Kemplang Lampung Online "Ango"

Twitter
Facebook
jual kemplang
kemplang ango khas lampung

KodeProduk A22
Harga Kemplang Rp 10,000
Bahan Dasar Kemplang Asli Ikan Tenggiri
Produksi Ango - Asli Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Salah satu kemplang paling recomended dari Lampung. Dijamin rasanya enak, kress, ikannya berasa  
Jenis Kemplang Ada 2: Ukuran Besar dan Kecil
Berat Kemplang 200 - 450 Gram
Stok Kemplang Ready
Kontak
Kemplang bisa dikirim keseluruh wilayah Indonesia menggunakan ekspedisi JNE

Pemesanan Kemplang Ango Silahkan Hubungi Admin

Deskripsi Produk
Kemplang adalah makanan familiar orang sumatera, terutama masyarakat yang menempati daerah sumatera bagian selatan. Kemplang menjadi makanan merakyat yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Oleh sebab itulah kemplang menjadi makanan yang masih terus eksis hingga saat ini. 

Kemplang Ango Lampung
Kemplang Ango Lampung

Jika anda pergi ke Sumatera anda akan menemukan makanan sejenis kerupuk ini banyak dijajakan di pinggir jalan mulai dari Provinsi Lampung hingga Provinsi Sumsel dan Daerah-daerah lainnya. Mata anda akan sangat sering melihat makanan khas orang sumatera ini, sebuah pemandangan kuliner yang wajib anda cicipi.

Kemplang Ango Khas Lampung - Doc. Pribadi


Baca Juga: Kerupuk Asli Cumi-Cumi | Yuk Beli Kerupuk Khas Lampung Ini !

Lampung adalah salah satu provinsi yang cukup identik dengan kemplang. Ya, kemplang telah menjadi makanan masyarakat lampung sejak dahulu. Pada saat inipun kemplang masih menjadi salah satu kuliner ringan favorit provinsi Lampung. 

 
Kemplang Ango Khas Lampung - Doc. Pribadi

Anda akan cukup mudah menemukan kemplang di provinsi kami ini, Hal ini dapat kita lihat bagaimana kita dengan mudah menemukan pedagang kemplang sepanjang jalus lintas selatan maupun lintas timur menuju Bakauheni..
 
Kemplang Ango Khas Lampung - Doc. Pribadi


Kemplang banyak dijajakan oleh orang-orang di pinggir jalan dengan menawarkannya kepada pengendara yang sedang melintas terutama para pengendara dari luar pulau. Selain itu jika anda pernah melintasi provinsi Lampung dapat anda cermati dibeberapa titik bahwa banyak juga toko makanan yang menjual kemplang ini. So.. kemplang adalah kuliner khas sumatera yang cukup identik di Lampung. 

Kemplang Ango Khas Lampung - Doc. Pribadi

Lihat Produk Unggulan: Keripik Pisang Aneka Yenyen | Keripik Pisang Khas Lampung

Salah satu produsen kemplang yang ada di lampung adalah "Kemplang Ango Khas Lampung" produksi asli bandar lampung. 

jual kemplang lampung
kemplang lampung Ango



Kemplang yang dibuat dengan bahan dasar utama sagu, ikan, telur, dan garam ini memiliki rasa gurih dan sangat uenak. kami jamin dwehh.. lidah anda tidak akan kecewa dengan rasa khas ikan tenggiri dari kemplang ango, apalagi jika anda memang pernah mencicipi kemplang sebelumnya atau bahkan cukup familiar dan menyukai kuliner kemplang. Ya, karena kemplang ango termasuk salah satu jenis kemplang terbaik dan paling banyak dijual dipasaran. Hal ini tentu karena dari segi kualitas yang membuat orang menyukai produk kempang ini. So... langsung beli Yuk kemplang ango khas provinsi Lampung

Kemplang ango lampung sendiri banyak dipasarkan di berbagai tempat di provinsi lampung. Seperti saya utarakan diatas bahwa kemplang banyak dijajakan mulai dari penjaja dipinggir jalan hingga toko-toko makanan khas. Namun, khusus untuk kemplang ango ini dapat anda temukan di berbagai toko hingga swalayan karena pemasarannya yang spesifik diikuti market pasar, kualitas, dan brand yang telah dikenal oleh masyarakat.

Kemplang ango khas lampung ini ada berbagai kemasan, antara lain kemplang ango kemasan jumbo dengan berat sekitar 450 gram dengan sisi sebanyak 35 buah berukuran sedang dan sudah dilengkapi dengan sambal kemplang. Ada juga kemplang ango dengan ukuran kecil dengan isi 7-10pcs. Anda bisa membelinya disini dan sesuaikan dengan keinginan anda. Untuk pemesanan silahkan menghubungi nomor customer kami diatas, pesanan anda pasti akan kami respon secepatnya :)

Jenis Kemplang Lainnya: Kemplang Belida 21 | Kemplang Kualitas No. 1
Lihat Produk Lain:  Sambal Lampung Yenyen | Sambal Khas Lampung

Terimakasih, Ango Is The Best Kemplang! :) :)
Tetap Cintai Kuliner Negeri Sendiri !
Salam +Oleh-Oleh Makanan Khas Lampung 



Kerupuk Kemplang Kuliner Khas Nusantara (by: Silvie)

Apa yang pertama kali terbersit difikiranmu mendengar kata Kerupuk Kemplang ? Mungkin sebagian orang merujuk ke pengertian sebuah tindakan ya. Bahkan saya pribadi  saat pertama kali mendengar kata “Kerupuk Kemplang” yang ada di otak saya adalah persamaan kata “tempeleng”. Dan memang Kerupuk Kemplang dalam bahasa jawa itu artinya memang memukul dengan tangan.

Tapi Kerupuk Kemplang yang satu ini  bukan satu tindakan yang ektream atau anarsis kok. Malah enak banget ? loh kok bisa ? iya karna yang akan kita bahas adalah kerupuk Kerupuk Kemplang.  Bagi yang belum mengetahui Kerupuk Kemplang itu apa, sedikit saya jelaskan bahwa Kerupuk Kemplang adalah salah satu makanan khas sumatra khususnya bangka belitung, Lampung dan palembang. 

Kota Palembang sendiri terkenal dengan kuliner khas nya yang sudah sangat terkenal di nusantara yaitu empek-empek. Tapi ternyata selain empek-empek, Kota Palembang juga memiliki banyak kuliner khas lainnya yang tidak kalah enak salah satunya adalah Kerupuk Kemplang. Selain itu jika berkunjung ke lampung makanan kerupuk ini selalu mudah kita temui.

Kemplang dan Kerupuk Itu Berbeda

Kerupuk Kemplang sendiri sejenis kerupuk yang dibuat dari campuran tepung tapioka dan daging ikan tenggiri. Biasanya selain daging ikan tenggiri Kerupuk Kemplang juga bisa dibuat menggunakan daging cumi-cumi, udang atau daging ikan lainnya . 
Berbeda dengan kerupuk kebanyakan yang di goreng menggunakan minyak, Kerupuk Kemplang dinilai lebih “sehat” karna proses pembuatannya dengan dibakar diatas bara api. Adonan dasarnya pun tidak jauh berbeda dengan adonan empek-empek, hanya saja untuk pembuatan Kerupuk Kemplang adonan empek-empek yang sudah direbus dipotong tipis dan dijemur sampai kering dibawah sinar matahari selama beberapa hari sebelum akhirnya dibakar.

Kerupuk Kemplang Menjadi Icon

Kerupuk Kemplang sangat populer di wilayah Bangka belitung, Lampung dan Palembang sebagai icon oleh-oleh. Seperti halnya krupuk mars atau lebih terkenal dengan sebutan kerupuk melarat dari Cirebon, atau ubi cilembu dari Bogor. 

Kerupuk Kemplang menjadi salah satu kuliner yang wajib dibeli saat berkunjung ke Bangka belitung atau Palembang. Jajanan kuliner satu ini banyak di jajakan di toko oleh-oleh, bahkan di pasar tradisionalnya.
Tapi buat kamu yang belum sempat datang berkunjung ke bangka, lampungatau palembang, sekarang sudah banyak juga yang menjual Kerupuk Kemplang di jakarta dan kota-kota sekitarnya dengan harga yang relatif terjangkau.

Makanan yang satu ini memang kurang terkenal di kalangan anak muda yang lahir tahun 2000’an. Kalah populer dengan burger, kebab, kentang goreng, Fried chicken,  es kuburan mantan dan jajanan modern sekarang ini yang banyak menguasai pangsa pasar kuliner. Sehingga keberadaannya seperti asing di negeri sendiri. 

Sedangkan pengusaha kuliner saat ini lebih senang mengusung konsep kuliner modern yang sedang booming di masyarakat daripada melestarikan kuliner nusantara yang sangat beragam. Padahal kuliner nusantara sendiri memiliki potensi yang luar biasa jika dikemas dengan baik sesuai dengan trend saat ini,  yaitu rasa yang enak dan tampilan yang menarik atau bahasa anak muda jaman sekarangnya itu Istagramable.

Sebenarnya bukan hanya Kerupuk Kemplang kuliner khas nusantara yang keberadaannya mulai tersisihkan dengan makanan modern atau kuliner khas negeri orang tapi juga makanan tradisional lainnya, hal ini karena perubahan gaya hidup dan kurangnya kecintaan masyarakat lokal terhadap kuliner nusantara yang menjadi bagian dari kekayaan bangsa kita.  Hoalah.... jadi curhat. Maaf ya.

Bagaimana Rasa Kerupuk Kemplang?

Jangan tanya soal rasa untuk makanan satu ini, karna saya tentu akan jawab luar biasa. Terksturnya seperti kerupuk akan tetapi lebih tebal, dan gurih . Karna  memang proses pembuatanya dibakar akan ada rasa pahit sedikit dan  bau arang, tapi itu yang menambah cita rasanya. 

Biasanya Kerupuk Kemplang dimakan dengan cocolan sambal terasi berwarna merah kehitaman, buat yang sudah mencoba Kerupuk Kemplang asli dari bangka atau palembang pasti hafal betul bau sambal terasi yang cukup menyengat tapi tetap nikmat dilidah. 

Kalau saya pribadi karena lahir dari kota udang jadi sudah terbiasa dengan bau menyengat terasi, bahkan kurang lengkap rasanya makan Kerupuk Kemplang tanpa sambal terasinya.

Penasaran pengen coba ?

Kamu bisa membelinya dengan kisaran harga antara Rp. 20.000 sampai Rp.35.000 perbungkusnya sesuai dengan ukuran yang ditawarkan. Cukup terjangkau kan ? karena mengingat proses pembuatannya yang  panjang dan tidak mudah. 

Di jakarta saya sering menemukan penjual Kerupuk Kemplang yang menjajakannya di pinggir – pinggir jalan. Tapi saya lebih senang membelinya langsung dari kawan saya yang berada dibangka dan mengirimkannya melalui ekspedisi. Rasa kerupuknya memang sama, tapi Kerupuk Kemplang asli dari bangka lebih terasa ikannya daripada yang dijual disini.

Entah karna jenis ikan atau kuantitas ikan yang digunakan berbeda saya kurang faham betul karna tidak mengetahui jelas bagaimana proses produksinya, tapi jelas hasil akhirnya akan berbeda dari segi rasa.
Tapi kalau kamu susah menemukan Kerupuk Kemplang di daerah sekitarmu, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. bahan-bahan yang dibutuhkanpun tergolong mudah. Selain bisa memakannya dengan puas kamu bisa juga menjadikannya ladang bisnis usahamu sendiri dirumah dan turut serta melestarikan kuliner nusantara.

Kerupuk Kemplang, Kuliner Asli Pulau Sumatra (by: donysetya)

Bicara soal kulliner apalagi makanan khas dari Pulau Suamtra memang tak akan ada habisnya. Banyak jenis makanan khas dari pulau yang satu ini. Makanan yang pastinya bikin kita ketagihan karena kenikmatannya.
Beberapa jenis makanan sudah pernah kita dengar bahkan pasti juga pernah kita cicipi. Sumatra memang banyak menyimpan keanekaragaman kuliner yaang aneh-aneh, unik, tapi enak. 

Salah satu kuliner yang dimiliki oleh Pulau ini adalah Kerupuk Kemplang. Nama makanan yang satu ini tentunya tak asing lagi di telinga kita. Bahkan mungkin sudah tak asing lagi di lidah kita, tentunya bagi mereka yang sudah mencicipi rasa dari makanan khas yang satu ini. Makanan khas yang memang asli dari Sumatra.
Kita banyak mengenal Kerupuk Kemplang hanya dari rasa dan bentuknya saja, namun mari kita bahas lebih lanjut mengenai kuliner yang satu ini.

Sejarah Kerupuk Kemplang

Kerupuk Kemplang sendiri merupakan sebutan bagi makanan yang satu ini. Nama Kerupuk Kemplang ini sendiri berasal dari dialek Melayu Sumatra. Selain disebut dengan maka Kerupuk Kemplang makanan yang satu ini juga disebut dengan kempelang. Kedua kata ini sebenarnya memiliki arti yang tak terlalu berbeda jauh, karena kedua kata ini memiliki arti yang sama yaitu “memukul”. Banyak anggapan bahwa nama makanan ini berkaitan erat dengan cara pembuatannya. 

Pembuatan Kerupuk Kemplang sendiri memang ada yang dilakukan dengan memukul adonan untuk mendapatkan adonan yang tipis namun ada pula yang hanya menggilingnya hingga tipis. Namun memang nama Kerupuk Kemplang yang berarti memukul ini lebih dahulu dikenal oleh masyarakat. 

Sedangkan persebaran Kerupuk Kemplang ini sendiri banyak ditemukan di berbagai daerah yang tersebar di Pulau Sumatra. Namun sentra Kerupuk Kemplang yang terkenal berasal dari Lampung, Palembang dan Bangka Belitung. Setiap daerah memiliki kekhususan sendiri-sendiri yang menyebabkan perkembangan Kerupuk Kemplang memiliki banyak macam dan jenis. Jika awalnya Kerupuk Kemplang hanya menjadi makanan lokal, kini Kerupuk Kemplang sudah banyak ditemukan di daerah luar Sumatra, terutama di kota-kota besar.

Bahan dan Cara Membuat Kerupuk Kemplang

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kerupuk Kemplang antara lain :
500 gram daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
1 kg tepung tapioka atau tepung sagu
Garam, gula secukupnya
Air

Cara membuat :
Siapkan wadah yang cukup besar kemudian masukkan tepung tapioka atau tepung sagu dan campurkan dengan daging ikan, tambahkan garam, sedikit gula dan air. Masukkan air sedikit demi sedikit agar adonan tidak terlalu lembek, uleni sampai adonan kalis dan tidak legket ditangan. Setelah adonan kalis buat adonan buat memanjang seperti membuat empek –empek lenjer dengan ketebalan yang diinginkan.

Kukus adonan tadi dengan api sedang sampai adonan matang kurang lebih selama 1 – 1,5 jam. Tapi pastikan adonan tersebut matang sempurna, jika belum matang bagian dalamnya kukus lagi sampai matang merata
Setelah matang, angkat dan dinginkan. Baru setelah adonan dingin, adonan Kerupuk Kemplang diiris dengan ketebalan 1- 2 cm. Kemudian jemur diatas matahari langsung agar adonan Kerupuk Kemplang kering sempurna. Akan membutuhkan waktu 2 -3 hari jika dijemur dengan sinar matahari yang terik agar Kerupuk Kemplang kering sempurna. Karena jika ada bagian Kerupuk Kemplang yang masih basah saat dibakar, Kerupuk Kemplang tidak akan mengembang sempurna.

Kerupuk Kemplang yang sudah kering dapat dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang sampai mengembang sempurna. Selamat mencoba.

Pembuatan Kerupuk Kemplang sendiri sebenarnya bukan suatu hal yang susah untuk dilakukan, namun juga bukan sebuah hal yang mudah. Kerupuk Kemplang memang sebuah makanan yang sederhana, tapi jika kita tak paham betul maka kita tak akan bisa mendapatkan Kerupuk Kemplang sebagaimana yng kita inginkan.
Kerupuk Kemplang sendiri hanya berbahan dasar Tepung tapioka, ikan, dan penyedap rasa. Bahan-bahan yang sangat sederhana dan bahkan sangat mudah kita temukan di toko-toko atau pasar, mungkin yang memerlukan usaha untuk mendapatkannya adalah si ikan itu sendiri. Ikan yang sering dipakai sebagai bahan dasar dari pembuatan kemplng adalah ikan yang berdaging putih. Hal ini dtujukan untuk mendapatkan warna dari Kerupuk Kemplang itu sendiri. Jika kita menggunakan ikan dengan warna selain putih maka kita akan mendapatkan Kerupuk Kemplang dengan warna yang agak keabu-abuan.

Selain warna maka jenis warna daging ikan yang digunakan juga akan berpengaruh pada rasa dari kemplng itu sendiri. Sedangkan, untuk tepung tapioka sendiri tak ada syarat khusus. Hanya saja kita jangan menggunakan tepung tapioka yang memiliki kualitas rendah, karena hal ini juga akan mempengaruhi rasa dan bentuk dari Kerupuk Kemplang itu sendiri.

Pembuatan kempalang sendiri sebenarnya sederhana, namun membutuhkan ketelatenan tersendiri. Langkah awal yang harus kita ambil dalam pembuatan Kerupuk Kemplang adalah dengan meghaluskan ikan terlebih dahulu. Penghalusan ini bisa dengan berbagai cara. Kita bisa menghaluskan dengan menumbuknya atau bisa juga kita menghaluskannya dengan menggiling menggunakan mesin penggiling. Meskipun sudah banyak yang menngunakan mesin penggiling untuk mengahluskan ikan, tapi masih ada juga yang mempertahnkn cara trasditional yaitu dengan menumbuknya hingga halus.

Perpaduan antara jumlah tapioka dan ikan giling harus sesuai. Serta jumla takaran dari bumbu yang tak lebih dari 1% dari berat adonan itu sendiri. bumbu yang digunakan pun cukup sederhana hanya bawang putih, garam, merica, monosodium glutamat atau bumbu penyedap yang banyak dijual. Terkadang ada juga yang menambah dengan jahe.

Setelah mengalami pencampuran adonan dengan beberapa bumbu, maka langkah selanjutnya adalah pemasakan. Kerupuk Kemplang sendiri dimatangkan dengan melalui pengukusan. Adonan Kerupuk Kemplang mentah kemudian di cetak menjadi bentuk-bentk bulat pipih dengan ketebalan tertentu. Lama pengukusan biasanya sekitar 20 menit. 

Setelah mengalami pengukusan, kemudian Kerupuk Kemplang yang matang dikeringkan. Lama pengeringan bisa sampai 3 atau 4 hari tergantung panas matahari. Para pengrajin Kerupuk Kemplang sendiri masih menggantungkan pengeringan Kerupuk Kemplang pada panas matahari. Hal ini dianggap karena panas matahari memiliki suhu yang pas dan memiliki pengaruh terhadap rasa dari Kerupuk Kemplang itu sendiri. Kerupuk Kemplang yang telah kering biasanya berubah menjadi keras dan dapat patahkan menjadi dua bagian.
Sedang untuk pemasakan Kerupuk Kemplang sendiri terdapat dua macam. Ada  Kerupuk Kemplang yang di bakar di atas bara api dan ada juga yang di goreng dengan minyak. Kedua cara tersebut adalah cara yang baik dan sama saja. Makan Kerupuk Kemplang jangan lupa ditemani dengan cuko pedasnya yang bikin tambah enak.

Perkembangan Kerupuk Kemplang Saat Ini

Kerupuk Kemplang yang awalnya hanya sebagai makanan rumahan dan bisa dibilang hanya tersebar dikalangan penduduk lokal kini telah menyebar. Posisi Kerupuk Kemplang kini sama dengan Wingko babat, atau Lumpia Semarang, Bakpia Patok dan makanan khas lain. Meskipun Kerupuk Kemplang tak hanya terdapat di satu daerah saja di Sumatra, namun keberadaan Kerupuk Kemplang telah menjadi ciri khas dari Pulau Sumatra. 

Persebaran Kerupuk Kemplang tak hanya di kota pusat industri Kerupuk Kemplang itu sendiri seperti Palembang atau Lampung. Namun kita dapat menemukannya di gerai-gerai oleh-oleh di luar kota atau di minimarket-minimarket. Kerupuk Kemplang yang biasa kita temui di minimarket lebih banyak kempalng yang di goreng daripada di bakar. 

Persebaran Kerupuk Kemplang ini sendiri telah membangun banyak sekali pusat home industry kempalng yang tersebar di banyak daerah Sumatra. Jenis-jenis Kerupuk Kemplang pun juga bermacam-macam dengan berbagai ukuran. Ada yang kecil sedang dan besar, ada pula yang memiliki berbagai bentuk yang semaki menambah daya tarik dari Kerupuk Kemplang.

Kita bisa saja membeli Kerupuk Kemplang mentah dan kemudian menggorengya sendiri, tapi harus dipastikan dulu kalian dapat memasaknya dengan baik.

Itulah tadi beberapa hal mengeni Kerupuk Kemplang. Makanan khas dari Pulau Sumatra yang telah menjadi ciri khas dari pulau itu sendiri. semoga bermanfaat

Jenis-Jenis Kerupuk Kerupuk Kemplang

Kerupuk menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh semua orang. Tidak hanya dewasa, remaja, dan anak-anak, bahkan tidak sedikit para balita yang begitu menggemari makanan satu ini. Bagaimana tidak, cita rasanya yang begitu khas mampu menjadikan kerupuk menjadi salah satu makanan yang paling dicari.

Kerupuk kemplang memiliki cita rasa yang gurih. Selain gurih, kerupuk juga sangat renyah. Perpaduan rasa yang gurih dan tekstur yang renyah inilah yang menjadikan kerupuk begitu popular di kalangan masyarakat Indonesia.

Indonesia menjadi surga bagi para pecinta kerupuk. Di negara ini, kita bisa menemukan berbagai jenis kerupuk dengan varian rasa yang beragam. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya pun juga berbeda-beda. Salah satu kerupuk yang dapat ditemukan di Indonesia adalah kerupuk Kerupuk Kemplang. Pernahkah Anda mendengar atau bahkan menyicipi kerupuk Kerupuk Kemplang?

Kerupuk Kerupuk Kemplang merupakan kerupuk khas kota Palembang dan Lampung. Kerupuk ini dibuat dari beberapa bahan dasar, seperti tepung tapioka, daging ikan putih, dan bumbu-bumbu lainnya. Kerupuk yang dibuat dari ikan termasuk jenis kerupuk yang sulit mengembang ketika digoreng. Demikian pula kerupuk Kerupuk Kemplang. Biasanya,kerupuk Kerupuk Kemplang dijual dalam keadaan yang sudah digoreng.

Kerupuk Kerupuk Kemplang dikenal sebagai salah satu makanan khas Palembang dan Lampung. Namun, apakah kerupuk Kerupuk Kemplang hanya dapat ditemukan di Palembang? Ada berapa macam jenis kerupuk Kerupuk Kemplang yang ada di masyarakat?Ternyata, kerupuk Kerupuk Kemplang dikenal memiliki beberapa macam jenis. Jenis-jenis kerupuk Kerupuk Kemplang tersebut juga dimasak dengan beragam cara.

Kerupuk Kerupuk Kemplang tenggiri

Kerupuk Kerupuk Kemplang tenggiri dikenal sebagai kerupuk Kerupuk Kemplang yang berasal dari  dan Lampung. Kerupuk Kerupuk Kemplang jenis ini dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri.

Ikan tenggiri diolah bersamaan dengan sagu atau tepung tapioka serta bumbu-bumbu dasar yang lainnya. Campuran berbagai bahan tersebut lalu diolah menjadi empek-empek. Empek-empek yang berbentuk lonjoran kemudian dipotong-potong dengan ukuran yang tipis-tipis. Setelah itu, dijemur beberapa hari hingga kering. Bila sudah kering, kerupuk Kerupuk Kemplang kemudian digoreng, dipanggang, ataupun dioven.

Untuk menghasilkan kerupuk Kerupuk Kemplang goreng, kerupuk harus melewati dua kali proses penggorengan. Mengapa harus dua kali proses penggoreng. Hal itu dilakukan agar kerupuk lebih awet dan lebih gurih. Setelah digoreng, kerupuk Kerupuk Kemplang memiliki diameter 4–8 cm dan cenderung agak tebal.

Kerupuk Kerupuk Kemplang tenggiri sering digunakan sebagai teman makan maupun camilan bagi warga Palembang. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila bila banyak home industry yang mengolah ikan tenggiri menjadi Kerupuk Kemplang. Jenis Kerupuk Kemplang tenggiri yang dijual biasanya Kerupuk Kemplang tenggiri goreng, Kerupuk Kemplang tenggiri panggang, dan Kerupuk Kemplang tenggiri oven. Kerupuk Kemplang biasanya dijual dari kisaran harga Rp20.000,-/kg–Rp50.000,-/kg. Namun, harga ini masih bisa berubah mengikuti musim ikan yang ada di Palembang.

Kerupuk Kerupuk Kemplang getas

Kerupuk Kerupuk Kemplang getas juga merupakan salah satu satu kerupuk khas Palembang. Kerupuk ini sangat menonjolkan cita rasa ikan tenggirinya. Kerupuk Kerupuk Kemplang getas memiliki bentuk bulat seperti kelereng dan berbentuk seperti tabung yang berukuran sekitar 2–3cm. Kerupuk ini memiliki rasa gurih dan renyah sesuai dengan ciri khasnya. Kerupuk Kerupuk Kemplang getas terkadang juga disebut sebagai kerupuk Bangka.

Kerupuk Kerupuk Kemplang Bangka

Seperti halnya Kota Palembang, Kepulauan Bangka Belitung juga terkenal memiliki kerupuk Kerupuk Kemplang. Kerupuk Kerupuk Kemplang Bangka dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri, cumi, dan udang. Kepulauan Bangka Belitung sangat kaya dengan kekayaan hasil lautnya. Oleh karena itu, sangat wajar bila kerupuk Kerupuk Kemplang khas kepulauan ini dibuat dari bahan dasar udang. Kerupuk Kemplang Bangka memiliki bentuk bulat pipih seperti kerupuk pada umumnya.

Rasa Kerupuk Kemplang Bangka tidak jauh berbeda dengan Kerupuk Kemplang Palembang yang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Kerupuk Kemplang Bangka memiliki keunikan tersendiri. Kerupuk Kemplang Bangka biasanya dimakan dengan sambal khas Bangka, yaitu sambal terasi. Sambal ini memiliki cita rasa khas pedas manis. Hanya dengan sekali gigitan, kelezatan sambal ini mampu menggoyang lidah Anda sehingga Anda tidak ingin henti memakannya. Kerupuk Kemplang Bangka biasanya dimasak dengan digoreng, dipanggang dan dioven. Kerupuk Kemplang juga menjadi tujuan oleh-oleh jika berlibur ke Bangka Belitung.

Kerupuk Kerupuk Kemplang cumi

Kerupuk Kemplang cumi hampir sama dengan Kerupuk Kemplang tenggiri, hal utama yang membedakan ialah bahan dasarnya. Kerupuk Kemplang cumi merupakan kerupuk asal Bangka yang berbahan utama cumi. Penggunaan cumi sebagai bahan dasar Kerupuk Kemplang karena, cumi-cumi memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Seperti mengandung vitamin B12, selenium ribolfanin, dan kandungan lainnya.

Kerupuk Kerupuk Kemplang goreng pasir

Kerupuk Kemplang goreng pasir merupakan Kerupuk Kemplang yang terbuat dar ikan tenggiri, garam, ayam, telur, dan bahan lainnya. Cara membuat Kerupuk Kemplang goreng pasir ini, yaitu dengan mencampurkan seluruh bahan.

Ternyata, kerupuk Kerupuk Kemplang memiliki jenis yang tidak sedikit, bukan? Bahkan, cara membuatnya pun dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu digoreng, dipanggang, dan dioven. Setelah membaca uraian di atas, tentu timbul pertanyaan dalam benak Anda: bagaimana sebenarnya asal usul kerupuk Kerupuk Kemplang?

Asal Usul Kerupuk Kemplang Indonesia

Asal-usul nama Kerupuk Kemplang hingga saat ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Konon katanya, nama Kerupuk Kemplang berasal dari adanya kesalahan pengucapan kata.

Pada zaman dahulu, ada seseorag yang mengatakan, “Daripada diKerupuk Kemplang, lebih enak makan Kerupuk Kemplang.” Artinya, daripada kena pukulan lebih enak makan kelempang. Karena pengucapannya yang sama itulah, sebagain masyarakat yang bukan asli Palembang salah mengucapkan hingga menjadi kata “Kerupuk Kemplang”.

Namun demikian, cerita mengenai asal-usul nama Kerupuk Kemplang tersebut belum diketahui kebenarannya. Meski belum diketahui kebenarannya, akan tetapi Kerupuk Kemplang sudah menjadi ikon makanan khas Palembang, Lampung, dan Bangka yang terkenal enak, gurih, dan renyah yang digemari banyak orang. Tidak hanya masyarakat Palembang/Lampung, masyarakat di luar Palembang nyatanya juga sangat menggemari makanan satu ini.

Tidak hanya perihal asal-usul yang masih menjadi pertanyaan hingga detik ini. Ada sebagian masyarakat yang sering menyamakan kerupuk Kerupuk Kemplang dengan Kerupuk Kemplang. Menurut masyarakat Palembang, Kerupuk Kemplang sebenarnya berbeda dengan kerupuk.

Kerupuk Kemplang  memiliki bentuk bulat dan persegi yang berasal dari lonjoran empek-empek. Jika ingin memakannya harus menggorengnya terlebih dahulu. Namun, jika kerupuk khas Palembang memiliki bentuk yang dianyam, jadi berbeda dengan Kerupuk Kemplang yang memiliki bentuk bulat. Perbedaan ini memang jarang diketahui.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis kerupuk Kerupuk Kemplang yang dapat kami paparkan. Semoga pemaparan yang sangat sederhana ini mampu menambah pengetahuan pembaca mengenai keanekaragaman kerupuk Kerupuk Kemplang yang ada di Indonesia sehingga para pembaca pun tertarik mencoba jenis-jenis Kerupuk Kemplang lainnya. Terimakasih.



Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia