Jual Sambal Lingkung | Lampung

Twitter
Facebook
jual sambal lingkung
Sambal Lingkung
Kode Barang A46
Harga Sambal Rp 60,000
Pemesanan
Produksi Sambal Sambal Lingkung Produksi Lampung - Rasa Sangat Gurih Khas Ikan Tenggiri Asli

Kemasan Sambal Lingkung (Toples) & (Plastik)
Berat Bersih 2 Ons
Stok Sambal Ada
Pengiriman Sambal Lingkung Bisa Kirim Keseluruh Nusantara Menggunakan Jasa Pengiriman JNE

Jual Sambal Lingkung - Lampung

Sambal Lingkung (Lingkong) adalah sambal yang terbuat dari bahan dasar Ikan Tenggiri, selain dari ikan tenggiri sambal lingkung dapat juga dibuat dari berbagai jenis ikan lainnya.
sambal lingkung
Sambal Lingkung Lampung
Sambal Khas Sumatera ini bisa dikatakan sebagai sambalnya Orang Bangka karena memang dikenal sebagai makanan khas Pulau Bangka, meskipun dapat juga ditemukan di Palembang serta Lampung. 
 
Sambal Lingkung Asli Ikan Tenggiri

Sambal lingkung adalah kuliner Bangka yang biasa manjadi sajian menu dalam acara atau hari besar, karena didalam pembuatannya membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Salah satu kuliner tradisional yang perlu kita ketahui bersama..

Sambal Lingkung
Sambal Lingkung sendiri sebenarnya masuk kategori Abon Ikan, karena dari cara pengolahan dasar maupun teksturnya sama seperti abon. Yang membedakan adalah terdapat pengolahan dengan menambahkan berbagai bahan sehingga menjadi sambal ikan atau sambal lingkung. Seperti halnya dengan abon dari bahan lainnya yang memiliki sifat awet, sambal lingkung adalah olahan makanan yang juga memiliki sifat tahan lama sehingga bisa dibawa berpergian dalam jarak dan waktu yang lama. Sambal lingkung bisa menemani berbagai kegiatan kita yang membutuhkan makanan secara instan tanpa harus ribet memasak, karena selain instan tentu masih memiliki gizi yang baik dibandingkan sajian instan lainnya.

Lihat Juga: Sambal Nyonya Lily Khas Lampung

Nilai Gizi Bahan Sambal Lingkung
Bahan utama pembuatan sambal lingkung adalah ikan tenggiri yang merupakan salah satu ikan laut paling digemari karena memiliki rasa daging yang enak. Ikan tenggiri merupakan salah satu ikan laut berkualitas tinggi yang paling banyak digunakan sebagai bahan makanan khas tradisional di Indonesia. Berbagai jenis kerupuk tradisional diberbagai daerah hingga pempek dari palembang menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Ikan tenggiri memiliki nilai gizi yang cukup tinggi karena mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat seperti Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Zat Besi, dan Berbagai Vitamin penting. Dalam 100 gram daging tenggiri sedikitnya terkandung lebih dari 100kkal energi dan lebih dari 20 gram protein. Oleh karena itu ikan tenggiri memiliki manfaatyang sangat baik terutama bagi orang yang membutuhkan protein tinggi dan berbagai zat pertumbuhan. Meskipun dalam bentuk abon, sambal lingkung tentu masih memiliki nilai gizi yang dapat mencukupi saat kita berkegiatan.


Sambal Lingkong (Sambal Lingkung)


Pembuatan Sambal Lingkung
Sambal lingkung diolah dari berbagai macam bahan antara lain: Daging ikan tenggiri, santan, garam, gula, dan berbagai macam rempah-rempah seperti daun salam, kemiri, bawang merah, bawang putih, kencur, serai, dan lain-lain. Proses pembuatannya sendiri dimulai dengan menghaluskan ikan terlebih dahulu dimana ikan tenggiri direbus supaya mudah untuk dihaluskan. Lama proses perebusan disesuaikan agar ikan mudah dihaluskan namun juga masih memiliki rasa yang kuat ikan tenggiri. Setelah ikan dihaluskan ikan kemudian dicampurkan dengan berbagai bahan diatas serta rempah-rempah yang telah disediakan lalu ditambahkan dengan santan sehingga semuanya menyatu. Bahan-bahan yang telah menyatu kemudian dimasak dengan menggunakan api yang relatif sedang sampai air benar-benar menjadi sedikit, hingga menjadi seperti abon. 


Lihat Juga: Sambal Ikan Peda Nyonya Aping | Sambal Lampung Asli

Sambal Lingkung Lampung – Cap Pulau Bangka
Sambal lingkung – Cap Pulau Bangka adalah salah satu produk sambal lingkung khas bangka yang di produksi di Provinsi Lampung. Sambal lingkung ini memiliki rasa yang sangat gurih karena dibuat dari ikan tenggiri asli pilihan dan berkualitas baik. Sambal Lingkung – Cap Pulau Bangka dikemas dalam kemasan toples dengan berat bersih (netto) 200 gram sehingga sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh atau untuk bekal kegiatan. Sambal lingkung ini dikemas oleh Ny. Aping yang merupakan produsen berbagai jenis makanan Oleh-oleh Lampung, yang ada di Kota Bandar Lampung. Untuk izin produksi, sambal lingkung ini sudah melalui proses verifikasi dari dinas kesehatan dengan Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) No: 2021871040112-20  oleh karena itulah sambal lingkung ini sudah terjamin. 

Jika anda ingin memesan sambal lingkung ini silahkan hubungi kontak dari customer center kami di (08971218773) bisa Call, SMS, Watsapp, dan Line. Silahkan bertanya seputar produk ini sebelum membeli, kami sangat welcome. Terimakasih, semoga kita semakin mencintai produk dalam negeri guna membangun kemandirian industri kecil dan menengah kita. Selamat berbelanja! 

Sambal Lingkung Khas Bangka (dtheas)
Siapa yang tak mengenal Bangka Belitung? Provinsi yang merupakan gabungan dari dua buah pulau, yaitu Bangka dan Belitung, ini terkenal dengan pesona wisata baharinya yang sangat menawan hati. Kepulauan Bangka Belitung memiliki banyak pantai yang menawan dengan karakteristik bebatuan granit yang khas dan permukan pantai yang tidak curam alias landai. Dengan banyaknya pulau di kawasan ini, Anda dapat merasakan pengalaman wisata bahari yang berkesan.

Bukan hanya pesona alam yang menakjubkan, daerah kepulauan yang terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia ini juga menyimpan potensi kuliner yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Dengan kekayaan hasil laut yang melimpah, masyarakat Bangka Belitung pun menciptakan aneka suguhan kuliner lezat yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Pernah mencicipi lempah? Ya, makanan khas Bangka Belitung yang menjadi salah satu favorit banyak orang ini dibuat dari ikan laut yang dibumbui dengan beragam rempah hingga memiliki cita rasa yang menggoda. Tak hanya itu, Bangka Belitung juga menawarkan kuliner unik bernama Rusip yang dibuat dari bahan dasar ikan teri yang diolah melalui proses fermentasi. Membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengolah Rusip. Namun begitu Anda mencicipi makanan ini, Anda mungkin akan ketagihan dengan cita rasa Rusip yang memikat hati. 

Ada juga olahan udang yang difermentasi yang dikenal oleh masyarakat Bangka Belitung dengan sebutan Kecalo. Dengan perpaduan rasa asin dan gurih yang pas, makanan khas yang satu ini sangat cocok dikonsumsi sebagai teman nasi ataupun bumbu pelengkap untuk membuat telur kocok dan kuliner lainnya. Makanan khas Bangka Belitung lain yang tak boleh ditinggalkan antara lain balacan, pantiaw, lakso, kericu, bong li piang, getas, lempok cempedak dan masih banyak lagi. 

Berbicara tentang kuliner khas Bangka Belitung memang tidak ada habisnya. Dari sekian banyaknya makanan olahan laut, ternyata masih ada satu lagi makanan enak dari Bangka Belitung yang tidak boleh Anda lewatkan terutama saat mampir ke Bangka Belitung. Namanya adalah Sambal lingkung atau sambal lingkong. Uniknya, meski di sebut sambal makanan ini sebenarnya bukan sambal lho. Wah, jadi makin penasaran bukan? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan lebih lanjut tentang sambal lingkung dari Bangka Belitung berikut ini.

Anda mungkin belum begitu mengenal apa sambal lingkung itu? Tapi sebagai orang Indonesia, Anda tentu sudah tidak asing dengan abon. Di Kepulauan Bangka Belitung abon di kenal dengan sebutan sambal lingkung. Jika biasanya abon yang Anda makan terbuat dari olahan daging sapi, maka sambal lingkung diolah sedikit berbeda dari abon pada umumnya. Bukan daging sapi, tapi sambal lingkung menggunakan daging ikan atau udang segar sebagai bahan utamanya. Ikan yang sering digunakan untuk membuat sambal lingkung adalah ikan tengiri. Tapi ada juga yang membuat sambal lingkung dengan bahan dasar ikan gabus. Wajar memang karena baik ikan maupun udang memang sangat mudah ditemukan di kawasan Bangka Belitung yang kaya akan potensi bahari.    

Meski terbuat dari bahan utama yang berbeda, abon dan sambal lingkung memiliki tesktur dan warna yang tak jauh berbeda. Baik sambal lingkung maupun abon bertekstur seperti serabut atau serbuk halus dan berwarna coklat. Makanya, sambal lingkung ini sering juga mendapat sebutan sebagai abon ikan atau abon udang, tergantung dari bahan utama pembuatannya.  

Untuk soal rasa, sambal lingkung tak kalah lezat dari abon daging sapi dan abon-abon lainnya. Daging ikannya begitu terasa tapi tdak menghasilkan bau amis sama sekali karena dibuat dari daging ikan pilihan yang masih segar. Perpaduan rasa asin, manis dan gurihnya juga sangat pas dengan tambahan bumbu beraroma rempah-rempah yang khas. Rasa gurih sambal lingkung juga didapat dari santan kelapa yang ditambahkan saat proses pembuatan sambal. 

Sambal lingkung biasanya dimasak saat menjelang hari raya Idul Fitri atau Idul Adha dan juga untuk jamuan makanan pada acara hajatan. Pada jaman dulu, sambal ini dimasak secara massal karena proses pembuatannya yang lumayan lama. Ibu-ibu dalam satu kampung biasanya berbagi tugas untuk membawa bahan-bahan dan memasak sambalnya secara gotong royong. Dengan semangatnya, para ibu-ibu akan bergantian mengaduk adonan sambal lingkung dari berkuah hingga menjadi adonan yang diinginkan. Biasanya sambal lingkung ini dimasak dalam wadah kuali yang cukup besar.
Sambal lingkung bisa Anda beli di pasar dan toko oleh-oleh yang tersebar di Kepulauan Bangka Belitung. Anda juga dapat membawa sambal lingkung sebagai oleh-oleh bagi keluarga dan kerabat tercinta. Jangan khawatir, sambal lingkung bisa tahan lama sama seperti abon biasa. Jadi sangat aman jika ingin Anda bawa ke mana-mana.
Mau belajar membuat sambal lingkung? Tidak begitu sulit untuk membuat sendiri kuliner khas sambal lingkung apalagi sudah banyak resep yang tersebar di dunia maya. Anda tinggal memilih salah satu resep dan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Resep membuat sambal lingkung berikut juga bisa Anda jadikan contekan lho.

Resep Sambal lingkung
Bahan-bahan:
100 gram ikan tengiri/gabus, ambil dagingnya
1 butir kelapa, parut dan sangrai
250 cc santan kental
Bahan yang dihaluskan:
5 buah cabai merah
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
1 sdt jintan
1 batang serai yang dimemarkan
1 potong laos yang dimemarkan
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 sdt garam
Cara Membuatnya:
1. Haluskan daging ikan tengiri/gabus. Sisihkan.
2. Sangrai kelapa parut sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan
3. Masak semua bumbu halus dengan santan, serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam dan garam. Tunggu hingga mendidih.
4. Masukan kelapa sangrai dan daging ikan tengiri/gabus yang sudah dihaluskan kemudian masak sampai santan kering. Angkat.
5. Jika ingin tekstur lebih halus, Anda bisa menumbuknya sekali lagi.
6. Hidangkan sambal lingkung dengan makanan lain sesuai selera Anda.
Bagaimana mudah bukan untuk membuat sambal lingkung sendiri? Jika Anda tak sempat bikin masakan untuk sarapan, sambal lingkung bisa jadi alternatif untuk menyajikan sarapan kilat untuk keluarga. Dengan menambahkan nasi atau mie dan peyek rebon, sambal lingkung akan membuat suasana  sarapan Anda lebih menggairahkan dan lebih nikmat. Jangan kaget jika nafsu makan Anda pun bertambah sejak ada simpanan sambal lingkung di rumah. Cobalah dan buktikan sendiri!


SAMBAL LINGKUNG BANGKA/LAMPUNG (silvie)
Di Indonesia sambal menjadi makanan pelengkap di banyak jenis masakan . Akan tetapi meskipun hanya sebagai pelengkap, kepopuleran sambal sudah terkenal sampai ke mancanegara. Karena memang rasanya yang pedas bisa membangkitkan selera makan. Selain itu sambal cocok dipadukan dengan banyak sekali makanan indonesia seperti ayam bakar, sate ayam, bakwan, bakso, rujak, dan lainnya.
Beberapa macam sambal yang cukup terkenal di Indonesia antara lain sambal terasi, sambal tomat, sambal petis, sambal bawang, sambah matah, sambal cabai hijau, sambal kecap, sambal mangga dan masih banyak lagi jenis sambal lainnya yang belum disebutkan. Tercatat lebih dari 30 jenis sambal yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Keanekaragaman sambal di Indonesia tentunya juga dipengaruhi oleh melimpahnya stok cabai dipasaran, beruntung kita tinggal di wilayah tropis sehingga cabai mudah dibudidayakan diberbagi tempat. Bahkan tak jarang tanaman cabai menjadi tanaman favorit diperkebunan rumah. Tanaman cabai dapat tumbuh baik di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah, dengan ketinggian sekitar 600 – 1.250 meter dari permukaan laut. Tanaman cabai juga bisa beradaptasi disegala macam jenis tanah baik berpasir maupun tanah liat. Perawatan tanaman cabai juga tergolong mudah, yang perlu diperhatiakan dalam perawatannya seperti asupan air yang cukup  dan juga harus mendapatkan cahaya matahari agar bisa tumbuh besar dan menghasilkan banyak buah. Selain itu cabai juga menjadi komoditi perdagangan yang cukup penting sehingga banyak orang yang membudidayakannya sebagai mata pencaharian.

Biasanya bahan pembuatan sambal disatu daerah dipengaruhi  oleh faktor kebudayaan atau geografis daerah pembuatnya. Contohnya saja sambal terasi khas Cirebon, Seperti yang kita tau terasi merupakan oleh-oleh khas cirebon yang dibuat dari udang dan ikan kecil yang difermentasikan. Mengingat Cirebon merupakan daerah pesisir pantai utara sehingga para penduduknya masih banyak yang berprofesi sebagai nelayan. Dan ikan-ikan sisa yang tidak terjual akan diolah bersama udang dan dibuat suatu barang yang memiliki nilai yang lebih baik, seperti terasi.

Berbanding lurus dengan Sambal Terasi khas Cirebon, Lampung juga terletak di paling selatan pulau Sumatra memiliki sambal yang cukup unik yaitu sambal lingkung bangka/lampung. Bisa dikatakan unik dikarenakan biasanya sambal berstektur agak basah dan kental. Tapi sambal lingkung bangka/lampung memiliki teksture yang ringan dan kering. Didaerah pembuatannya terkenal dengan nama sambal lingkung bangka/lampung, tapi mungkin kebanyakan orang yang melihatnya secara kasat mata akan menyebutnya abon, karena memang bentuknya yang sangat mirip dengan abon ikan.

Selain di Lampung sambal lingkung bangka/lampung juga sangat terkenal di Bangka dan Palembang, ketiga  kota ini memang memiliki banyak kesamaan makanan dan oleh-oleh khas karena memang letaknya yang cukup berdekatan meskipun pulau Bangka dengan Lampung dan Palembang dipisahkan oleh selat bangka. Ketiga provinsi ini memang memiliki kekayaan laut yang berlimpah oleh karena itu baik Lampung, Bangka dan Palembang memiliki banyak varian makanan dari ikan seperti pempek, kemplang, sambal lingkung bangka/lampung, kerupuk ikan, dan lempah kuning. 

Sambal lingkung bangka/lampung memang tak sepopuler pempek, tapi soal rasa sambal lingkung bangka/lampung juga tak kalah enak. Sambal lingkung bangka/lampung sendiri adalah sambal yang terbuat dari daging ikan yang dicampurkan dengan cabai dan bumbu rempah. Kemudian dimasak sampai daging ikan mengering dan tidak lagi mengandung air. Ikan yang dibuat untuk sambal lingkung bangka/lampung ini juga beraneka ragam, ada yang menggunakan ikan tenggiri, ikan gabus, ikan belida atau ikan lain yang memiliki daging berwarna putih dan tebal. Saat ini sambal lingkung bangka/lampung tidak hanya diperjual belikan di toko oleh oleh di Lampung sana, tapi juga sudah merambah ke pasar online sehingga jika ingin mencicipinya kita tidak perlu jauh-jauh datang ke Lampung, Bangka atau Palembang. Sambal lingkung bangka/lampung di pasaran dikemas dengan kemasan plastik atau kotak yang menjaga suhu udara dididalamnya, sehingga lebih tahan lama dan terjamin kualitasnya.

Jangan tanya soal rasa dari sambal lingkung bangka/lampung ini, dijamin kamu akan ketagihan saat memakannya. Rasa sambal lingkung bangka/lampung memang tidak berbeda jauh dengan rasa abon ikan, gurih dan sedikit pedas. Biasanya sambal lingkung bangka/lampung dijadikan Lauk makan, tapi Sambal lingkung bangka/lampung juga bisa ditambahkan kedalam olahan kue dan roti. Selain memiliki rasa yang enak sambal lingkung bangka/lampung juga tentu memiliki kandungan gizi dari ikan yang baik bagi tubuh. Ada beberapa varian rasa sambal lingkung bangka/lampung  yang tidak pedas, jadi bisa dikonsumsi juga oleh anak-anak atau orang yang kurang menyukai rasa pedas. 

Jika ragu dengan produk yang beredar dipasaran, kamu bisa membuat sambal lingkung bangka/lampung sendiri dirumah. berikut resep sambal lingkung bangka/lampung, jika kamu kurang suka pedas kamu bisa mengurangi takaran cabai dalam pembuatannya.

Resep Sambal lingkung bangka/lampung
Bahan yang dibutuhkan :
800 gram ikan tenggiri / ikan gabus / ikan belida
500 ml santan kelapa kental
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang serai

Bumbu Halus :
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
200 gram cabai merah
100 gram cabai rawit
3 butih kemiri
1 sdt ketumbar
½ sdt merica bubuk
¼ sdt jintan bubuk
2 cm kencur
4 cm lengkuas
1 sdt terasi bakar
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat :
Pertama – tama rebus ikan sampai empuk, setelah itu pisahkan daging ikan dengan tulangnya. Sisihkan
Tumis bumbu halus sampai berubah warna dan mengeluarkan bau harum, kemudian tuangkan santan dan tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai. Setelah mendidih masukkan ikan yang sudah direbus tadi, dan masak sampai air menyusut dan kering sambil diaduk perlahan.
 
Dilihat dari cara membuatnya memang sepertinya mudah ya, tapi sebenarnya membuat sambal lingkung bangka/lampung itu butuh kesabaran ekstra,  karena dalam proses pengolahannya adonan harus selalu diaduk apalagi saat  air sudah menyusut agar tidak gosong dan matang merata. Takaran bumbu dan minyaknya juga tidak boleh terlalu banyak karna akan membuat sambal lingkung bangka/lampung cepat basi. Dan dibutuhkan alat khusus untuk mengeluarkan minyak yang masih menempel pada sambal lingkung bangka/lampung agar bisa kering sempurna. Kalau tidak ingin repot membuatnya, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 30.000 untuk 100 gram sambal lingkung bangka/lampung dalam kemasan plastik. Dan untuk kemasan kotak harganya bisa dibardol Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 60.000 untuk 250 gram. Kamu bisa memesan sambal lingkung bangka/lampung ini di toko online  terpercaya, perhatikan juga cara pengemasan dan tanyakan kode produksi dan kode kadaluarsanya jika tidak tertera dalam kemasannya.
Selamat mencoba


Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia