Kopi Lampung Cap Bola Dunia

Twitter
Facebook
kopi lampung bola dunia
kopi lampung bola dunia
Kode Produk A3
Harga Kopi Rp 20,000
Jenis Kopi - Kopi Cap Bola Dunia (Robusta Kasar)
- Kopi Cap Bola Dunia (Robusta Halus)

Sedia Juga : Kopi Cap Bola Dunia Kaleng 1Kg, Kemasan Biasa 1Kg dan Kemasan 500g
Cita Khas Robusta Kopi Lampung sejak 1907
Produksi Kopi Asli Kopi Bola Dunia - Bandar Lampung
Berat Kopi 250 Gram
Stok Kopi Ada
Pesan Kopi Sekarang  
Kirim Keseluruh Indonesia

Kopi Lampung Cap Bola Dunia (Bola Dunia)
Lampung dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Pada masa penjajahan, Lampung sudah menjadi salah satu sentra penghasil kopi terbaik. Tanah lampung bagian barat yang subur menghasilkan jenis kopi robusta terbaik dan khas.

Kopi Lampung Cap Bola Dunia
Kopi Lampung Cap Bola Dunia
Hingga saat ini Lampung masih menjadi salah satu daerah terbaik di nusantara untuk urusan kopi. Lampung Barat menjadi pusat tanam terbesar Kopi Robusta di Nusantara. Jika anda berkunjung ke salah satu daerah paling barat di Provinsi Lampung ini, maka anda akan melihat bagaimana suburnya tanah lampung. 

Kopi Lampung Cap Bola Dunia


Tanaman-tanaman kopi berbatang pendek namun lebat dengan buah yang sangat banyak akan menghiasi pemandangan di sepanjang jalan di Lampung Barat. Inilah kopi lampung yang terkenal hingga mancanegara.

Kopi Cap Bola Dunia Kemasan Kaleng

Klik: Kopi Cap Bola Dunia Kemasan 1 KG | Kopi Bola Dunia Asli Lampung
 
Salah satu pengolah dan produsen kopi lampung yang terus eksis hingga kini adalah "kopi lampung sinar baru cap bola dunia". Produsen kopi bubuk lampung tertua yang telah berdiri sejak 1907 ini terus menjaga rasa nikmat kopi lampung. Cara pengolahannyapun masih semi tradisioanal untuk menjaga cita rasa terbaik dari kopi lampung. Kunci inilah yang menjadikan sinar baru cap bola dunia dicintai penikmat kopi. 

Kopi Cap Bola Dunia Kemasan Kaleng
Jika anda berkunjung ke pusat oleh-oleh makanan khas lampung, pasti anda akan menemukan kopi bubuk sinar baru cap bola dunia ini. Bahkan jika anda anda penikmat kopi lampung atau sering berkunjung ke lampung tentu anda pasti sudah akrab dengan merk kopi ini. Saat ini kopi lampung sinar baru cap bola dunia dapat dengan mudah ditemukan di toko makanan, oleh-oleh, hingga swalayan. Bahkan di luar daerahpun banyak dijual kopi lampung cap bola dunia ini.

Klik: Kopi Cap Bola Dunia Kemasan Alumunium Foil | Netto 250 Gram

Keterangan Kopi Lampung 'Cap Bola Dunia':
Jenis: Kopi Robusta
Produsen: Asli Lampung
Cita Rasa: Khas Kopi Lampung 
Berat: 250 gram 

Saat ini dipasaran kopi lampung sinar baru cap bola dunia dijual antara 16 ribu hingga 30 ribu rupiah, tergantung wilayah. Selain kemasan 250 gram, kami juga menjual kemasan 1 kilogram (Kopi Lampung Sinar Baru Cap Bola Dunia Kemasan 1Kg)


TIPS MENYEDUH KOPI YANG NIKMAT (Silvie)

Berbicara mengenai kopi memang tidak ada habisnya, apalagi bagi pecintanya. Banyak hal yang dapat diulas dari secangkir kopi mulai dari sejarah, nilai kopinya, kepuasan yang didapat, proses pengolahannya dan banyak lain soal kopi. Kopi menjadi sebuah trend, gaya hidup, teman bahkan sarana inspirasi bagi banyak orang termasuk saya. Dan bahkan kopi dan filosi dibaliknya sukses diangkat sebagai film oleh sutradara lokal yang laris dipasaran. Itu membuktikan, kopi dapat berkembang ke segala aspek bukan cuma soal rasanya.

Tapi dari banyaknya pembahasan yang saya sebutkan diatas kali ini mari fokuskan dalam proses pembuatannya. Ada banyak cara yang digunakan untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Setiap negara bahkan memiliki caranya tersendiri dalam menyeduh kopi.  Ada yang menggunakan alat canggih ala cafe , tapi banyak juga yang masih membuat kopi dengan mengusung cara tradiisional.



Tentu untuk membuat kopi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan kopi yang nikmat. Berikut beberapa  tips menyeduh kopi yang nikmat. 

PEMILIHAN KOPI
Saat ingin minum kopi mana yang lebih anda sukai menyeduhnya sendiri dirumah ? atau pergi ke cafe atau tempat minum kopi. Kalaupun ingin menyeduhnya sendiri dirumah pilihan lainnya adalah apakah ingin kopi insan atau kopi yang berasal dari bubuk kopi yang dibuat sendiri atau biasa kita sebut dengan kopi tubruk ?. Kenapa pertanyaan ini saya ajukan ? karna untuk membuat kopi instan sangat berbeda dari kopi tubruk. Baik dari segi rasa, cara pembuatan dan harganya. 

Misalkan saja anda ingin membuat kopi hitam atau kopi susu, dengan kopi instan yang banyak beredar di pasaran mungkin proses pembuatannya terbilang sangat mudah. Cukup taruh kopi di dalam gelas, kemudian masukkan air panas, aduk aduk dan kopi siap di hidangkan. Karna kebanyakan di dalam kemasan kopi instan sudah terdapat takaran yang pas untuk kopi dan gulanya. Kepraktisan dalam membuat dan menikmati kopi memang menjadi unggulan dalam kopi instan ini. Tapi untuk soal rasa, tentu jangan samakan dengan kopi buatan kafe. Intinya rasa kopinya standar kaki lima.



Tapi beda hal ketika anda memilih untuk membuat kopi dari  biji kopi asli. Karena saat membeli anda akan di tawarkan dengan jenis biji kopinya,apakah mau biji kopi luak, biji kopi robusta, biji kopi arabika dan biji kopi lain, dari situ anda bisa mengenal dan tau jenis-jenis biji kopi. Setelah itu adalah proses penggilingan biji kopi. Kemudian menentukan takaran kopi, dan barulah proses penyeduhannya. Memang agak merepotkan untuk menyeduh kopi sendiri dirumah, akan tetapi para pecinta kopi yang benar-benar tau betul bagaimana seninya proses pembuatan kopi lebih memilih kopi tubruk daripada kopi instant. 

TAKARAN KOPI
Untuk takaran kopi tergantung pada jenis kopi yang akan dibuat. Seperti kopi tubruk misalnya, kopi yang dibutuhkan untuk satu cangkir kopi hanya 2 sendok dan ditambahkan, dengan 1 sendok gula pasir dan air panas kurang lebih 200 ml. Untuk membuat kopi yang nikmat diamkan beberapa detik saat air panas dituangkan dalam kopi, setelah itu baru diaduk perlahan sampai kopi larut dalam air.

GUNAKAN AIR DENGAN KULIATAS YANG BAIK
Air adalah komponen penting dalam pembuatan kopi.  Air yang baik adalah air yang tidak memiliki bau, rasa dan juga tidak berwarna. Dan tentunya air yang berasal dari pegunungan memiliki rasa yang berbeda dari air tanah di dekat pantai.  Karna air yang keruh, atau berbau tentu akan mengurangi cita rasa saat penyeduhan.

Untuk menyeduh kopi sebaiknya menggunakan air matang, atau bisa juga menggunakan air kran yang sudah diendapkan selama beberapa hari. Atau kalau memang memungkinkan dan tersedia gunakan air minum isi ulang agar lebih praktis.

MASAK AIR DENGAN SUHU YANG PAS
Untuk membuat kopi mengeluarkan aroma dan cita rasanya dibutuhkan air panas dengan suhu antara 85 sampai dengan 90 derajat celcius. Tapi jangan menggunakan air yang mendidih saat menyeduh kopi, jika tidak memiliki termometer suhu cukup diamkan air panas tersebut selama 1 sampai 2 menit, kemudian baru dituangkan ke kopi.

ALAT PEMBUATAN KOPI
Untuk membuat kopi tubruk biasanya tidak memerlukan alat khusus untuk pembuatannya. Tapi bila anda ingin membuat jenis kopi lain seperti capuccino, ekspreso , mocca , latte dan jenis kopi lainnya yang dibutuhkan alat khusus untuk mengekstrak kopi.  Jenis alat yang digunakan untuk mengekstrak kopi sangat bervariasi, mulai dari versi profesional ala barista sampai alat pengestrak kopi sederhana. Untuk penggunaan dirumah, alat pengestrak kopi yang cukup sederhana dan bisa digunakan antara lain Frech press, Neapolitan Flip, Mocca pot dan banyak lagi. Bentuk pengektrak kopi seperti French pres dan mocca pot yang kecil dan mudah dalam pengoprasiannya, sehingga dapat digunakan oleh orang awam sekalipun.

Jika ingin mengekstrak kopi menggunakan alat French press cukup taruh bubuk kopi ke dalam wadahnya kemudian tuangkan air panas sesuai dengan takaran, setelah itu masukkan penyaringnya dan tekan secara perlahan. Meskipun terbilang cukup mudah tapi kopi yang dihasilkan sangat pekat, lembut dan tidak berampas.

FINISHING
Kepekatan kopi yang dihasilkan tentu tergantung dari takaran kopi dan jenis kopi yang dibuat. Untuk membuat kopi ekspresso anda bisa menggunakan 2 – 3 sendok kopi dengan campuran air 250 ml. Setelah di press,  tuangkan dalam gelas dan tambahkan 1 sendok gula, jadilah kopi ekspresso.

Sedangkan untuk membuat kopi susu cukup tambahkan 5 sendok makan susu kental manis dan 1 sendok gula pasir kemudian aduk rata.

Jika anda tertantang untuk membuat kopi ala caffe seperti cappuccino, anda hanya tingga menambahkan susu yang telah di steam menggunakan mesin steamer khusus. Jika tidak punya, cukup gunakan blender atau mengocok susu sampai mengeluarkan busa. 

Caranya siapkan susu cair sebanyak 150 ml. Kemudian blender atau kocok sampai mengeluarkan busa. Tuangkan dalam panci dan masak sampai mendidih. Siapkan kopi hitam yang sudah dipress kemudian campurkan dengan susu cair, jangan lupa beri taburan bubuk coklat agar rasanya semakin sempurna.

Ternyata membuat kopi yang nikmat dibutuhkan teknik dan kesabaran ekstra ya. Dari teknik dan syarat pembuatan kopi diatas, mana pilihan kopi favoritmu ? Kopi instant atau kopi buatan sendiri dirumah ?.

Tidak ada salahnya belajar membuat kopi racikanmu sendiri dirumah, selain menambah pengalaman dan keterampilan membuat kopi. Siapa tahu dengan keterampilanmu meracik kopi,  kamu bisa membuat kedai kopi sendiri dirumah.
Selamat mencoba.

Kekayaan Kopi (Cap Bola Dunia) Khas Indonesia (auruumi)

Kopi (Cap Bola Dunia) Indonesia merupakan salah satu Kopi (Cap Bola Dunia) yang memliki banyak ciri khas tersendiri. Hal ini karena kekayaan jenis Kopi (Cap Bola Dunia) yang dimiliki oleh Indonesia. Namun sudah tahukah anda kekayaan Kopi (Cap Bola Dunia) apa saja yang dimiliki Indonesia?

Jika anda belum mengetahui tentang kekayaan Kopi (Cap Bola Dunia) Indonesia. Berikut kami ulas mengenai kopi-Kopi (Cap Bola Dunia) Indonesia yang sangat khas akan kesegaran dan alaminya :

1.       Kopi (Cap Bola Dunia) Jawa
Kopi (Cap Bola Dunia) yang berasal dari daerah Jawa tepatnya di Kawah Ijen, Jawa Timuur ini memang memiliki cita rasa yang sungguh menggoda. Kopi (Cap Bola Dunia) ini memiliki rasa yang cukup pedas, namun ketika sudah ditelan Kopi (Cap Bola Dunia) ini akan terasa lembut dan manis. Kopi (Cap Bola Dunia) jawa memiliki kadar keasaman yang rendah dibanding kopi-Kopi (Cap Bola Dunia) jenis lain di Indonesia. Kopi (Cap Bola Dunia) jawa lebih dikenal dengan Java Arabica. Kopi (Cap Bola Dunia) jawa ini memang sudah dikenal oleh dunia, jadi wajar saja jika banyak yang berburu Kopi (Cap Bola Dunia) jawa ini dengan datang langsung ke Indonesia.

2.       Kopi (Cap Bola Dunia) Luwak
Kopi (Cap Bola Dunia) luwak memang menjadi andalan Kopi (Cap Bola Dunia) di Indonesia. Kopi (Cap Bola Dunia) yang berasal dari sisa kotoran hewan luwak ini mampu diolah menjadi Kopi (Cap Bola Dunia) yang sangat nikmat. Kotoran luwak dapat dijadikan Kopi (Cap Bola Dunia) karena kotoran luwak sudah terfermentasi secara alami di dalam perut luwak. Sehingga kotoran ini dapat diolah menjadi kopi. Kopi (Cap Bola Dunia) yang terbuat dari kotoran luwak ini memiliki ciri rasa yang pahit dan getir dengan rasa asam yang enak. Menurut guiness book of records, Kopi (Cap Bola Dunia) luwak merupakan jenis biji Kopi (Cap Bola Dunia) termahal didunia. 

3.       Kopi (Cap Bola Dunia) Gayo
Kopi (Cap Bola Dunia) yang berasal dari daratan tinggi Tanah Gayo, Aceh Tengah ini memang memiliki ciri khas yang pahit namun juga gurih. Kopi (Cap Bola Dunia) ini memiliki banyak penggemar dikalangan dunia. Kopi (Cap Bola Dunia) gayo memang merupakan Kopi (Cap Bola Dunia) Arabica yang tersohor didunia, Kopi (Cap Bola Dunia) yang memiliki aroma yang sangat kuat inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Kopi (Cap Bola Dunia) gayo juga dikenal dengan tingkat keasaman yang rendah. Kopi (Cap Bola Dunia) gayo atau yang sering disebut dengan Arabica gayo ini sudah mendapatkan fair trade certifie dari organisasi internasional fair trade pada tahun 2010 tanggal 27 mei. 

4.       Kopi (Cap Bola Dunia) Sindikalang
Kopi (Cap Bola Dunia) sindikalang merupakan Kopi (Cap Bola Dunia) yang berasal dari dataran tinggi kabupaten dairi, Sumatra utara. Kopi (Cap Bola Dunia) ini sangat tumbuh subur ditanah vulkanis dengan banyak mengandung mineral. Kopi (Cap Bola Dunia) ini ialah Kopi (Cap Bola Dunia) Arabica asli Indonesia yang sangat mendunia. Kopi (Cap Bola Dunia) ini memilik cita rasa yang kuat dengan kualitas yang sangat tinggi karena ditanam di pegunungan yang memiliki banyak kandungan mineral. Kopi (Cap Bola Dunia) khas Sumatra memang dikeanl dengan Kopi (Cap Bola Dunia) paling berat dengan terkstur halus dengan aroma yang tajam. Kopi (Cap Bola Dunia) ini biasanya dibuat dengan menggunakan rempah-rempah Daerah Sumatra memang terkenal akan penghasil Kopi (Cap Bola Dunia) yang baik, daerah itu antara lain Lintongnihuta, mandailing,, dan sidikalang. Salah satu saingan Kopi (Cap Bola Dunia) sindikalang ialah Kopi (Cap Bola Dunia) brazil yang juga merupakan salah satu Kopi (Cap Bola Dunia) terbaik dunia.

5.       Kopi (Cap Bola Dunia) Toraja
Kopi (Cap Bola Dunia) toraja merupakan Kopi (Cap Bola Dunia) yang berasal dari daerah toraja yang letakknya di dataran tinggi tenggara pulau Sulawesi. Toraja memang dikenal dengan penghasil Kopi (Cap Bola Dunia) yang terbaik dunia dalam jenis Arabica. Kopi (Cap Bola Dunia) toraja cenderung memiliki tekstur kental dan memiliki rasa gurih. Kopi (Cap Bola Dunia) ini memiliki rasa coklat hitam dan buah yang seimbang. Kopi (Cap Bola Dunia) khas toraja ini juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi, asam yang tinggi inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penimat kopi. Kopi (Cap Bola Dunia) toraja ketika diseduh biasanya akan langsung mengendap kebawah. Kopi (Cap Bola Dunia) ini akan lebih nikmat jika dinikmati tanpa gula, karena rasa gurih Kopi (Cap Bola Dunia) akan lebih keluar.

6.       Kopi (Cap Bola Dunia) Wanena
Kopi (Cap Bola Dunia) yang berasal dari kabupaten wamena Papua ini memang sangat terkenal akan kualitasnya yang tinggi. Kopi (Cap Bola Dunia) wamena memiliki kandungan asam yang rendah dengan sifat yang ringan. Kopi (Cap Bola Dunia) wamena memang memiliki sedikit ampas,sehingga tidak terlalu menimbulkan rasa penuh saat diminum. Kopi (Cap Bola Dunia) yang memiliki aroma yang tajam ini termasuk Kopi (Cap Bola Dunia) yang memiliki rating yang tinggi dibandingkan dengan kopi-Kopi (Cap Bola Dunia) di Indonesia lainnya. Kualitas Kopi (Cap Bola Dunia) wamena yang tinggi karena Kopi (Cap Bola Dunia) ini ditanam secara organic dan tanpa adanya campuran bahan-bahan kimia yang dapat mempengaruhi kualitas kopi.

7.       Kopi (Cap Bola Dunia) Bali Kintamani
Bali memang sangat terkenal akan tempat wisata yang mampu menarik banyak wisatawan. Namun daya tarik bali tidak hanya pada suguhan pemandangan saja, melainkan pada Kopi (Cap Bola Dunia) khas bali. Salah satu Kopi (Cap Bola Dunia) khas bali yang sangat terkenal adalah Kopi (Cap Bola Dunia) bali kintamani. Kopi (Cap Bola Dunia) ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan kopi-Kopi (Cap Bola Dunia) lainnya, karena Kopi (Cap Bola Dunia) ini lebih menonjolkan cita rasa buah-buahan yang segar dan asam. Kopi (Cap Bola Dunia) bali kintamani memiliki tekstur yang lembut dan ringan. Sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi anda penyuka Kopi (Cap Bola Dunia) yang tidak terlalu berat. Kopi (Cap Bola Dunia) bali ini ditanam ditempat yang sama dengan tanaman buah-buahan dan sayuran dengan menggunakan sistem tumpang sari. Hal inilah yang menjadikan Kopi (Cap Bola Dunia) bali menonjolkan rasa buah-buahan dan memiliki cita rasa yang unik serta berbeda dengan daerah lain.

8.       Kopi (Cap Bola Dunia) Arabica Flores Bajawa
Kopi (Cap Bola Dunia) yang berasal dari pulau flores ini merupakan Kopi (Cap Bola Dunia) turun temurun dari nenek moyang orang bajawa. Kopi (Cap Bola Dunia) yang berasal dari dataran tinggi ngada ini memang memiliki cita rasa yang sangat alami. Hal ini karena masyarakat ngada atau orang bajawa menanam Kopi (Cap Bola Dunia) dibawah pohon penaung dan tanpa menggunakan peptisida sama sekali. Kopi (Cap Bola Dunia) ini ditanam dibawah pohon penaung karena pohon ini digunakan sebagai pupuk organic yang dapat memberikan cita rasa lebih pada biji Kopi (Cap Bola Dunia) nantinya. Tanah yang digunakan sebagai media tanamnya pun sangat subur yaitu dengan menggunakan tanah andosol dari gunung berapi yang dapat meanmbah tinggi kualitas Kopi (Cap Bola Dunia) flores nantinya. Kopi (Cap Bola Dunia) ini biasanya diproses dengan menggunakan cara giling basah. Kopi (Cap Bola Dunia) Arabica flores bajawa ini sudah sangat terkenal sampai ke manca negara. Dan banyak wisatawan dari luar negeri yang mengunjungi langsung ke pulau flores untuk mendapatkan Kopi (Cap Bola Dunia) Arabica flores bajawa langsung dari tempat aslinya.

Setelah membaca ulasan diatas, daerah mana yang ingin anda kunjungi untuk menikmati hasil kopinya secara langsung? 

Semoga artikel yang sederhana ini dapat bermanfaat dan memperluas pengetahuan serta wawasan anda. Mohon maaf jika ada kesalahan dan terimakasih.
 
Jangan Lupa Baca: FAQ, Cara Pemesanan, Testimoni
 
OLEH - OLEH LAMPUNG | Pusat Makanan Khas Lampung Online | Jalan Bumi Manti 03 Kampung Baru UNILA, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung | Kode Pos 35141 | Support: Onlineshop Indonesia