Kue Semprong Lampung Aping

Twitter
Facebook
jual kue semprong
Kue Semprong
Kode Barang A13
Harga Rp 36,000
Produksi Kue Semprong Ny. Aping - Lampung
Ukuran/Kemasan Besar Kemasan Toples Kotak & Kecil Kemasan Toples Silinder
Rasa Wijen, Coklat, Durian
Stok Barang Ada
Pesan Sekarang Hubungi

Deskripsi Produk
Pernahkah anda mencicipi kue semprong? saya kira pasti anda pernah mencicipinya.
Kue semprong dikenal sebagai jajanan kering yang dahulu banyak dijual pasar atau toko-toko kue. Kue ini juga identik dengan 'zaman dahulu atau jadul', karena saat ini sudah mulai jarang ditemukan kalah bersaing dengan jenis-jenis kue modern.

Kue Semprong
Kue Semprong

Kue semprong adalah kuliner nusantara yang dahulu sangat mudah dijumpai diberbagai daerah. Bahkan bisa dibilang kue ini pernah merepresentasikan eksisnya kuliner nusantara. Jadi jangan sampai kuliner yang satu ini harus hilang tanpa anak cucu kita pernah mencicipinya.

Kue semprong lampung produk dari Ny. Aping hadir sebagai kuliner modern yang tidak kalah bersaing dengan produk-produk saat ini. Dari segi rasa tentu sudah sangat akrab dengan lidah kita, selain itu kue semprong lampung ini b polos seperti kue semprong yang kita kenal. Saat ini kue semprong lampung hadir dengan tiga varian rasa, yaitu: Wijen, Coklat, dan Durian. 

Tampilan Modern Kue Semprong Khas Lampung Ny. Aping (bawah)
Kue Semprong

Bersiap-siaplah mencicipi lezatnya kue semprong lampung dan memoga kue semprong mampu terus eksis ditengah derasnya kuliner-kuliner modern.
Selain kue semprong kami oleh-oleh makanan khas lampung juga menjual berbagai jenis makanan dan minuman khas lampung seperti: keripik pisang khas lampung, keripik nangka khas lampung, dodol durian, dodol pandan lapis berkat, sambal lampung, kopi luwak, kopi lampung, dan masih banyak lagi. Silahkan lihat daftar makanan khas lampung di etalase kami.

Semuanya Tentang "Kue Semprong" (novelitoei) 
Sebagian besar dari kalian pasti tahu dengan kue tradisional semprong (lampung) ini kan? Kue semprong (lampung) adalah salah satu kue yang enak yang biasa disajikan saat Hari Raya Lebaran tiba akan segera kita bahas lengkap di sini.

Kue kering semprong (lampung) merupakan kue kering tradisional yang terkenal di masyarakat Sulawesi Utara dan Jawa. Biasanya, kue kering semprong (lampung) mempunyai rasa yang tidak terlalu manis, aromanya yang khas, bertekstur renyah dan halus, serta mempunyai warna kuning kecoklatan. Kue kering semprong (lampung) berbentuk gulungan tapi, ada juga yang berbentuk segitiga dan persegi panjang. Kue kering semprong (lampung) pada umumnya terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, gula pasir, santan, margarine, dan telur  kemudian cara memaskanya dengan cara di panggang.

Kualitas dari kue semprong (lampung) didukung oleh kandungan pati dan serat kasar yang berada dalam suatu bahan. Kue kering semprong (lampung) sangat digemari lantaran rasanya yang enak dan umur simpannya tahan lama serta empuk saat digigit.
Lihat Produk Oleh-Oleh Yang Ini: Banana Foster Hengky Kurniawan

Kalau kalian lihat-lihat namanya kue semprong (lampung) cukup unik kan ya? Kata semprong (lampung) berasal dari tabung gelas yang dipakai di lampu minyak yang dulu orang tua kita pakai. Zaman dahulu, kue semprong (lampung) sangat populer, jadi rebutan, dan disukai oleh anak-anak. Meski sangat terkenal di eranya tapi, di zaman sekarang jangankan di kota-kota di desa-desa saja sudah jarang sekali terlihat dan berganti dengan sejenis kue-kue modern.

Kue semprong (lampung), dahulu banyak disajikan hampir di rumah-rumah saat Hari Raya Lebaran untuk menyambut sanak saudara dan teman-teman yang akan bersilahturami ke rumah. Namun, sayangnya saat ini mulai banyak yang tidak membuat kue kering semprong (lampung) sehingga otomatis akan mulai jarang kalian temui kue-kue kering semprong (lampung) berada di toples di atas meja rumah saat Hari Raya Lebaran tiba. Hal ini mungkin terjadi karena semakin berkembangnya zaman orang-orang semakin malas untuk membuat kue kering semprong (lampung). Lalu kebanyakkan orang-orang banyak memilih membeli kue-kue yang ada di toko-toko biasanya kue-kue ini buatan pabrik.

Walau pun agak tertinggal tapi, kue semprong (lampung) masih banyak dijajakan meski kadang ada kadang tidak ada. Tapi, kalian bisa membuat sendiri kue semprong (lampung)nya di rumah. dengan demikian kalian ikut melestarikan kue-kue tradisional yang nantinya generasi penerus akan tetap bisa merasakan enaknya rasa kue kering semprong (lampung).

Untuk bahan-bahan kue semprong (lampung) sangat mudah didapat di daerah-daerah kalian tinggal yang susah adalah peralatan yang digunakan untuk membuat kue kering semprong (lampung).

Siapkankan langsung bahan yang kalian butuhkan dalam pembuatan kue kering semprong (lampung) yang enak dan renyahseperti :
·         Kayu manis bubuk sebanyak 1 sendok teh
·         Minyak goreng secukupnya
·         Santan kental sebanyak 850 ml dari 3 buah kelapa tua
·         Tepung beras berkualitas sebanyak 500 gram
·         Tepung sagu sebanyak 100 gram
·         Wijen sebanyak 50 gram
·         Gula pasir sebanyak 300 gram atau sesuai selera kalian
·         Telur ayam sebanyak 6 butir
·         Vanili sebanyak ¼ sendok teh

Sekarang kalian menuju ke proses pembuatan kue semprong (lampung). Langkah-langkah membuat kue semprong (lampung) :
1.       Telur ditempatkan ke dalam lalu dikocok sampai mengembang
2.       Tepung beras dan tepung sagu dicampur sambil diayak pelan-pelan kemudian dicampurkan dengan telur yang sudah dikocok
3.       Gula dan kayu manis dimasukkan kemudian diaduk rata sambil santan dituangkan sampai gula larut
4.       Vanili dan wijen ditambahkan ke dalam adonan
5.       Pewarna dapat ditambahkan agar kue kering semprong (lampung) semakin menarik
6.       Cetakan semprong (lampung) disiapkan kemudian dipanaskan di atas api lalu permukaan cetakan kue semprong (lampung) diolesi dengan minyak
7.       Adonan dimasukkan sebanyak 2 sendok makan kemudian diratakan dan tutup segera
8.       Adonan dipanggang sampai matang sambil cetakan dibolak-balik kemudian diangkat
9.       Saat kue semprong (lampung) baru diangkat dari cetakan segera bentuk sesuai selera kalian. (Tips : Membentuk kue kering semprong (lampung) sebaiknya saat masih panas dan basah agar lebih gampang. Jika membentuk kue kering semprong (lampung) saat sudah dingin dan mengeras akan susah karena kue kering semprong (lampung) akan pecah)
10.    Adonan yang sudah jadi didinginkan dan disimpan ke dalam kedap udara agar tekstur renyahnya terjaga

Hampir semua dari kalian pasti bisa membuat kue semprong (lampung) tapi, biasa yang menjadi masalah bagi kalian adalah mungkin mengenai cetakan yang akan digunakan. Jika kalian tidak memiliki cetakan kue semprong (lampung) kalian bisa meminjamnya pada teman kalian yang memilikinya atau kalian bisa membelinya di toko sekalian buat koleksi untuk membuat aneka jenis kue lainnya. Harga cetakan kue kering semprong (lampung) harganya sekitar 50 ribu rupiah. Bentuk cetakan kue kering semprong (lampung) ini terdiri dari dua buah papan yang bagian tengahnya ada hiasan berbentuk seperti ukiran. Bahan cetakan kue kering semprong (lampung) yakni terbuat dari plat alumunium atau bisa juga terbuat dari bahan seng. Kalian dapat memilih corak hiasannya sesuai dengan selera. Disarankan kalian memilih cetakan kue kering semprong (lampung) yang bahan alumunium karena lebih awet.

Jika kalian berhasil membuat sendiri kue kering semprong (lampung), bisa lo kalian menjualnya buat menambah penghasilan. Harga kue kering semprong (lampung) bervariasi. Harga kue kering semprong (lampung) dengan tambahan wijen dibandrol harga Rp 40.000,- per kilonya. Harga kue kering semprong (lampung) biasa tanpa wijen (Resep di atas wijennya kalian bisa hilangkan) dibandrol dengan harga Rp 12.000,- per kilonya. Sedangkan, untuk harga kue kering semprong (lampung) lempit dibandrol dengan harga Rp 15.000,- per kilonya. Usaha kue kering semprong (lampung) termasuk usaha yang memakai modal sedikit, kenapa? Karena dilihat dari bahan, cara, dan waktunya yang terbilang mudah untuk digarap.

Kalau kalian tertarik dengan usaha berjualan kue kering semprong (lampung), kalian hanya memerlukan keuletan dan ketelatenan dalam menjalankan usaha kue kering semprong (lampung). Bagaimana kalian tertarik tidak? Dengan hanya modal sedikit tapi untungnya banyak selain mendapatkan untung dari penjualan kue kering semprong (lampung), kalian mungkin saja menghasilkan kue-kue kering semprong (lampung) yang bervariasi dari segi bentuk, rasa, serta warna yang semakin menarik sehingga kue kering semprong (lampung) tidak hanya dikenal sebagai kue kering tradisional tapi juga dapat bersaing dengan kue-kue olahan pabrik.
    Demikian pembahasan lengkap mengenai kue kering semprong (lampung). Semoga bermanfaat.

 
Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia