG STRAWBERRY 
    Nah, untuk keripik pisang strawberry ini sulit  diungkapkan dengan kata-kata. Rasa gurih dari keripik pisang, manis dari gula dan rasa yang sedikit asam dari buah strawberry membuat keripik pisang stawberry ini memiliki rasa yang cukup unik. Sama halnya dengan coklat, strawberry banyak dijadikan bahan perasa makanan, meskipun memiliki rasa yang dominan asam tapi tidak menyurutkan para pecintanya untuk mengkonsumsi stawberry baik memakannya langsung maupun yang telah diolah menjadi makanan lain. Selain itu strawberry memiliki aroma khas yang menggugah selera makan.
Selain rasa tersebut diatas masih banyak varian rasa lain dari keripik pisang seperti mocca, susu, sapi panggan dan masih banyak lagi karena setiap produsen memiliki kreatifitasnya sendiri dalam mengolah kripik pisang.

Selain menjadi  cemilan yang enak, keripik pisang juga mengandung kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram keripik pisang mengandung kalor sebanyak 518 kcal, lemak, kalium, karbohidrat dan protein. Dengan catatan bahwa jika dikonsumsi dalam batas yang wajar dan tidak berebihan.


Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia