Keripik Pisang Lampung Kiloan | Online

Twitter
Facebook
Keripik Pisang Lampung
Keripik Pisang Lampung
Kode Barang A41
Harga Keripik Rp 60,000
Kualitas Produk Super : Pisang Kepok Pilihan Dengan Taburan Rasa Sangat Tebal dan Renyah Khas Lampung
Pemesanan
 Langsung dari Kedaton, Bandar Lampung
Berat Keripik Netto 900g (Plus Packing: 1 Kg)
Stok Keripik Ada
Rasa Original Manis, Asin, Melon, Strawbery, Durian, Moka, Kopi, Keju, Susu, Coklat (best seller), Jagung Bakar, BBQ, Sapi Panggang, Greentea (new product) dll.

Ingin Tahu Tentang Keripik Pisang Lampung? Baca Dulu Pay, Keripik Pisang Khas Bumi Ruwai Jurai

Keripik pisang lampung adalah bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan Keripik Pisang di Nusantara.

Keripik Aneka Lmapung

Keripik pisang memang sangat kental dengan provinsi di serambi sumatera ini, Jika anda cari referensi mengenai keripik pisang... maka Lampung adalah jawabannya.

Keripik Aneka Khas Lampung

Sebelum kita masuk mengenai keripik pisang lampung, ada baiknya tahu bagian perbagian lebih detilnya. Kita bahas satu-persatu
1. Keripik  2. Pisang  dan 3. Lampung

Keripik Aneka Yenyen Lampung
Keripik
Keripik bisa merujuk pada makanan yang diris tipis dan memiliki tekstur "kriuk" (*Versi Saya), karena saya tidak tahu asal muasal penggunaan istilah keripik. Namun  jika kita buka Wikiped, keripik mengandung arti: makanan ringan dibuat dari bahan yang diris tipis, bisa umbi, sayur, atau buah, lalu diberi bumbu atau rempah-rempah. Yang jelas keripik mengacu pada makanan yang diris tipis diolah dengan digoreng dan memiliki tekstur renyah.

Keripik Aneka Lampung


Pada saat ini ada banyak sekali jenis keripik mulai dari keripik buah sampai keripik sayur, bahkan ada keripik yang berbahan hewani seperti kulit dan belut. Dari segi tekstur tentu tebal, tidak tipis seperti keripik pada umumnya. Namun satu hal yang membuat persamaan, yakni dari segi tekstur yang "kress" renyah. Meskipun saat ini ada banyak keripik yang berbentuk tebal namun tetap memiliki tekstur renyah sehingga bisa disebut sebagai keripik.

Lantas kapan keripik ini mulai ada?
Tidak ada sumber yang mengatakan dengan pasti kapan pertama kali keripik dibuat, mungkin dibeberapa negara memiliki sejarahnya sendiri-sendiri dalam mengolah berbagai jenis makanan menjadi keripik... ya seiring berkembangnya pengolahan makanan dengan dicelupkan kedalam minyak nabati alias "digoreng". Namun untuk keripik yang paling terkenal di dataran Eropa dan Amerika, yaitu keripik kentang dipercaya ditemukan oleh seorang keturunan Afrika-Amerika bernama George Crum.Yang jelas setiap negara memiliki budaya sendiri dalam mengolah makanan menjadi keripik.

Pisang

Salah satu buah tropis paling familiar yang mungkin saat ini dapat ditemukan di semua Negara berikilim triopik di dunia. Istilah pisang dipakai untuk semua tumbuhan terna suku musaceae (kata Si Wiki), sebut saja kerabat-kerabat tanaman pisang. Nah jenis pisang didunia ternyata ada banyak sekali bro dan saat ini jauh lebih banyak karena adanya pengembangan sehingga menghasilkan banyak varian. Katakanlah pisang Kepok dan pisang susu yang saat ini memiliki beberasa varian

Pisang menjadi panganan keripik yang telah melekat dalam budaya masyarakat Indonesia. Jajanan keripik dapat dengan mudah kita temukan karena bahan dasar pisang cukup mudah ditemukan, rasa keripik yang sangat akrab dengan lidah orang Indonesia.Oleh karena itulah keripik berbahan dasar pisang adalah budaya kuliner kita bersama.

Nah yang paling penting dan kita harus tahu adalah kandungan utama buah pisang yang berguna bagi tubuh manusia. Tentu kita harus tahu dari segi manfaat kan.. Salah satu nilai penting sebuah makanan adalah Gizi dan Manfaat bagi tubuh kita.


Pisang mengandung banyak sekali energi potensial, kata si Wiki buah pisang mengandung 130 lebih kalori per-gramnya, jadi tidak heran jika banyak atlet olahraga sebelum bertanding tidak bolah makan nasi tapi disuruh makan tuh pisang :D... Nah untuk protein dan lemak ternyatasangat  rendah hanya pada kisaran 2-3 persen saja. Namun untuk urusan mineral pisang adalah jagonya, pisang banyak mengandung mineral penting bagi tubuh kita, yaitu: magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan besi. berapa persen? Silahkan tanya sendiri sama si Wiki ya... :) Nih, open linknya: Wiki - Pisang

Pisang adalah buah lunak yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan serta mengandung banyak zat penting. Pisang adalah salah satu buah utama yang paling dianjurkan dikonsumsi oleh tenaga medik dalam memenuhi ransum kita. Satu kata untuk pisang "Jempol" :D.

Lampung

Lampung adalah provinsi yang terletak di serambi sumatera, pintu gerbang pulau sumatera. Provinsi kami ini termasuk daerah yang cukup subur sehingga bisa dikatakan mayoritas masyarakatnya bertani atau berkebun. Lampung sendiri menghasilkan banyak sekali komoditi yang menyumbang devisa daerah dan negara dengan angka tidak sedikit. Beberapa komoditas utama lampung adalah Kopi, Lada, Karet, Pisang, dan Kakao. 

Untuk 2 kata berikut "Keripik dan Pisang", keduanya sangat berhubungan dengan provinsi kami ini. Pisang adalah salah satu komoditi utama di lampung, oleh karena itulah provinsi kami juga dikenal sebagai salah satu daerah produksi pisang terbesar di Indonesia. 

Keripik Pisang Lampung Kiloan @Ist
Produksi pisang lampung tidaklah sedikit, sekitar 1,4 juta ton pisang bisa diproduksi dari provinsi kami pertahunnya. Lampung menyumbang sedikitnya 26% dari total produksi pisang di Pulau Sumatera dan 7-8% produksi pisang nasional (@antara). Itu dari segi produksi buah, nah dari segi olahan pisang lampung juga memberikan prioritas utama. Hal ini dapat dilihat dari kuliner utama Lampung khususnya kota Bandar Lampung saat ini adalah PisangOlahan pisang yang paling dikenal dari Provinsi kami adalah keripik dan menjadi salah satu kuliner andalan yang banyak diburu para pendatang. So, bisa kita katakan bahwa Keripik, Pisang, dan Lampung bagi kami adalah bagian tak terpisahkan.

Gerbang Masuk Menuju Sentra Industri Keripik Lampung @Cawageh

Artikel Tambahan untuk Referensi Anda: Tentang Beberapa Brand Keripik Pisang dari Lampung

Diatas sudah saya paparkan bahwa lampung memang sangat identik pisang dan olahan keripik pisangnya. Hal ini terjadi karena bisa kita katakan bahwa keripik pisang dari lampung cukup berbeda dari jenis keripik pisang konvensional yang biasa kita temui. Apa Bedanya?
Perbedaannya terletak dari "rasa dan tekstur"...
 

Keripik pisang lampung memiliki banyak sekali variasi rasa mulai dari rasa buah seperti melon, strawbery, dan durian, rasa moka, kopi, manis, asin hingga rasa coklat yang paling banyak penyukanya. Dari segi tekstur keripik pisang lampung cukup tebal berbeda dari keripik pisang pada umumnya namun sangat renyah. Seiring dengan perkembangan keripik pisang di Lampung, saat ini semakin banyak inovasinya baik dari segi bentuk yang semakin inovatif maupun kemasan yang semakin cantik serta modern.  Inilah beberapa keunggulan keripik pisang dari provinsi kami lampung.

keripik pisang lampung
Keripik Pisang Kembang Asli Lampung


Pada saat ini ada banyak sekali jenis brand produk keripik pisang dari provinsi kami, Lampung. Berikut ini adalah beberapa jenis keripik pisang lampung yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat indonesia dan memilki kualitas dari segi rasa dan tampilan:


1. Keripik Pisang Aneka Yenyen
Keripik Pisang aneka adalah salah satu jenis keripik pisang paling familiar bagi orang-orang yang telah mengunjungi provinsi lampung. Bagaimana tidak keripik pisang yang kental dengan kemasan tasnya yang unik ini dapat kita temukan mulai dari saat menginjakkan kaki di Pulau Sumatera yaitu Pelabuhan Bakauheni hingga Ibukota Provinsi Lampung, Bandar Lampung. Keripik Pisang Aneka adalah salah satu pelopor perkembangan keripik pisang di Lampung, oleh karena itulah saat ini banyak sekali pelanggan setianya. Keripik pisang aneka saat ini tersedia 9 aneka rasa yaitu: Manis, Asin, Melon, Strawbery, Durian, Moka, Kopi, Keju, dan Coklat. 

Keripik Aneka di Produksi Oleh Produsen oleh-oleh makanan khas lampung "Yenyen" yang dapat kita kenali dari logo Ayamnya yang khas. Memang selain keripik, Yenyen mengeluarkan banyak produk makanan seperti sambal, kopi, dan lempok. Namun sampai saat ini yang paling banyak penggemarnya adalah keripik pisang, terutama rasa coklat yang menjadi best sellernya. Ingin mencoba atau mencicipi lezatnya keripik pisang khas Lampung? Keripik Aneka Yenyen adalah salah satu yang kami rekomendasikan karena sudah teruji pasar sejak lama. 

Untuk kemasan dan harganya ada berbagai macam, yaitu:
- Kemasan 250 gram: Harga Satuan Rp 14.000 Lihat Detail>> Aneka 250gram
- Kemasan 450 gram : Harga Perkotak: Rp 27.000 Lihat Detail>> Aneka 450gram
- Kemasan 950 gram : Harga Perkotak: Rp 49.500 Lihat Detail>> Aneka 950gram

Silahkan pilih sesuai dengan selera anda, rasa tetap sama, perbedaannya hanya dalam segi packingnya saja. Untuk oleh-oleh yang ingin dibagikan dalam jumlah banyak ke sanak saudara/kerabat kemasan tas 250gram mungkin menjadi yang terbaik. Untuk oleh oleh keluarga besar atau untuk sendiri kemasan Dus 1/2 kilogram dan 1 kilogram mungkin akan lebih baik. So sesuai dengan selera...

Rasa dasar keripik pisang aneka yang gurih dipadu dengan bubuk aneka rasa pasti akan membuat lidah anda ketagihan.... yummy :)

Keripik Lampung Aneka adalah Jenis Keripik Lampung
Keripik Lampung Aneka

2. Keripik Iyen
Keripik iyen juga dikenal sebagai pelopor keripik pisang di provinsi Lampung. Kunci sukses keripik iyen adalah pada resep yang alami serta komposisi rasa pada keripik. Keripik iyen memiliki banyak sekali variasi rasa diantaranya Asin, Keju, Mocca, Melon, Balado, Strawbery, Coklat, Durian, dan Choco Coffe. 

Jika anda berkunjung ke Lampung sempatlah mengunjungi beberapa sentra industri keripik dan belilah keripik iyen khas lampung sebagai buah tangan anda. Kami jamin dari rasa dan tampilan tidak akan mengecewakan. Pada saat ini Iyen tersedia dalam 2 tampilan utama mulai dari Kemasan 250gram serta 350 gram lama dan 350gram tampilan baru. Untuk harganya masih pada kisaran umum yaitu 14.000 rupiah untuk berat 150gram dan 25.000 untuk berat 350gram.

Untuk kemasan 250gram belum kami pajang dietalase namun anda tetap bisa memesannya. Sedangkan untuk kemasan 350 gram anda bisa melihat detilnya disini>> Iyen 350 gram


Keripik Lampung Iyen
Keripik Lampung Iyen
 3. Keripik Mr. Monkey
Keripik Mr. Monkey adalah keripik pisang fenomenal dari Lampung yang pemasarannya saat ini sudah tersebar luas di Indonesia. Keripik berlogo monyet imut menggenggam keripik "Sang Mr. Monkey" ini berbeda dari 2 jenis keripik diatas Aneka dan Iyen. Keripik Mr Monkey memiliki bentuk yang bulat bergaris-garis, tidak polos memanjang seperti bentuk keripik pada umumnya. Ukurannyapun sangat kecil sehingga sangat cocok menjadi cemilan keluarga, terutama anak-anak. Keripik Mr Monkey dikemas dalam bentuk yang modern seperti snack pada umumnya, yaitu dengan material food grade modern. Untuk 1 bungkusnya seberat 140 gram dijual dengan harga 13.000 rupiah: Variasi 4 Rasa (Rasa Coklat, Strawbery, Susu, dan Kopi). Untuk ketahanannya bisa tahan 6 bulan lebih karena dikemas dalam kantung kedap udara. Untuk lebih detilnya silahkan lihat disini>> Mr Monkey 140gram

keripik mr monkey lampung
Keripik Mr Monkey @Celsea84

4. Keripik Suseno
Suseno adalah brand oleh-oleh makanan khas lampung yang cukup dikenal di provinsi kami, lampung. Ada banyak sekali produk dari suseno mulai dari sambal goreng udang hingga keripik. Seperti halnya dengan 4 jenis keripik diatas, keripik pisang suseno sangat gurih dengan tampilan unik yang sedikit berbeda dari produk keripik diatas. Keripik suseno dibandrol dengan harga 16.500-23.000 ribu rupiah untuk berat 200gram, 21.000-28.000 untuk berat 300gram dan 28.000-44.000 untuk berat 500gram. Berikut Rinciannya:

- Kemasan Tas (200gram) Rasa Asin dan Manis: Rp 16.500
- Kemasan Tas
(200gram) Rasa Coklat dan Keju: Rp 16.500
- Kemasan Plastik (300gram)
Rasa Asin dan Manis: Rp 21.000
- Kemasan Plastik (300gram) Rasa Asin dan Manis: Rp 28.000
- Kemasan Kotak Kardus (500gram) Rasa Asin dan Manis: Rp 28.000
- Kemasan Kotak Kardus (500gram) Rasa Asin dan Manis: Rp 44.000

Keripik Suseno @Oleh-Oleh Lampung

5. Keripik Aneka Kembang
Apakah ini produk aneka seperti bagian pertama diatas?
Benar, keripik aneka kembang adalah keripik produksi aneka dengan varian yang berbeda dari produk pertama. Produk pertama sangat kental dengan tampilan tradisional oleh-oleh, sedangkan keripik aneka kembang tampil lebih inovatif dan modern. Dari segi kemasan dan bentuk keripik aneka kembang ini lebih mirip keripik Mr. Monkey, dimana bentuknya bulat bergaris menyerupai motif kembang dan dikemas dengan kemasan modern. Untuk berat perbungkusnya sama dengan Mr Monkey yaitu 140gram (bruto), dijual dengan harga 13.000 rupiah.

Pada saat ini ada beberapa variasi rasa dari keripik pisang kembang yaitu:
pisang manis, kopi, moka keju, susu, manis, melon, dan tawbery. Berikut Beberapa Detilnya:

Detil>> Keripik Aneka Kembang Coklat
Detil>> Keripik Pisang kembang Manis
Detil>> Keripik Pisang kembang Kopi
Detil>> Keripik Pisang kembang Susu

keripik aneka khas lampung
Keripik Aneka

6. Keripik Marina

Satu lagi keripik pisang lampung yang dapat menjadi referensi bagi anda adalah keripik yang sudah cukup lama ada di lampung yaitu keripik dari brand oleh-oleh lampung "marina". Untuk rasa tersedia banyak rasa: Kopi Coklat, Manis, Asin, Moka, Stawbery, dan Susu. Semuanya dijual dengan harga 14.000 rupiah dengan berat 250gram.


keripik Marina
Keripik Marina @snack marina lampung


7. Keripik Pisang Cavendish - Metro Snack
Jika anda pernah mencicipi keripik pisang lampung, secara umum adalah keripik pisang yang terbuat dari buah pisang kepok. Semua produk keripik pisang yang terkenal diatas adalah keripik pisang kepok yang memang tumbuh subur di Lampung. Pada saat ini ada beberapa inovasi menggunakan buah pisang lain dan salah satu diantaranya adalah menggunakan buah pisang cavendish. Buah pisang cavendish sendiri adalah jenis buah yang mulai dikembangkan di Lampung dan termasuk buah bermutu tinggi. Pemasarannya yang terbatas di swalayan-swalayan membuat pisang cavendish memang layak untuk diolah menjadi makanan bermutu. Oleh karena itu jika anda ingin mencicipi keripik dengan rasa dan tkstur baru anda harus mencobanya. Silahkan klik link berikut: Keripik Pisang Cavendish Lampung untuk melihat detil produk keripik pisang cavendish dari Metro Snack. 

Keripik Pisang Cavendish Lampung



8. Keripik Pisang Trapping
Keripik pisang lampung lainnya yang bisa menjadi referensi anda adalah keripik pisang trapping. Keripik pisang trapping lampung juga memiliki berbagai variasi rasa seperti halnya keripik pisang khas lampung lainnya. Kualitas keripik pisang trapping sangat baik karena memenuhi standar jual di pertokoan sampai swalayan. Saat ini pemasarannya lebih utama pada bberapa toko besar dan swalayan di kota bandar lampung. Keripik pisang trapping dibungkus dalam kemasan tas cantik dan sangat pas sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga/kerabat. Jika anda ingin mengetahui lebih rinci mengenai keripik pisang trapping silahkan klik link berikut: Keripik Trapping Khas Lampung

keripik pisang khas lampung
Keripik Pisang Lampung

Itulah beberapa jenis keripik pisang lampung yang dapat menjadi referensi bagi anda semua yang ingin membeli oleh-oleh dari lampung khususnya keripik pisang khas lampung. Jika anda ingin membeli tanpa harus membuang tenaga dan waktu anda karena anda berada diluar kota atau diluar provinsi, anda bisa memesannya disini. Barang selalu hangat karena kami ambil dari produsennya langsung. 

Jual Keripik Pisang Lampung

Kami melayani pemesanan secara online pengiriman keseluruh Indonesia (semua ekspedisi), dengan sistem yang sangat mudah. Hubungi customer service kami (08971218773) untuk pemesanan. Terimakasih Banyak, Salam Hangat.


Membuat Keripik Pisang Khas Lampung (donysetya)


Pisang Lampung, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. bis dibilang buah ini banyak memiliki manfaaat, baik secara langsung maupun tak langsung. Manfaat langsungnya adalah dengan mengkonsumsi buah ini secara langsung tanpa mengalami pengolahan terlebih dahulu. Banyak produk olahan yang dihasilkan oleh buah yang satu ini. Produk-prdouk olahan tersebut juga memiliki nilai ekonomis yang cukup besar dan menjanjikan. Banyak hasil olahan kreatif yang berasal dari Pisang Lampung. Jika pada awalnya penjualan Pisang Lampung anya terbatas pada fisik buahnya saja, kini penjualan Pisang Lampung tak berpatok hanya pada buahnya. Banyak olahan yang telah kita kenal, seperti ledre, kripik Pisang Lampung, Pisang Lampung goreng, Pisang Lampung bakar, gethuk Pisang Lampung dan masih banyak yang lainnya.


Kripik Pisang Lampung semua sudah tau, tapi jika berminat untuk membuatnya, nah kali ini akan kita bahas beberapa hal yang berhubungan dengan kripik Pisang Lampung.

1. Pemilihan Pisang Lampung
Pilihlah buah Pisang Lampung dari jenis, Pisang Lampung ambon, kepok, jantan atau nangka. Jenis-jenis buah Pisang Lampung tersebut sudah terkenal dan sering sekali digunakan untuk jadikan keripik Pisang Lampung. Jangan gunakan jenis Pisang Lampung raja karena akan terlalu lembek. Selain dari jenis Pisang Lampung maka hal lain yang harus kita perhatikan adalah tingkat kematangan. Pastikan Pisang Lampung yang digunakan jangan terlalu masak atau terlalu mentah. Persentasi tingkat kematngan yang pas untuk dijadikan keripik Pisang Lampung adalah sekitar 70% atau 80%. Tingkat kematangan akan sangat penting terutama saat memlalui proses pengirisan. Jika Pisang Lampung terlalu matang maka akan sangat lembek ketika di iris, sedangkan jika terlalu mentah maka akan sangat keras. Selain itu juga jika terlalu mentah maka rasa Pisang Lampung juga akan tidak terlalu enak. 

Selain tingkat kematangan yang harus diperhatikan maka bentuk buah Pisang Lampung pun juga harus mendapat perhatian tersendiri. Pastikan bentuk buah Pisang Lampung tersebut lonjong sempurna. Hal ini dimaksudkan agar kita mendapatkan bentuk sempurna saat Pisang Lampung tersebut kita iris. Serta saat penggorengan maka irisan Pisang Lampung tersebut tidak mudah patah atu hancur. Jangan memilih buah Pisang Lampung yang terlalu kecil, mungkin memang kita bisa mendapatkan bentuk irisan yang memancang, namun saat dalam proses penggorenga maka irisan Pisang Lampung tersebut akan mudah hancur dan patah. Untuk mendapatkan bentuk buah Pisang Lampung yang sesuai, maka pilihlan buah Pisang Lampung pada tandan teratas. Hal ini dikarenakan buah Pisang Lampung yang memiliki bentuk an kualitas yang sesuai cenderung biasanya berada di tandan teratas. 

2. Cara Memotong Pisang Lampung untuk Keripik
Jika kita sudah bebicara mengenai bagaimana cara memilih Pisang Lampung yang sesuai untuk dijadikan keripik, maka sekarang kita akan membahas cara memotong Pisang Lampung tersebut. Memotong Pisang Lampung untuk dijadikan keripik memiliki peranan yang sangat penting. Cara memotong Pisang Lampung sangat berhubugan erat dengan tingkat kematangan keripik saat digoreng, serta hasil akhir dari keripik itu sendiri. Kita banyak menemukan berbaga macam jenis hasil potongan untuk keripik Pisang Lampung, mulai dari yang bebrnetuk bundar hingga yang berbentung memanjang. Semua bentuk tersebut adalah sama tak ada yang membedakan, bentuk-bentuk tersebut hanya berpengarus pada jumlah potongan yang kita dapatkan dari satu buah Pisang Lampung. Pastikan ketebalan yang didapat dari pengirisan buah Pisang Lampungtersebut memiliki ketebalan yang sama. Jika ketebalan antar setiap irisan tidak sama maka akan berbepngaruh juga pada lama pematangan saat penggorengan. Setiap irisan akan memiliki tinglat kematangan yang berbeda dan ini adalah hal yang tidak kita inginkan. Maka dari itu pastikan bahwa ketebala setiap irisan adalah sama.

Untuk mengiris sendiri kita bisa melakukannya secara manual yaitu mengirisnya dengan pisau biasa. Atau kita bisa menggunakan alat pengiris yang semi manual. Sekarang ini banyak sekali produsen-produsen yang menjula alat pengiris Pisang Lampung untuk keripik. Penggunaan alat ini sebenranya sangat brmanfaat bagi kita karena akan sedikit mengurangi kemungkinan irisan Pisang Lampung memiliki ketebalan yang berbeda. Sangat disarankan sebaiknya kita menggunakan alat pengiris semi manual ini untuk mendaptkan hasil yang lebih terpercaya dan lebih sesuai dengan apa yang akan kita ingikan. 

3. Alat dan Bahan Pembuatan Keripik Pisang Lampung
Ada beberapa hal yang harus kita sediakan untuk melakukan pengolahan terhadap kripik Pisang Lampung. Bahan-bahan yang harus kita sediakan adalah :
                1. ½ kilogram Pisang Lampung yang setengah matang
                2. 1 sendok teh garam halus
                3. 200 gram gula pasir
                4. air secukupnya
                5. 2 lembar daun pandan ( cuci bersih )
                6. minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
                7. 1 sendok teh air kapur sirih
                8. alat pemotong Pisang Lampung (jika menggunakan alat pemotong)
                9. baskom
                10. garam secukupnya

4. Cara Memasak
Hal pertama yang akan kita lakukan adalah mengupas Pisang Lampung terlebih dahulu. Setelah Pisang Lampung tersebut dikupas kemudian akan kita iris tipis. Pengirisan dpat kita lakukan secara manual maupun dengan alat pengiris. Untuk bentuk hasil irisan sendiri tergantung dari selera masing-masing. Setelah mengalami pengirisan kemudian rendam hasil irisan di dalam air yang telah di campur dengan air kapur sirih. Lama perendamana sendiri kira-kira membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah di rendam kemudian irisan Pisang Lampung kita angkat dan kita tiriskan, sampai air benar-benar kering. Setelah hasil irisan kering maka masukan kedalam baskom untuk kemudian kita campur dengan garam secukupnya. Jumlah garam yang kita campur ini tergantung dari selera masing-masing, tapi jangan terlalu banyak karena akan menghasilkan keripik yang taerlalu asin. Jangan menngaduk irisan Pisang Lampung terlalu kencang karena dikhawatirkan akan merusak tekstur Pisang Lampung itu sendiri.

Setelah mengalami pengadukan dan pencampuran dengan dengan garam, maka diamkan beberapa saat. Sembari menunggu garam meresa kedalam irisn Pisang Lampung kita bisa memanaskan minya goreng. Jangan gunakan api yang terlalu besar karena bisa membuat Pisang Lampung menjadi terlalu cepat matang dan gosong, pastikan gunakan api sedang. Setelah minya cukup panas kita bisa menggorengnya hingga berwarna kuning keemasan. Setelah semua irisan Pisang Lampung digoreng, maka kita bisa merebus gula hingga mendidih, dan jangan lupa untuk memasukan daun pandan sebagai penambah aroma wangi. Setelah air gula mendidih maka kita bisa mencampurkan keripik Pisang Lampung tersebut kedalam air gula dan kita aduk hingga merata. Jika dirasa sudah merata maka kita bisa mengangkat keripik Pisang Lampung tersebut untuk kemudian siap disajikan

Penggunaan gula disini tergantung selera masing-masing. Jika kita menyukai rasa manis maka kita bisa mencampurkannya dengan gula. Jika kita tak menyukai rasa manis maka kita bisa mencampurkannya dengan garam untuk mendaptkan rasa asin gurih.

Itulah tadi tips dan cara pengolahan keripik Pisang Lampung. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Keripik Pisang Kepok Khas Lampung (dtheas)

Tak hanya kaya budaya dan sumber daya alam, Indonesia juga sangat terkenal akan keragaman kulinernya. Maka jangan heran jika setiap daerah yang kita kunjungi di Indonesia akan memberikan suguhan kuliner yang beragam, sangat lezat dan tentu saja memiliki kekhasan masing-masing. Kuliner khas daerah ini bisa berupa makanan pokok dan juga makanan ringan atau camilan yang bisa kita jadikan oleh-oleh untuk keluarga, kerabat atau sahabat tercinta.

Salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal memiliki banyak pilihan oleh-oleh yang menarik adalah Lampung. Ya, plesir ke Lampung memang terasa kurang pas tanpa membawa oleh-oleh khas daerah, baik berupa makanan atau bukan. Siapa yang tak mengenal kain tapis. Oleh-oleh khas Lampung yang satu ini termasuk yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Kain tapis ini sendiri berupa tenunan yang dibuat dengan perpaduan benang emas dan juga benang biasa. Ada juga kopi lampung yang memiliki cita rasa yang khas, kemplang atau jajanan sejenis kerupuk yang dibuat dari bahan dasar daging ikan dan digoreng dengan pasir atau lempok durian yang memiliki tampilan mirip jenang atau dodol. Selain itu, kita juga bisa membawa sambal Lampungyang pedasnya super nendang dan juga manisan Lampung yang dibuat dari aneka buah seperti pepaya, manisan salak, manisan loba-lobi dan lain-lain sebagai oleh-oleh.

Keripik pisang kepok khas lampung Kepok Lampung

Ternyata, provinsi yang berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan di bagian utara ini masih menyimpan satu lagi oleh-oleh khas yang tak boleh dilupakan begitu saja, yaitu keripik pisang kepok khas lampung kepok Lampung. Sekali mencoba camilan khas Lampung ini, kita akan ketagihan dan kemudian menjadikanya sebagai salah satu camilan paling favorit.
Berbeda dari keripik pisang kepok khas lampung yang sering kita makan, keripik pisang kepok khas lampung kepok khas Lampung ada tambahan bubuk bumbu dengan berbagai macam rasa, mulai coklat, keju, balado, jagung bakar, jagung manis, melon, barbeque, susu, durian, nangka, stroberi hingga mocca. Tambahan topping aneka rasa ini membuat keripik pisang kepok khas lampung khas Lampung tampil beda dan menggugah selera juga lebih disukai oleh semua umur.
Untuk mendapatkan camilan khas Lampung ini tidak begitu sulit karena sentra produksinya tersebar di beberapa bagian wilayah provinsi. Sementara bahan baku keripik pisang kepok khas lampung sendiri diambil dari beberapa kabupaten di Lampung, seperti Lampung Tengah, Lampung Timur dan Lampung Barat. Ada banyak toko oleh-oleh khas Lampung di ibukota provinsi yang bisa kita jadikan tempat buruan, seperti gerai-gerai yang ada di jalan Malahayati Teluk Betung atau di seputaran Tanjung Karang.

Aneka oleh – oleh dan camilan khas Lampung

Keripik pisang kepok khas lampung kepok Lampung yang enak dikemas dalam berbagai merk dan beberapa diantaranya bahkan banyak diburu wisatawan. Salah satunya adalah keripik pisang kepok khas lampung kepok khas Lampung produksi toko Aneka Rasa yang bisa dijumpai di Komplek Pertokoan Ramayana, Kota Bandar Lampung.  Selain keripik pisang, toko ini juga menyediakan aneka manisan Buah, sambel lampung, sambel goreng udang, kemplang, krupuk, kue-kue khas lampung, lempok duren, dan masih banyak lagi.
Kita juga bisa mencoba keripik pisang kepok khas lampung kepok khas Lampung yang ada di toko Yen Yen yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Irisan keripik pisang kepok khas lampung Yen Yen tidak terlalu tipis dengan lumuran bubuk coklat yang rasanya pas atau tidak terlalu manis. Toko yang berlokasi di kawasan Teluk Betung ini juga menyediakan keripik pisang kepok khas lampung rasa keju, moka, stroberi, susu, melon, dan varian original.  Untuk keripik pisang kepok khas lampung yg beratnya 250gram harga yang dipatok toko ini cukup murah, yaitu sekitar 11 ribuan.

Satu lagi keripik pisang kepok khas lampung yang paling recommended adalah keripik pisang kepok khas lampung produksi outlet Suseno, yang berlokasi di Jalan Kakap dan juga Jalan Ciptomangunkusumo Bandar Lampung. Di kedua outlet ini kita bisa merasakan nikmatnya keripik pisang kepok khas lampung kepok dengan aneka rasa yang menggoda selera. Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai 12 ribuan hingga 20 ribuan untuk kemasan 200 gr. 

Tak hanya itu, keripik pisang kepok khas lampung kepok Lampung Mr. Monkey pun layak untuk dicoba. Tak hanya lezat dan bergizi, keripik pisang kepok khas lampung kepok Mr.  Monkey memiliki bentuk yang unik yaitu waffle dengan rasa yang juga bervariasi, sama seperti keripik pisang kepok khas lampung khas Lampung lainnya. Keripik pisang kepok khas lampung Mr. Monkey dijual mulai harga 12 ribuan untuk kemasan seberat 140 gr. Bukan hanya soal rasa, keripik pisang kepok khas lampung Mr. Monkey juga memiliki kemasan atau bungkus yang eye-catching dan terlihat lux.    

Selain di gerai atau toko oleh-oleh, kita juga bisa mendapatkan keripik pisang kepok khas lampung kepok Lampung dengan  mengunjungi Sentra Industri Keripik pisang kepok khas lampung Khas Lampung Gang P.U. yang berada di Jalan Pagar Alam Gang P.U. Kedaton. Awalnya, industri kerupuk di kawasan ini adalah usaha rumahan biasa yang kemudian tumbuh menjadi komoditi usaha berskala besar seperti yang bisa kita lihat saat ini. Tak sulit menemukan lokasi Sentra Industri Keripik pisang kepok khas lampung Gang P.U. sebab sebuah gapura besar bertuliskan 'Sentra Industri Keripik' yang diletakkan diantara ujung jalan Teuku Umar dan Z.A. Pagar Alam terpampang dengan jelas menyambut pengunjung yang berdatangan ke sana. Begitu memasuki lokasi, kita bisa menemukan deretan toko yang menjajakan aneka jenis keripik dengan variasinya. Jadi, tidak hanya menjual keripik pisang kepok khas lampung saja, Sentra Keripik pisang kepok khas lampung Gang P.U. juga menyediakan aneka camilan keripik dari talas, sukun, nangka hingga umbi-umbian lainnya. 

Salah satu keripik yang patut dicoba di Sentra Industri Keripik Gang P.U. adalah Keripik Ibu Merry. Bu Merry sendiri mengawali usahanya sejak awal 2000-an dan kini tumbuh menjadi salah satu usaha paling sukses di kawasan ini. Keripik pisang kepok khas lampung Ibu Merry dijual dengan kisaran harga sekitar 50 ribu per kilogramnya. Dengan berbelanja di Sentra Industri Keripik pisang kepok khas lampung khas Lampung di Gang P.U., kita tidak hanya mendapatkan produk yang berkualitas tapi juga ikut menggairahkan industri rumahan.

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini,kita juga bisa memperoleh keripik pisang kepok khas lampung kepok khas  Lampung tanpa harus terlebih dulu pergi ke Lampung. Dengan browsing di internet, kita bisa memilih keripik pisang kepok khas lampung kepok khas Lampung sesuai yang kita inginkan karena camilan enak ini sudah banyak sekali dijajakan secara online.

Dari sekian banyak varian rasa, keripik pisang kepok khas lampung kepok rasa coklat menjadi salah satu yang paling digemari pecinta kuliner. Tapi, jika belum merasakan sendiri kita tidak akan bisa membuktikannya. Bagaimana bisa mempromosikan  salah satu makanan khas daerah di Indonesia ini ke dunia internasional jika kita sendiri belum pernah merasakannya bukan. 

So, jangan ragu untuk mencoba dan temukan sendiri rasa favorit Anda.
Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia