Sale Pisang Khas Lampung

Twitter
Facebook
Sale Pisang Lampung
Kode Barang A31
Harga Rp 23,000
Jenis Sale Sale Pisang Aneka Rasa Khas Lampung
Produksi Bandar Lampung
Berat 150 Gram
Stok Sale Ada
Kontak

Deskripsi Sale Pisang Ambon Lampung
Sale pisang adalah salah satu olahan buah pisang yang digemari oleh banyak orang. Olahan dari buah pisang yang dibelah tipis kemudian dijemur ini termasuk salah satu teknik pengawetan buah tanpa menghilangkan rasa nikmat dari buat pisang. Buah pisang yang telah masak dipilih berdasarkan kebutuhan, diolah dengan cara diris tipis-tipis, dijemur, lalu diasap atau digoreng dengan menggunakan tambahan tepung.

Sale Pisang Lampung

Lihat Produk Lainnya:  Kue Bangkit Lampung, Kue Khas Melayu

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya teknik pengolahan buah pisang ini lahir untuk mensiasati periode masak buah pisang yang sangat singkat. Kita ketahui juga bahwa buah pisang sangat cepat busuk, oleh karena itulah perlu adanya pengolahan atau awetan seperti sale. 
 
Sale Pisang Khas Lampung

Meskipun sale adalah olahan awetan, rasa sale pisang sangat khas... sale pisang saat ini telah menjadi salah satu kuliner yang sudah dikenal luas di Indonesia. Bahkan, sale pisang saat ini sudah mulai dipasarkan keluar negeri.. so kita patut berbangga dengan kuliner kita ini "sale pisang".

Sale Pisang Lampung @althashop

Lihat Produk Yang Ini:  Stik Pisang Muli (Puteri) Khas Lampung

Intermezzo 'tentang manfaat sale' Pisang dikenal sebagai buah yang mengandung protein tinggi dan sangat baik bagi kesehatan karena berasal dari tumbuhan (buah). Secara umum, didalam buah pisang banyak terkandung vitamin (C dan B kompleks), kalium, magnesium, dan serotonin (neorotransmitter) yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Untuk hitungan energi, buah pisang mengandung 90 kalori dan 1,2 gram protein sehingga sangat baik dikonsumsi tubuh kita.

Sale Khas Lampung @althashop

Berdasarkan bahan dasar jenis pisang yang digunakan dalam pembuatan sale ada beberapa macam, yaitu: Pisang Raja, Pisang Emas, dan Pisang Ambon. Pisang-pisang ini semuanya memiliki tekstur yang sangat lembut, memiliki kadar gula tinggi, dan cepat matang sehingga sangat baik untuk dibuat menjadi sale pisang. Produk sale pisang lampung ini juga mengunakan pisang ambon sebagai bahan dasarnya. 

Sale Pisang Lampung
Produk: Sale pisang ambon lampung ini diproduksi oleh 'ramadhan kue' dan dikemas oleh Ny. Wie - Bandar Lampung. Pembuatan sale pisang lampung diawasi oleh dinas kesehatan dan telah memiliki izin produksi DINKES dengan izin P-IRT No. 2141871020108-19. Jika anda hendak membeli sale pisang lampung ini silahkan langsung menghubungi customer service kami, atau lihat cara pemesanan. Terimkasih dan selamat berbalanja.. :D 

Lihat Juga:  Keripik Jamur Aneka Bandar Lampung


Sale Pisang Legendaris (Afriza)

Jika ada cemilan khas yang sangat mudah dijumpai, maka sale pisang salah satunya.Kudapan ini banyak dijualdari pasar tradisional, hingga minimarket dan supermarket modern.Rasanya yang manis dan lezat dengan aroma yang khas membuat sale pisang menjadi kuliner favorit banyak orang.

Banyaknya permintaan sebanding dengan banyaknya produksi. Degan melimpahnya panen buah pisang di Indonesia, produsen sale pisang pun menjamur di banyak daerah. Sale Pisang Putri atau Putri Sale merupakan salah satu produsen yang  telah puluhan tahun berada di bisnis kuliner khas tersebut.

Berlokasi di Desa Sidareja, Cilacap, Jawa Tengah, Putri Sale menjadi salah satu produsen utama sale pisang tanah air. Industri sale pisang tersebut bahkan telah berdiri sejak tahun 1975. Saat itu merek yang mereka gunakan ialah Sale Pisang ‘Rasa Madu’. Dalam perkembangannya, brand diubah menjadi Sale pisang ‘Putri Sale’.

Di awal pendirian, Sale Pisang Putri Sale hanya memproduksi satu jenis sale saja, yakni sale basah. Sebagaimana namanya, sale ini bertekstur lembut dan basah. Pembuatannya tidak melalui proses penjemuran dan penggorengan melainkan dengan cara oven. 

Putri Sale masih menggunakan peralatan oven tradisional kala itu. Yakni dengan menggunakan sekam atau meram serta batang padi yang sudah kering atau biasanya disebut dengan damen. Di atas sekam dan damen inilah pisang dipanggang atau dioven hingga matang menjadi sale basah yang lezat dan menghasilkan aroma yang sangat wangi dan sangat khas pemanggangan tradisional.

Meski basah, sale pisang ini tetap awet disimpan dalam beberapa waktu tertentu. Tentu masa kedaluwarsanya tak sepanjang sale pisang kering atau goreng. Biasanya sale ini menyajikan pisang tanpa dipotong, berukuran kecil dan memiliki warna cokelat tua. Jika digigit, sari madu dari pisang akan keluar dan terasa sangat manis.
Beberapa tahun setelahnya, muncul inovasi sale pisang goreng. Sale Pisang Putri Sale pun menciptakan produk sale goreng ini dengan berbagai ukuran, yakni sale lidah, sale oval dan lain sebagainya. Beberapa ragam tersebut hanya sebatas perbedaan cara pemotongannya saja. Adapun rasa tetap sama, manis dan renyah.

Sale lidah memiliki ukuran panjang dan lebar seperti lidah karena proses pemotongannya dengan cara  memanjang. Sale oval pun demikian, prosesnya dengan cara memotong pisang bentuk oval. Ada pula sale pisang melingkar dan berbagai bentuk lain. Dari sekian banyak model, sale pisang goreng lidah yang memanjang lah yang paling terkenal.


Sale Pisang Cilacap

PutriSale menjadi industri awal sale pisang di Cilacap. Saat ini sangatbanyak industri rumahan maupun skala besar yang memproduksi jajanan khas kabupaten yang berada di selatan Jawa tersebut. Bahkan Sidareja, desa produksi Putri Sale kini menjadi sentra produksi sale pisang. Di wilayah tersebut, sale pisang menjadi penyangga ekonomi desa. Bahkan ada lebih dari seribu orang di Cilacap yang bekerja di industri usaha sale pisang. 

Dilansir laman cilacapkab.go.id, sale pisang menjadi salah satu produk andalan Kabupaten Cilacap. Pasalnya, produksi pisang di kabupaten terluas di Jawa Tengah tersebut amat sangat melimpah. Untuk produksi pisang siyem saja mencapai lebih dari 7 juta kilogram setiap bulannya. Pisang jenis inilah yang digunakan produsen untuk membuat sale pisang khas Cilacap. “Pisang jenis ini memiliki kandungan air yang lebih rendah dari pisang lain sehingga sangat cocok untuk dibuat sale.”

Putri Sale dan usaha sale pisang lain di Cilacap kini tak hanya menguasai pasar dalam negeri, namun juga telah berhasil memasuki pasar internasional. Produk sale pisang diekspor dan disukai masyarakat luar negeri, terutama negara tetangga.Sale pisang juga disebut-sebut sebagai produk Indonesia yang sangat potensial ekspor. Pasalnya, produk tersebut sangat khas tanah air dan tak diproduksi negara lain.

Menurut Kepala Seksi Perizinan Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Titi Sujarwati, sale pisang produksi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) laris manis di dua negara, yakni Malaysia dan Australia. Kegiatan ekspor tersebut bahkan rutin dilakukan sejak tahun 2014. “Ini sudah diteken pada tahun 2014 lalu. Tiga produk (sale pisang, keripik sukun dan kerupuk ikan tuna) yang diekspor ke Australia dan Malaysia,” ujarnya dikutip purwokertokita.

Selain Cilacap, ada daerah lain yang juga terkenal sebagai daerah produsen sale pisang. Ialah Ciamis di Jawa Barat yang juga mengenalkan sale pisang sebagai makanan khas mereka. Kudapan sale pisang memang banyak dipilih para pelaku usaha di Indonesia sebagai bisnis yang menggiurkan. Mengingat bahan baku yang mudah didapat serta proses pembuatan yang sederhana, namun memiliki harga jual yang tinggi.

Sayangnya, Sale Pisang ‘Putri Sale’ sangat minim informasi tentangnya sehingga tak diketahui seberapa besar pasar, kapasitas produksi serta omzet yang didapat industri tersebut.Namun dari blog mereka diketahui usaha sale pisang putri masih eksisi dengan lokasi produksi di Tinggarjaya RT4/RW1 Sidareja, Kabupaten Cilacap. “Sampai sekarang perusahaan ini masih exist meskipun berganti nama menjadi "PUTRIPISANG" dengan Merk "PUTRISALE,” dikutip dari blog Sale Pisang Putri.


Cara Membuat Sale Pisang

Sale pisang khas Cilacap yang manis dan renyah dapat dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sale pisang ialah sebagai berikut; 20 buah Pisang Siyem atau jika tidak ada dapat diganti dengan Pisang Ambon, 200 gram tepung beras, 100 gram tepung tapioka, 5 sendok makan gula pasir, 400 cc air, vanili bubuk untuk pengharum serta kapur sirih untuk merenyahkan sale.

Proses pembuatannya cukup mudah. Hanya saja, pastikan ada cahaya matahari yang cukup untuk menjemur pisang. Karena itu, lebih baik memproses sale pisang saat musim panas tiba. Pasalnya, penjemuran ini tidak bisa digantikan dengan oven. Hasil dan rasa yang berbeda didapatkan antara penjemuran dan pemanggangan.

Langkah pertama untuk membuat sale pisang khas Cilacap yakni dengan memotong tipis-tipis pisang yang sudah dikupas. Ukuran ketipisan pisang kira-kira 3 milimeter. Setelah itu, tata tiap lembaran pisang di atas tampah, kemudian jemur di bawah terik matahari langsung hingga kering. Pisang yang sudah kering dan tak memiliki kandungan air sudah siap untuk digoreng. 

Proses penggorengan dilakukan dua kali. Penggorengan pertama dilakukan tanpa baluran tepung. Usai pisang dijemur, segera goreng pisang hingga warnanya kecokelatan. Setelah itu, siapkan adonan dari tepung beras, tapioka, vanili, gula pasir, air kapur sirih. Masukkan pisang yang sudah digoreng tadi ke dalam adonan tepung, lalu goreng hingga berwarna kuning keemasan. Tiriskan minyak, sale pisang pun siap dikemas atau dinikmati langsung.

Resep sale pisang terus berkembang seiring banyaknya inovasi pangan yang dilakukan para entrepreneur. Pun dalam produk sale pisang. Banyak inovasi rasa untuk sale pisang. Selain sale pisang original, ada pula sale pisang madu dan keju. Tak hanya itu, ada pula sale pisang yang dilapisi cokelat sehingga menambah kelezatannya.

Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia