Sambal Lampung Yen Yen (250g)

Twitter
Facebook
sambal khas lampung yenyen
sambal khas lampung yenyen
Kode Sambal A2
Harga Sambal Rp 33,000

Produksi Sambal
"Sambal Lampung Aneka Yen Yen" Kota Bandar Lampung
Bahan Dasar Utama Pembuatan Sambal Cabe Merah Pilihan, Garam, Bawang Putih, dan Cuka
Berat Sambal / Kemasan 250 Gram / Botol Segel
Stok Barang Ada dan Selalu Baru

Pemesanan:
 
Kirim Keseluruh Indonesia Via JNE


"Sambal Lampung" ya "Sambal Aneka Yen Yen"

Sambal
“Sambal” adalah makanan tambahan atau pelengkap yang sangat memasyarakat di Indonesia tak terkecuali dimanapun tempatnya. "Sambal" menjadi kuliner tak tergantikan bagi banyak orang dan menjadi menu wajib untuk menyantap berbagai kuliner utama. 

Sambal Aneka Yenyen Lampung
Sambal Aneka Yenyen Lampung (Kemasan Lama)
Bahkan banyak juga yang menjadikan sambal sebagai menu wajib entah itu untuk makan atau menikmati kuliner tertentu.
Yang kita tahu pasti tidak ada orang di Indonesia yang tidak tahu dengan yang namanya “sambal”. 

Jual Sambal Lampung Yen Yen
Sambal Lampung Yen Yen

Saking melekatnya lidah orang Indonesia dengan sambal banyak sekali kuliner kita yang benar-benar harus dimakan dengan sambal. Jika kita makan menu-menu terkenal Indonesia seperti bakso, sate, mie ayam, nasi uduk, urap, ketoprak, dll. Maka wajib hukumnya bersanding dengan “sambal”, bahkan jika tidak ada sambal maka beberapa diantara kuliner tersebut benar-benar menjadi kuliner yang tidak kita kenal. 

Sambal Yen-Yen (Kemasan Baru)

Bagaimana seandainya jika sate tidak ditemani dengan sambal maka jadinya hambar ya bukan sate lagi.. Untuk dilampung sendiri ada berberapa makanan khas seperti kerupuk kemplang yang wajib atau harus dimakan dengan sambal dan budaya kuliner lampung sendiri sangat identik dengan “sambal”, oleh sebab itulah “sambal lampung” sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh wajib yang harus dibawa saat berkunjung ke Lampung.

Sambal merupakan budaya kuliner Nusantara dan beberapa negara seperti Malaysia yang kental dengan budaya melayunya, serta negara-negara di Asia Timur dan Asia Selatan. Sambal menjadi menu pelengkap yang wajib hadir untuk melengkapi sebuah hidangan.

Sambal Yen-Yen Lampung
Sambal Yen-Yen Lampung (Kemasan Lama)

"Sambal Lampung"
'Sambal Lampung'  adalah sambal khas provinsi kami “lampung” yang memiliki cita rasa khas dan pada saat ini sudah mulai dikenal luas di nusantara. Secara umum sambal tradisional lampung adalah seruit dan sambal tempoyak, namun untuk kemasan yang tahan lama saat ini masih belum ada. Untuk mencicipi tempoyak dan nyeruit anda harus datang langsung ke Lampung

Nah untuk sambal khas lampung instan yang bisa bertahan lama karena telah dikemas secara modern ada banyak sekali jenis sambal antara lain: sambal ikan peda lampung, sambal bawang lampung, sambal terasi lampung, sambal goreng udang lampung, sambal cuka, dan berbagai jenis sambal lampung lainnya. 

Sedangkan untuk produsennya atau brandnya juga macam-macam ada "aneka sari rasa yen yen", sambal teratai, sambal suseno, sambal ny. Aping, sambal lily, dan lain-lain. Semuanya adalah “sambal khas lampung” yang saat ini bisa anda jumpai atau temukan di provinsi kami lampung.

Tekstur "Sambal Lampung"

Mengapa sambal lampung dikatakan khas?
Sambal lampung memiliki cita rasa yang khas 'super pedas, gurih, dan menggigit' dan banyak sekali penyukanya bukan hanya di lampung melainkan hingga keluar daerah lampung seperti pulau jawa, provinsi lain di sumatera, hingga daerah kalimantan, bali, dan sulawesi. 


Kami pernah mengirim keberbagai daerah tersebut dengan menggunakan jasa pengiriman JNE. Rata-rata pembeli yang kami layani adalah pembeli yang pernah singgah di lampung dan pernah mencicipi sambal lampung secara langsung atau dibawakan oleh sanak saudara dari provinsi Lampung. Secara budaya, masyarakat lampung adalah penyuka makanan pedas bahkan budaya nyeruit (istilah makan sambal seruit) menjadi budaya populer bagi masyarakat asli lampung. Namun sambal yang bisa dijual dan dikirim ini sedikit berbeda karena ini merupakan jenis sambal khas yang dikenal dari lampung lainnya yaitu sambal yen-yen. Sambal bawang ekstra pedas ini juga memiliki rasa yang snagat nikmat sekali dan saya pastikan akan sesuai dengan selera anda.

Sambal lampung ini sangat pas untuk menjadi pelengkap berbagai makanan seperti nasgor, bakso, soto, ikan, sayur, tahu, tempe, dll. Selain itu sambal lampung juga dapat menjadi bumbu pelengkap yang ditambahkan kedalam berbagai masakan favorit anda sehingga masakan anda jauh lebih enak. Dengan kemasan yang modern dalam botol, sambal lampung siap selalu menemani makan anda, dimanapun kapanpun :)

Sambal "Aneka Yenyen Lampung"

Sebenarnya ada banyak sekali jenis sambal lampung seperti yang kami terangkan di bagian atas, semua sambal lampung masing-masing memiliki kekhasan tersendiri karena bahan dan teknik pembuatan yang berbeda. Namun khusus untuk saat ini kami rekomendasikan “Sambal Yen-Yen Lampung” dengan cita rasa yang khas mewakili kuliner dari sambal lampung. 

Salah satu produk sambal lampung yang dari dahulu hingga kini populer dan kami rekondasikan ini adalah sambal lampung yen-yen 88 yang khas dengan logo ayam jagonya. Sambal yang diproduksi oleh Yen-Yen pelopor makanan khas lampung ini adalah salah satu produk unggulan yang telah dikenal banyak orang karena kualitas dan kelezatannya. "Sambal Aneka Yen Yen" kami pastikan tidak akan mengecewakan selera lidah anda :)


Distribusi Sambal Lampung

Pada saat ini distribusi sambal lampung Aneka Yen Yen bukan hanya di lampung saja, namun saat ini sudah merambah ke berbagai daerah hingga ibukota Jakarta. Dari toko oleh-oleh makanan khas lampung hingga berbagai swalayan telah menjual sambal khas lampung ini. Selain itu kami membantu anda untuk mendapatkan produk sambal Aneka Yen Yen ini dengan sistem online yang sayangat mudah. Silahkan hubungi kontak person kami di 08971218773 kami akan respon secepatnya.

Animo pelanggan untuk sambal Aneka Yen Yen ini cukup banyak, dan rata-rata pembelinya jauh-jauh dari pulau jawa seperti Jakarta, Tangerang, bekasi, Serang, Karawang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan lain-lain. Selain itu banayk juga dari beberapa pelanggan di Kalimantan, Sulawesi, Bali, Batam, Babel dan Beberapa Kota di Sumatera sepeti Padang, Medan, Jambi, dan Palembang. Jika anda berada di bandar lampung silahkan mengunjungi toko oleh-oleh Aneka Yen Yen secara langsung di teluk betung. Namun jika berada diluar kota anda bisa memesannya kepada kami.

Penyuka Makanan Pedas “Wajib Sambal Yen-Yen”

Bagi anda yang menyukai sambal dan makanan pedas anda harus mencicipi sambal khas dari tanah lampung kami ini. Karena rasanya yang enak dan akrab dengan lidah masyarakat indonesia pada umumnya, sambal lampung yen-yen menjadi salah satu referensi. Setiap daerah memang memiliki cita rasa sambal sendiri-sendiri sebagai khasanah budaya kuliner nusantara.

Lihat Juga: Sambal Udang Ebi | Sambal Udang Asli Lampung

Berkunjung ke Lampung? Yuk Beli Sambal Yen-Yen

Jika anda berkunjung ke provinsi lampung anda wajib membawa oleh-oleh sambal lampung karena sambal lampung akan mengingatkan cita rasa makanan khas lampung. Tidak heran jika sambal lampung banyak diburu oleh wisatawan yang melancong ke serambi sumatra. Silahkan kunjungi tokonya secara langsung di jl. Ikan bawal teluk betung bandar lampung dan silahkan untuk membeli sebanyak kebutuhan anda. Sambal lampung adalah pilihan yang sangat tepat untuk menjadi oleh-oleh bagi keluarga anda. Kuliner asli Indonesia khas Lampung “ya Sambal Aneka Yen Yen” :)

Lihat Juga: Sambal Ijo Khas Lampung

Keterangan Sambal Lampung 'Aneka Yen Yen'
Komposisi: Cabe Merah Pilihan, Bawang Putih, Cuka, Garam
Kemasan: Botol
Berat: 350 Gram

Pengiriman Sambal Aneka Yen Yen Keseluruh Indonesia
Pengiriman "sambal lampung Aneka Yen Yen" menggunakan jasa pengiriman JNE dan bisa menjangkau seluruh area pengiriman di Indonesia, jadi silahkan sesuaikan berat kiriman dan order disini: 08971218773 bisa Watsapp, Line, Telfon, atau bisa juga kirim pesan via SMS. Customer Service kami akan melayani pesanan anda dengan ramah.. so Happy Belanja :)



Macam-Macam Sambal Lampung (by: Aurumi)

Sambal lampung merupakan salah satu dari berbagai banyak jenis sambal di Indonesia. Sambal lampung ini memiliki cita rasa yang super pedas sampai menggigit lidah. Meskipun sangat pedas tapi jika sekali mecoba sambal lampung pasti akan sulit berhenti karena jika berhenti rasa pedasnya akan terasa jadi orang akan terus makan sambal lampung. 

Sebenarnya sambal lampung itu berapa banyak macamnya sih? Apakah semunya memiliki kenikmatan yang sama saat sampai ke lidah?
Berikut kami ulas mengenai berbagai sambal lampung yang nikmatnya sampai menggigit lidah.

Sambal Kerupuk Kemplak Lampung

Sambal kerupuk kemplak lampung merupakan sambal yang digunakan sebagai cocolan saat memakan kerupuk kemplak. Sambal ini berbahan dasar gula merah, cabai, garam, asam jawa, terasi dan air matang. 

Cara membuat sambal ini ialah :
Cabai dan garam diuleg terlebih dahulu
Lalu tambahkan gula merah, asam jawa dan terasi. Uleg bersamaan sampai halus.
Tambahkan air sedikit lalu masak sambal pada api sedang. Setelah sambal mengental dan aromanya keluar, sambal dapat diangkat dan dinikmati dengan kerupuk kemplak.
Sambal kerupuk kemplak ini memiliki rasa yang manis, asam dan pedas yang merupakan campuran dari bahan-bahan utamanya. 

Sambal Tempoyak (Sambal Durian)

Sambal tempoyak yang menjadi ciri khas masyarakat lampung ini adalah sambal yang terbuat dari buah durian. Untuk membuat sambal tempoyak atau sambal durian ini tidak terlalu sulit, yaitu dengan meyiapkan buah durian, ikan mas yang digoreng setengah matang, bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan garam. 

Cara membuat sambal ini ialah dengan :
Menghaluskan cabai, bawang merah dan bawang putih.
Lalu suwir-suwir ikan mas yang digoreng setengah matang tadi.
Panaskan minyak, jika sudah panas masukan bumbu dan tumis ikan yang sudah disuwir-suwir. Kemudian masukkan daging buah durian dan tambahkan air. Jika sudah matang, sambal bisa langsung dinikmati.
 
Meskipun banyak yang tidak menyukai durian karena aromanya, namun sambal ini memiliki cita rasa yang mampu memikat semua orang. Sambal ini memiliki rasa asam dan tidak terlalu pedas. Karena menggunakan durian yang masih segar maka rasa asam nya tidak terlalu menonjol. Berbeda dengan orang Dayak yang lebih memilih menggunakan durian yang sudah diawetkan terlebih dahulu (durian fermentasi) agar menghasilkan sambal yang lebih masam.

Sambal Balado Tempoyak

Sambal balado tempoyak merupakan inovasi lain dari sambal tempoyak. Sambal balado tempoyak ini cara membuatnya cukup gampang-gampang susah sebenarnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah ikan, durian fermentasi (tempoyak), bawang putih, bawang merah, tomat, gula aren, gula putih, cabe merah, cabe riwit dan garam. 

Cara membuatnya ialah dengan :
Menggoreng terlebih dahulu ikan yang sudah dibumbui sampai kering.
Lalu haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah dan tomat
Tumis bumbu yang dihaluskan kemudian tambahkan air sedikit.
Setelah itu tambahkan gula aren, gula putih dan garam secukupnya.
Tambahkan tempoyak dan masukkan ikan yang sudah digoreng kering.
Setelah mendidih sambal balado tempoyak dapat dinikmati.

Meskipun cara pembuatannya hampir sama dengan makanan balado-balado lainnya, sambal balado tempoyak ini memiliki ciri khas tersendiri. Yaitu rasa asam dari durian yang difermentasikan. Rasa asam inilah yang membuat pecinta sambal menjadi ingin merasakan sambal tempoyak dengan inovasi lain.

Sambal Tempoyak Udang

Tempoyak sebenarnya nama lain dari durian yang difermentasikan atau didiamkan selama berhari-hari. Fermentasi ini bertujuan agar tempoyak yang dihasilkan nanti dapat lebih asam. Sambal tempoyak udang merupakan salah satu inovasi sambal tempoyak yang terkenal dari Daerah Lampung. 

Pembuatan sambal tempoyak udang ini lumayan gampang. Sambal ini berbahan dasar udang, daging durian yang difermentasi, kelapa muda parut, santan, petai, garam, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, lengkuas, daun salam dan gula putih. 

Yang harus dilakukan ialah dengan :
Menghaluskan garam, cabai rawit, cabai merah, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih dan serai. Masak bumbu yang sudah dihaluskan bersama santan, daun salam dan serai. Aduk hingga mendidih. Kemudian masukkan daging durian, udang, kelapa parut dan petai. Aduk agar tidak mengendap dibawah.
Tambahkan gula pasir sesuai selera. Jika sudah mendidih, sambal tempoyak udang siap dinikmati.

Sambal tempoyak udang ini merupakan salah satu dari berbagai inovasi dari sambal tempoyak lainnya. Sambal ini memang sama dengan sambal tempoyak pada umumnya, namun udang yang terdapat pada sambal ini memberikan cita rasa tersendiri bagi penikmatnya untuk selalu mencicipinya lagi dan lagi.Inovasi sambal tempoyak akan selalu dinikmati oleh pencintannya.

Sambel Seruit

Sambal seruit ialah sambal yang umumnya berwarna merah dan hijau. Sambal seruit ini memang memiliki rasa yang berbeda dari sambal tempoyak. Namun sambal ini memiliki aroma yang segar dan menggoda. Sambal yang berbahan dasar cabai rawit, kencur, garam, bawang putih, daun jeruk purut, jeruk nipis, asam jawa, dan kemangi ini pembuatannya tidak terlalu sulit. 

Cara membuatnya hanya dengan :
Menghaluskan garam, cabai rawit, bawang putih, daun jeruk purut dan kemangi.
Lalu tambahkan sedikit air dari perasan jeruk nipis dan air asam jawa. Jika sudah ditumbuk kasar, sambal bisa langsung dinikmati. 

Sambal yang pedas dan cenderung asam ini memiliki banyak peminat dimasyarakat. Cara pembuatan yang cukup mudah inilah banyak membuatnya dirumah sebagai sambal pendamping makan.


Sambal Terasi dan Yenyen Lampung

Sambal terasi lampung juga mempunyai daya tarik bagi pecinta sambal. Sambal terasi khas lampung biasanya dibuat dari bahan-bahan mentah langsung. Bahan-bahan membuat sambal terasi ini ialah cabai rawit, bawang merah, terasi, tomat dan garam. Sambal ini biasanya diuleg bukan diblender, karena masyarakat lampung meyakini jika membuat sambal dengan diuleg lebih sedap dibanding diblender.

Selain itu Sambal yang sangat terkenal adalah "Sambal Yen Yen" yang merupakan sambal bawang biasa namun memiliki rasa nikmat yang luar biasa. Hampir semua orang yang pernah ke Lampung dan singgah di toko oleh-oleh pasti tahu sambal yen yen ini.
Bagaimana? Sudah tergiur untuk makan dengan sambal saat ini?Pembahasan mengenai sambal-sambal lampung memang selalu menggetarkan lidah bagi pecintanya.
Semoga ulasan yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan mengenai sambal-sambal yang ada di Indonesia.Terimakasih.


Pedasnya Seruit, Sambal Khas Lampung (by: Afriza)


Selain keripik pisang, lempok dan kemplang, Lampung juga terkenal dengan sambalnya yang pedas menggigit. Dikemas dalam jar, ada beragam sambal khas Lampung yang banyak ditemui di sentra oleh-oleh. Namun di antara semua sambal khas yang dimiliki masyarakat Lampung, ada satu sambal yang sangat terkenal dan banyak dicari, yakni sambal seruit.


Beberapa orang menyebut seruit sebagai menu masyarakat Lampung berupa ikan dan sambal yang sangat khas. Beberapa lain menyebut seruit merupakan sambal yang biasanya dinikmati bersama ikan. Namun apapun pemaknaannya, seruit memiliki resep yang sama, yakni ramuan sambal yang unik dan tak akan ditemui di daerah lain.
Nama seruit itu sendiri berasal dari “nyeruit”, yakni acara makan besar bersama keluarga ataupun tetangga. 

Seruit menjadi menu utama dalam acara kumpul-kumpul tersebut. Kegiatan nyeruit pun sudah menjadi tradisi masyarakat Lampung baik suku adat Lampung Sai Batin ataupun Lampung Pepadu. Bahkan suku Lampung Papadu menjadikan seruit sebagai menu pokok yang wajib ada.

Dalam Liputan6.com disebutkan bahwa seruit merupakan salah satu sambal nusantara yang pedasnya menusuk. Paduan seruit biasanya berupa campuran sambal terasi, tempoyak atau durian fermentasi, serta ikan bakar dan beberapa sayuran.

“Sebelum dikonsumsi, sambal seruit dicampur dengan potongan ikan bakar, tempoyak, sari timun rebus, dan sedikit kuah pindang. Setelah diaduk dalam satu piring, barulah sambal seruit bisa dimakan sebagai pendamping makan nasi.”

Ikan bakar atau ikan goreng yang disantap bersama seruit biasanya dari jenis ikan sungai. Sebut saja ikan gabus, ikan belide, ikan baung, ikan layis dan lain sebagainya. Adapun sayuran yang melengkapi di antaranya kemangi, terong yang dibakar, daun jambu monyet, jengkol dan lain sebagainya. Bahkan terkadang ada pula minuman khas yang menemani sambal seruit, yakni serbat, sejenis jus mangga kueni khas Lampung yang dicampur dengan gula aren.

Bagaimana rasanya? Karena banyaknya perpaduan bahan, sambal seruit memiliki rasa nano-nano yang mampu menyetrum lidah. Sekali menyantapnya, dijamin enggan berhenti. “Keistimewaan dari seruit adalah pada sambal terasi dan tempoyaknya. Sambal terasi dan tempoyak yang dicampur menghasilkan rasa pedas, asam, dan sedikit manis,”  Wah, membayangkannya saja sudah membuat lidah mengecap liur.


Sambal Lampung Sulit Dicari


Sayang seribu sayang, sambal seruit sangat sulit dicari. Penjual ataupun restoran yang menyediakan menu ini amat sangat jarang. Bahkan di ibu kota provinsi sekalipun, yakni Bandar Lampung, seruit sangat langka di jual umum. Penyebabnya, masyarakat Lampung terbiasa membuatnya di rumah sehingga sambal seruit terbatas pada produksi rumahan saja. 


Hal tersebut disampaikan oleh salah satu tokoh senior Lampung bergelar adat Sultan Saeguk Aguk, Aan Ibrahim. Ia menuturkan, meski seruit merupakan makanan khas Lampung, sambal unik tersebut sangat sulit dicari. Berbeda di daerah lain yang sangat mudah menemukan panganan khas bahkan hingga kaki lima.

“Susah sekali mencari menu seruit di restoran di Lampung, kalaupun ada harganya tidak masuk akal. Kalau saya ke Surabaya, sangat mudah menemukan tukang jual rujak cingur di pinggir jalan, atau kalau ke Semarang, lumpia ada di mana-mana, dari kaki lima sampai bintang lima,” tuturnya, dilansir liputan6.com.

Penyebabnya, lanjut Aan, heterogennya masyarakat Lampung sehingga memiliki ragam kuliner yang heterogen pula. Karena itulah  dari sisi masyarakat tak banyak yang mencari seruit karena menu tersebut memang tak dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. “Kita ini kan Indonesia mini, jadi memang sangat heterogen dalam segala hal menyangkut kehidupan sehari-hari, termasuk makanan,” ujarnya.

Jika ada penjual sambal seruit, maka terdapat satu restoran yang khusus menjajakkan makanan khas Lampung. Ialah Rumah Makan Cikwo. Berlokasi di Pakis Kawat, Bandar Lampung, rumah makan ini menyediakan puluhan ragam kuliner asli bumi Rawa Jurai, termasuk sambal seruit tentunya.

Pemilik restoran, Isna Dianti menuturkan, kuliner khas Lampung memang sangat sulit ditemui. Karena itulah ia akhirnya membuka resto kuliner khas dan berharap dapat menjadi ikon kuliner Lampung. “Sebagai orang Lampung terus terang saya malu, ketika ada beberapa tamu asal luar kota bertanya dan mengajak makan makanan khas Lampung. Terinspirasi pengalaman ini, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuka tempat makan ini. Untuk memfasilitasinya, kebetulan saya punya sejumlah resep makanan tradisional yang diwariskan turun temurun,” ujarnya kepada tribunnews.com.
Di antara semua menu di RM. Cikwo, sambal seruit lah yang paling banyak dicari pengunjung. Isna menuturkan, banyak pengunjung yang mencari seruit sehingga menjadi menu andalan resto. “Tentunya, seruit masih menjadi kuliner andalan yang paling dicari oleh penggemarnya,” tuturnya.

RM Cikwo menawarkan paket lengkap seruit yang sangat menggiurkan. Paket tersebut menyajikan sambal seruit dengan nasi hangat, ikan pepes atau pindang, lalapan terong rebus, serta tempoyak. “Secara keseluruhannya, kuliner ini menawarkan sensasi berkeringat dan bakal membuat ketagihan penikmatnya. Malah bagi penyukanya, untuk makan siang saja dijamin sepiring nasi nggak bakal cukup,” kata Isna.

Namun, Selain seruit pilihan sambal lampung yang bisa menjadi rekomendasi adalah sambal Yenyen Khas Lampung


Resep Sambal Seruit


Jika kesulitanmenemukan sambal seruit, bagaimana jika mencoba membuatnya sendiri di rumah. Disajikan degan nasi hangat yang masih mengepul, sambal seruit pastilah sangat lezat dan membuat nafsu makan bertambah.Berikut resep sambal seruit yang bisa dipraktekkan di rumah. Dikutip dari website kuliner ternama, justtryandtaste, berikut resep yang cukup mudah dieksekusi di dapur rumah.


Siapkan bumbu untuk sambal seruit; 3-4 buah kencur masing-masing sebesar ibu jari orang dewasa, 5 siung bawang putih, 20-30 buah cabai rawit hijau, 10 lembar daun jeruk purut, 2 sendok teh garam, 1 buah jeruk nipis peras airnya, 200 ml air asam Jawa, serta 2 ikat kemangi ambil pucuk muda dan daunnya saja.

Untuk membuatnya, siapkan cobek atau alat penumbuklain. Tumbuk halus kencur, bawang putih,cabai, daun jeruk dan garam. Setelah itu, tambahkan daun kemangi. Untuk menumbuk kemangi tidak perlu sampai halus, cukup tumbuk kasar saja. Jumlah daun kemangi bisa ditambah agar aromanya makin sedap. Tambahkan air jeruk nipis dan air asam, lalu aduk hingga rata. Icip rasa dan sambal seruit pun siap disantap dengan nasi hangat dan ikan bakar.

Sedikit berbeda, resep seruit dari laman kampus mahalayati.ac.id menggunakan terasi bakar sebagai tambahan. Lengkapnya, bahan yang dibutuhkan untuk sambal seruit yakni cabai merah besar, cabai rawit, garam, rampai dan terasi. Semua bahan sambal ditumbuk hingga halus. Sajiannya harus dilengkapi tempoyak, yakni durian yang dihaluskan lalu diawetkan atau melalui proses fermentasi. 

Untuk paduannya, masak saja ikan bakar yang diolesi kecap dan bumbu saat membakarnya. Bumbunya bisa berupa bawang putih, garam, kunyit dan jahe. Oles bumbu pada ikan, lalu bakar hingga setengah matang. Setelah itu oles kembali bumbu bawang putih, garam dan ketumbar, serta kecap manis. Lalu bakar ikan hingga matang.
 “Jangan Lupa juga untuk menambahkan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi timur, terong baker, jengkol, dan daun jambu monyet. Bahan tambahan ini kemudian dicampurkan dan diaduk menjadi satu. Barulah seruit siap dinikmati,” dari malahayati.ac.id.

Baru membaca resepnya saja sudah membuat lidah bergoyang. Rasanya pastilah menusuk kecap karena pedasnya rawit hijau yang menggigit. Tentu ada rasa asam dari tempoyak dan wangi rampai ataupun kemangi yang melengkapi. Tanpa ikan dan lalapan pun rasanya sudah sangat menggoda. Dipadukan nasi hangat, sambal seruit ini pastilah mampu membuat suapan lagi dan lagi tanpa henti. Meski tidak berdarah Lampung, setiap orang pastilah akan menyukai sambal seruit yang menggigit ini.
 


 

Manfaat Mengkonsumsi Sambal Lampung (Yen Yen) (by: detheas)

Sebagai salah satu bangsa yang  subur akan rempah – rempah alami, tidak terlalu heran apabila banyak kuliner yang tersaji mengandung berbagai macam bumbu dan citarasa pedas.

Bahkan, ada ungkapan yang menyatakan jika masyarakat Indonesia itu tidak lengkap makan bila tanpa adanya sambal. Makan akan menjadi lebih semarak dengan adanya sambal.

Di berbagai daerah di tanah air, sambal juga tersedia beragam rasa dan bahan. Salah satu yang khas adalah sambal khas Lampung, atau Sambal Lampung.

Sambal Lampung memang sudah menjadi oleh – oleh khas di daerah wisata Sumatera dan sekitarnya. Biasanya sudah dikemas dalam botol – botol terbuat dari kaca dengan bermacam – macam ukuran. Sehingga bagi para konsumen yang akan membawa ke daerah masing – masing akan terasa lebih praktis dan mudah.

Di Lampung sendiri, Sambal Lampung sudah sangat populer. Mengalahkan oleh – oleh khas Lampung lainnya seperti tempoyak, pempek atau keripik pisang.

Sensasi terbakar dan menyengat saat mencicipi Sambal Lampung akan meningkatkan nafsu makan. Jadi, tak heran apabila banyak orang yang ingin memborong Sambal Lampung sebagai buah tangan saat kembali ke kampung asal.

Merek Sambal Lampung yang terkenal


Bagi para pembeli yang berminat untuk mencoba citarasa “setrum” lidah dari Sambal Lampung dapat mencari beberapa alternatif merek Sambal Lampung yang sudah populer. Sebut saja seperti Sambal Lampung yen yen ataupun Sambal Lampung "Yen Yen". Dari segi bahan dan kualitas, keduanya boleh diadu. Namun, hal ini tergantung pada selera masing – masing pembeli untuk memilih.

Bahan – bahan Sambal Lampung
Bisa dikatakan, bahan – bahan pembut Sambal Lampung tidak terlalu berbeda dengan jenis sambal kebanyakan di tanah air.

Bahan – bahan segar dan berkualitas seperti bawang putih, cabe rawit merah, garam dan cuka. Hanya saja, cabe rawit merah sengaja diuleg kasar dengan perpaduan sedikit garam dan cuka yang menjadi penyeimbang rasa.

Terciptalah sebuah perpaduan rasa yang begitu sensasional, menyengat dan menyetrum sampai ke ubun – ubun.

Biji – biji cabe rawit merah yang diuleg kasar bahkan bisa dengan mudah dilihat dari balik botol – botol kaca yang menjadi kemasan. Sekali colek, dijamin langsung ketagihan dan menambah dengan seporsi nasi putih hangat. Yummyy!

Pelengkap Sambal Lampung


Umumnya Sambal Lampung dijadikan oleh – oleh bagi pecinta sambal yang akan bepergian ke luar negeri. Untuk menikmati Sambal Lampung dengan komplit, jangan lupa menambahkan sambal ini dengan lauk pauk lain.

Misalnya, bisa ditambahkan ke dalam semangkok bakso atau mie ayam, nasi goreng atau empal daging. Aroma khas keharuman bawang putih serta pedas cabe rawit yang “mencubit” lidah, justru membuat para konsumen ketagihan dengan “penderitaan” yang membuat porsi makan jadi meningkat.

Tips Menghilangkan tangan kepanasan sehabis makan Sambal Lampung
Usai menyantap lezatnya Sambal Lampung dengan seporsi nasi putih dan tempe yang dimakan memakai tangan langsung, tidak jarang tangan menjadi panas bak terbakar. Ini akibat efek zat capsaicin yang menempel di permukaan kulit.

Tak perlu cemas, cukup cuci tangan memakai sabun hingga bersih dan rendam tangan dalam larutan garam atau cuka untuk melunturkan zat capsaicin. Sensasi tangan panas terbakar ini akan menghilang dengan sendirinya.
Manfaat mengonsumsi Sambal Lampung

Seperti diketahui, Sambal Lampung yang nikmat dan menyengat lidah ini terbuat dari bawang putih dan cabe rawit merah. Kedua bahan alami tersebut mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Berikut adalah khasiat yang bisa diperoleh:

Capsaicin
Rasa pedas yang menyengat lidah langsung berasa ketika mulut bersentuhan dengan cabe rawit. Ini karena efek dari kandungan capsaicin dalam cabe rawit. Capsaicin sendiri merupakan zat yang dapat dijadikan penghambat perkembangan sel – sel kanker dalam tubuh. Segala apa yang terlalu berlebihan, tentu mengakibatkan efek yang kurang baik. Jadi, konsumsi sambal secara normal dan tidak berlebihan. Karena mengonsumsi sambal yang terlalu banyak dan sering juga berbahaya bagi pencernaan.

Ekspektoran
Hidung tersumbat karena pilek atau influenza? Tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati Sambal Lampung yang pedas. Rasa panas membakar lidah yang timbul merupakan salah satu manfaat dari ekspektoran. Yaitu semacam zat yang dapat melancarkan sistem pernapasan dan mengencerkan lendir pada hidung. Alhasil,napas jadi lebih lega dan hidung kembali plong.

Kesehatan jantung
Sistem kerja jantung yang terganggu umumnya terjadi karena adanya penyumbatan – penyumbatan di sekitar urat atau pembuluh darah menuju jantung. Darah yang beku juga menyumbat sirkulasi peredaran darah dari dan ke jantung.

Oleh karena itu, mengonsumsi sambal dan cabe memberikan manfaat yang positif. Cabai mengandung capsaicin yang berfungsi dapat menguraikan proses pembekuan darah sehingga pembuluh darah dapat mengalir lancar dan tidak ada penggumpalan – penggumpalan.

Menjaga metabolisme tubuh
Kandungan capsaicin yang serbaguna juga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Ketika sistem metabolisme tubuh manusia berjalan lancar, nutrisi dan sar- sari makanan dapat diserap dengan sempurna tanpa meninggalkan lemak berlebihan. Inilah manfaat yang bisa diambil oleh para pelaku diet. Anda dapat menikmati seporsi menu clean eating yang dipadu sambal agar menambah selera tapi tidak menambah berat badan.

Meningkatkan produksi hormon kenyamanan
Sering merasa gelisah, gugup dan kurang nyaman? Selain mengonsumsi cokelat, ternyata mengonsumsi sambal pedas seperti Sambal Lampung juga bermanfaat bagi psikis.

Menurut para ahli, sambal mengandung senyawa yang dapat meningkatkan produksi hormon kenyamanan seperti hormon endorfin yang juga bisa diperoleh dengan memakan cokelat hitam.

Efek endorfin di dalam tubuh adalah menenangkan syaraf tubuh, meredakan nyeri serta menambah perasaan bahagia atau nyaman.

Menghilangkan nyeri dan pegal

Masih terkait dengan poin di atas, sel hormon endorfin yang memberikan efek kenyamanan dan kebahagiaan juga mampu meredakan nyeri serta pegal – pegal. Hormon endorfin memberikan sensasi efek menuju otak untuk memberikan sinyal agar lebih meningkatkan ambang batas rasa nyeri tubuh. Ketika ambang nyeri menjadi lebih tinggi, ketika Anda merasakan sakit atau pegal, otak akan mengolah sinyal tersebut menjadi sensasi rasa yang wajar.

Pelindung  luka
Tidak hanya garam dalam Sambal Lampung yang bermanfaat mengandung anti bakteri, secara keseluruhan zat capsaicin dalam cabe juga melindungi luka dari kuman dan bakteri. Pada pengobatan kuno, bubuk cabai sudah sejak lama dipakai untuk menutupi luka sebagai ganti semacam perban dan obat merah.

Sambal, Cabe, dan Pedas

Berbicara tentang sambal maka sudah pasti berbicara tentang bahan utama yang tak terpisahkan dari sambal yaitu “cabe”, ya meskipun ada beberapa jenis sambal yang tidak menggunakan cabe sama sekali. Namun, secara umum sambal di Nusantara dibuat dari cabe, bahkan beberapa masakan daerah selalu menggunakan cabe seperti masakan padang, kita akan sulit menemukan makanan padang yang tidak ber”cabai. Sekarang kita ulas sedikit mengenai cabe ini.

Cabe adalah bumbu utama yang harus ada di dapur orang indonesia, bisa dibilang ibu dari segala bumbu dehh. Namun, cabe sebenarnya juga bisa dibilang sebagai sayuran karena ada beberapa masakan yang menggunakan cabe keriting besar dalam jumlah yang banyak bukan sebagai bumbu utama melainkan sebagai sayuran yang menguatkan rasa sayuran utama. Nah, ternyata cabe itu termasuk dalam kerabat terong-terongan atau dalam istilah ilmiah disebut keluarga solanaceae. 

Hal yang menajadikan cabe ini banyak ditanam adalah karena mudah tumbuh diberbagai kondisi lingkungan mulai dari dataran rendah yang panas hingga dataran tinggi yang memiliki suhu dingin, disemua tempat tersebut cabe dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, dalam satu pohon cabe memiliki buah yang sangat banyak dan dapat dipanen hingga beberapa bulan kedepan dan setiap 2-3 hari sekali dapat dipetik. 

Hal inilah yang memudahkan kita menikmati cabe setiap harinya. Namun, harga cabe akhir-akhir ini fluktuatif dan cenderung tidak stabil. Mulai dari 10.000 per Kg, hingga 150.000 rupiah saat diharga tertinggi, hal ini diakibatkan pasokan yang terbatas pada musim-musim tertentu karena serangan hama sulit diatasi dan menyerang mulai dari daun hingga buah yang siap dipanen.

Membicarakan Cabe maka kita membicarakan kekhasannya, yakni mengapa cabe ini bisa terkenal didalam kehidupan kita Ya, Tentu karena rasa “pedas” yang dimiliki si cabe ini. Sensasi pedas adalah sensasi rasa yang mayoritas disukai oleh bayak orang dalam menyantap berbagai masakan, tanpa sensasi rasa pedas ini suatu masakan akan sangat terasa kurang atau hambar. Nah, sebenarnya pedas ini bukan termasuk dalam golongan rasa lho seperti halnya manis, asin, asam, pahit. Keempat rasa ini adalah rasa utama yang mampu diidentifikasi oleh lidah kita, kita telah mempelajarinya saat belajar IPA sekolah dasar, anda masih ingat? Pedas adalah sensasi kesakitan yang diterima oleh lidah kita karena lidah kita memiliki reseptor pedas, semacam penerima rangsangan/sinyal zat pedas. Nah, cabe memiliki zat capsaicin yaitu minyak atsiri yang menyebabkan sensasi rasa pedas.

Secara umum ada beberapa jenis cabai yang digunakan dalam pembuatan "sambal", yakni antara lain:
  1. Cabai Gendol
    Cabai gendol adalah salah satu jenis cabai yang digunakan sebagai bahan masakan dan menurut para peneliti tumbuhan, cabai gendol berasal dari Semenanjung Yukatan. Cabai yang satu ini dikenal sebagai cabai "super pedas" sehingga menghasilkan sambal yang sangat pedas sekali. Jika dibandingkan dengan cabai rawit, huft pedasnya jauh sekali levelnya berada diatas cabai rawit. Nah, Penamaan cabai gendol ini mengacu pada bentuknya yang menggembung seperti perutnya semar :). Kalau di Indonesia cabai gendol ini masih belum umum dibudidayakan dan hanya ditanam didaerah-daerah tertentu seperti di Jawa Tengah dan Dieng Jawa Barat. Sedangkan untuk areal tanam yang terbesar tentu saja di Benua Amerika sana seperti di Amerika dan Meksiko.

  2. Cabai Madam Jeanette
    Nah cabe yang satu ini bisa dibilang saudayanya cabai gendol dari segi bantuk dan tingkat kepedasannya. Seperti halnya dengan Cabai Gendol, Cabai madam jeanette menurut berbagai sumber disebutkan bahwa cabe ini berasal dari Benua Amerika juga, tepatnya negara yang tak asik lagi ditelinga kita semua "Suriname". Bantuknya yang unik yakni menyerupai lonceng kecil membuat cabai ini banyak disukai oleh pecinta tanaman sehingga bukan hanya untuk dimakan melainkan sebagai tanaman penghias. Untuk warnanya sendiri lebih berwarna kuning cerah dan berwarna merah saat mencapai kemasakan buah.
  3. Cabai Guinea
    Cabai Guinea atau yang lebih familiar disebut cabai cayenne adalah tanaman yang masuk kedalah kelompok keluarga paprika. Namanya diambil dari sebuah kota di perancis yakni kota cayenne guiana dan dikenal dengan cabai guinea. Cabai ini juga memiliki tingkat kepedasan yang sangat tinggi sehingga sambal yang dihasilkan dari cabai guinea amatlah pedas sekali. Cabai ini sering diolah menjadi serbuk atau bubuk cabai yang dikenal dengan "lada merah" nan pedas.
  4. Cabai Rawit
    Nah, siapa orang indonesia yang tidak pernah tahu yang namanya cabe rawit ini. Dibenak kita saat mendengar kata cabe rawit adalah "Kecil dan Pedas" sampai-sampai ada istilah Kecil-Kecil Cabe rawit yang secara filosofis diambil dari bentuk cabe yang kecil namun pedas. Cabe rawit amat populer di Nusantara bahkan juga di Negara-negara Asia Tenggara lainnya yang menunjukkan bahwa sejak dulu cabe ini telah dikenal dan dibudidayakan. Mungkin saat itu cabe rawit adalah jenis cabai terpedas dan mudah dibudidayakan sehingga menjadi paling populer bagi masyarakat Asia Tenggara. Selain itu dengan bentuknya yang amat kecil namun tingkat kepedasannya yang tak kalah dengan cabe-cabe lainnya membuat efesiansi tersendiri karena dengan takaran timbangan yang lebih ringan namun tingkat kepedasannya sudah diatas rata-rata. Secara umum sambal nusantara yang terkenal kepedasannya terbuat dari cabe rawit ini.
  1. Cabai Hijau
    Cabai hijau adalah cabai yang secara anatomi memiliki warna hijau dengan nama imiah (Capsicum annum var. annuum). Cabai hijau sangat sering digunakan untuk membuat berbagai jenis sambal yang lebih dominan berwarna hijau, oleh karena itu disebuat sebagai sambal hijau atau sambal ijo
  2. Cabai Merah
    Cabai  memiliki nama imiah (Capsicum annum var. annuum). Cabai Merah secara anatomi memiliki warna merah yang sangat kontras seperti halnya cabe hijau. Cabe Merah juga sangat sering digunakan untuk membuat berbagai jenis sambal yang lebih dominan berwarna merah, oleh karena itu disebuat sebagai sambal merah. Cabe merah sangat populer di Indonesia dan banyak sekali dibudidayakan terutama didaerah yang beriklim sejuk seperti didataran tinggi atau kaki gunung, bisa dibilang cabe merah saat ini sangat dominan karena banyak petani yang membudidauakannya. Namun ternyata lagi-lagi cabe merah bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Benua Amerika yang beriklim tropis dan subtropis.
  3. Cabai Keriting
    Nah yang terakhir adalah cabe keriting, cabe ini juga cukup familiar bagi banyak masakan Nusantara dan paling cukup dominan hadir dalam banyak menu masakan. Dari segi tingkat kepedasan, cabai keriting tentu jauh sekali levelnya jika dibandingkan dengan cabai-cabai diatas, bahkan bisa dibilang tidak pedas, dan labih sering digunakan dalam masakan ketimbang dibuat sambal. Namun ada juga banyak jenis sambal yang menggunakannya sebagai cabai tambahan yang dipadukan dengan berbagai jenis cabai diatas. 
     
    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Manfaat "Sambal /Cabe"

    Bahan utama dari pembuatan sambal terutama “sambal lampung” adalah cabe, nah kita bahas sedikit mengenai manfaat cabe yang hampir setiap hari masuk kedalam tubuh kita ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari cabe yang saya himpun dari berbagai sumber: Pertahanan 

    • Tubuh dan Pembangun Jaringan
    Kandungan dari Pro vitamin A atau Beta Karoten yang tinggi terdapat pada cabe merah. Kandungan vitamin A ini mampu menyuplai kebutuhan vitamin A pada tubuh kita. Vitamin A sangat bermanfaat dalam proses pertahanan tubuh atau imunitas yang dapat mencegah berbagai patogen berpotensi negatif bagi tubuh kita. Selain itu vitamin A adalah zat pembangun jaringan seperti jaringan mukosa, jaringan pencernaan, jaringan kemih, paru-paru, dll.
    • Antioksidan dan Antikanker Alami
    Zat capsaicin merupakan zat sensasi pedas yang juga dapat mengatasi penyebaran sel kanker, terutama kanker prostat. Selain itu dapat meningkatkan hormonal tubuh.
    • Meredakan Sakit Kepala
    Beberapa uji klinis menunjukkan Zat capsaicin mampu memblokir P neuropeptida zat otak sehingga dapat meredakan rasa sakit pada kepala 
    • Mengatasi Rasa Pegal
    Kandungan senyawa kapsikol yang terdapat didalam sebuah cabe merupakan zat istimewa yang memberikan rasa hangat natural. Senyawa kapsikol ini mempu membantu kita mengurangi rasa pegal dari aktivitas tubuh yang berat.
    • Diet Alami
    Kanduangan dihydrocapsiate mampu meningkatkat efektifitas energi, sehingga setelah memakan makanan mengandung cabe meka pengeluaran energi meningkat, selain itu dapat mengurangi asupan secara keseluruhan.
Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia